Monday, 16 October 2017

CAKE TAPE


Bismillah ...

Haiihaiiii... duh udah pertengahan Oktober nih, dan aku baru posting 1 artikel aja lho, padahal niat awalnya tuh pengen rajin posting tapi selalu ada sesuatu yang membuat aku ga bisa jenak duduk manis di depan laptop. Bulan ini diawali dengan keruwetan hingga kecapekan hahaa ( baru jalan separuh bulan udah mengeluh yaa vivi niih ), rasanya aku tidak menemukan kalimat yang pas untuk menggambarkan keadaanku hahaa, pokoknya ya begitulah ... hingga akhirnya aku harus istirahat ... lebih tepatnya dipaksa istirahat hmm... dipaksa istirahat dengan kerjaan yang masih menumpuk itu sesuatu banget lho... rasanya badan ada di mana dan pikiran ada dimana hahaa, parraaahhh... Bisa dibilang aku adalah termasuk orang yang ga bisa diam jadiii klo disuruh diam tuh ughhhh rasanyaaa .. >,< ... dan bikin cake tape ini sebenarnya udah beberapa hari lalu ... gara-gara keruwetan itu jadilah baru kali aku bisa nulis disini, tapiiiii sebenarnya sih kemarin-kemarin ya sukanya emang nunda-nunda posting siiihh.. hahaa ya udahlah yaaa

Tape  adalah makanan yang dihaslkan dari proses fermentasi. Biasanya makanan yang difermentasikan itu adalah singkong dan ketan. Untuk menghasilkan tape itu prosesnya mudah sekali, singkong atau beras ketan yang udah dimasak kemudian didinginkan hingga bener-bener dingin kemudian diletakkan dalam sebuah wadah yang dialas daun pisang, selanjutnya tambahkan ragi yang udah dihaluskan. Singkong yang udah diberi ragi kemudian ditutup dengan daun pisang hingga rapat, dan diamkan hingga 2-3 hari. Muah bukan bikinnya... untuk yang tape ketan ga jauh-jauh bedalah cara bikinnya. Tape singkong dan tape ketan, dua-duanya vivi udah pernah bikin dan sukses jadi tape manis, horreeeee ... tapi aku merasakan kok rempong sekali ya bikinnya mending belilah haahaa tapi yang pengen coba-coba bikin ya ga ada salahnya untuk dicoba, seperti vivi waktu itu ^^
Dan iniiii bikin cake tape yang kesekian kalinya, hehee rasanya ga ada bosennya ya dengan cake klasik model kayak gini. Resepnya aku ambil dari Sajian Sedap.

CAKE TAPE

Bahan :

150gr Margarin
150gr Gula pasir
1/4sdt Garam
150gr Tape singkong, haluskan
3butir Telur
150gr Tepung terigu protein sedang
1sdt baking powder
50cc Susu cair
Keju cheddar parut dan kismis seecukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan. Siapkan loyang 20x20x4cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Kocok margarin, gula pasir dan garam selama kurang lebih 7 menit atau hingga lembut. Masukkan tape singkong. Kocok rata.

3. Tambahkan telur satu per satu.. Kemudian tambahkan tepung terigu dengan susu cair bergantian dan dikocok perlahan hingga rata.

4. Tuang ke dalam loyang, tambahkan keju parut dan kismis. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.




Tapenya aja udah enak banget, maniiiiiiis, pulen banget dan ga berair . Dibikin cake jadi tambah enaaaak, beneran deh. Liat tuh yang udah dipotong, kliatan lembut banget kaaan... Sebenarnya ini adalah tape oleh-oleh saudara yang tinggal di Bondowoso. Pernah denger kota Bondowoso kan... itu lho sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan tapenya. Klo dari Probolinggo butuh waktu kurang lebih 2-3 jam untuk bisa sampai kesana. 
Baiklah... segini aja yaaa..kalo mo cari resep cake tape yang lain silahkan buka halama yang lain disini. 

Selamat malam, happy baking ^^



4 comments:

  1. Yummmeey...keliatan lembutnya. Baru bikin jg aq cake tape beberapa minggu yg lalu. Jd ngences lg ni liat cake tape mba Vivi...hihi

    ReplyDelete
  2. Waow.... Cakenya begitu menggoda. Jadi pengen makan sepotong padahal saya tidak suka tape lho, mba. Mba Vivi emang jago nih bikin saya mupeng. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Mbaa.. mashaa Allah keliatan lembutt bgt ini n tatakan kayunya itu lho cakeppp bgt..sukaa deh

    ReplyDelete
  4. Mbaa.. mashaa Allah keliatan lembutt bgt ini n tatakan kayunya itu lho cakeppp bgt..sukaa deh

    ReplyDelete