Tuesday, 19 September 2017

SOTO DAGING


Bismillah ...
Soto adalah makanan khas Indonesia, seperti sop yang kuahnya terbuat kaldu daging. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi atau ayam. Biasanya dalam penyajiannya hampir selalu menyertakan sayuran sebagai pelengkap dan tidak pernah ketinggalan bawang goreng dan perasan jeruk nipis. Penambahan bawang goreng dan jeruk nipis pada kuah soto membuat sensasi yang menyegarkan pada kuah soto, maka jangan heran kalo soto banyak sekali peminatnya. Sebuah warung soto di Surabaya sampe antri-antri lhooo untuk bisa menikmati semangkok soto... hmm itu udah cukup sebagai bukti banyaknya penggemar soto.
Beberapa daerah di Indonesia mempunyai soto khas daerahnya masing-masing, tentunya dengan racikan bumbu yang berbeda pula. Karena aku tinggal di Jawa Timur  yang sering aku dapati disini kalo ga soto Lamongan ya soto Madura. Sependek yang tau saya tau Soto Lamongan dan Soto Madura menggunakan koyah kelapa sebagi pelengkapnya, tidak dicampur dikuahnya lho yaa tapi koyah diletakkan dimangkok bersama dengan pelengkap lainnya sebelum kuah soto dituang (bisa dibayangkan kan ya ...) sedangkan koyah itu sendiri terbuat dari parutan kelapa yang disangrai hingga kering kemudian ditumbuk sampai halus. Biasanya untuk soto yang menggunakan daging ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampung, konon ceritanya ayam kampung menghasilkan kaldu yag lebih gurih. Soto bisa dinikmati dengan nasi atau lontong, suka-suka aja, tergantung selera masing-masing.

Duluuu, aku pernah posting tentang soto daging disini... yang kali aku bikin bumbunya beda. Tapi sama-sama enak dan yang ini lebih simpel.

SOTO DAGING

Bahan :
500gr Daging sapi (boleh dicampur jeroan kalo mau)
1 batang Serai, memarkan
3lbr Daun jeruk
2cm Lengkuas, memarkan
2batang Daun bawang, potong kasar
3sdm Bawang putih goreng
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
7btr Bawang merah
5siung Bawang putih
3cm Kunyit
2cm Jahe
4btr Kemiri
1/2sdt Merica bubuk

Cara membuat :

1. Rebus daging hingga empuk, potong-potong dagingnya (ngerebus daging jangan terlalu empuk ya supaya ketika dipotong daging tidak hancur). Sisihkan kaldunya kurang lebih 1000cc.

2. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk hingga harum. Tambahkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk rata. Tambahkan air kaldu, masak hingga mendidih dan  daging empuk. Tambahkan garam, daun bawang, dan bawang putih goreng. Biarkan hingga mendidih. Soto siap dihidangkan.

** Jika dagingnya berlemak, setelah direbus diamkan dulu didalam kulkas hingga lemak pada kaldu membeku, lemak yang sudah membeku akan mudah diambil atau bisa juga dengan menyaring air kaldu.

** Biasanya pelengkap soto adalah soun, kentang rebus/goreng, potongan tomat, taouge/kobis, seledri, bawang goreng dan jeruk nipis. Tambahkan pelengkap dimangkok ketika soto akan dihidangkan.




Soto dan rawon buat aku adalah masakan andalan klo pas ada tamu, kenapaaa... karena bumbunya bisa dibikin dulu terus disimpen dikulkas kemudian kalo tamunya mo datang tinggal cemplung-cemplung. Selanjutnya yang dipikirkan adalah pelengkapnya, so so simple kan hahaa...

Oiya ... sebelum aku nulis ini aku iseng buka postingan soto beberapa waktu lalu disini, huwaaaa... kenapa panci yang digunakan sama, hahaaa... aku kepingkel :D :D :D yasudahlah...
Udah dulu yaaaa, aku tak buka hp dulu... selama aku nulis ini hp ku bunyi terus hihiiii, sengaja aku abaikan karena klo aku pegang hp ntr malah ga selesai nulisnya hihiiii
Selamat malaaaaaam... happy cooking ya moms ^^

8 comments:

  1. Selalu suka liat peralatan dapur mba Vivi yang unik-unik dan cantik.

    Saya juga suka sama soto, mba, tapi tidak terlalu doyan. Doyannya sama Indomie rasa soto aja, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Imah ...
      hahaaa... masak mie instan enak yo mbak, ga pake ribet. bisa ganti rasa setiap saat ^^

      Delete
  2. Seger sotonya kyk soto Padang....klo di Medan sotonya pake santan mba. Ntar kpn2 mo bikin ahh, save dulu resepnya.

    Oiya mba aq jg penasaran sm rawon. Kyk apa ya rasanya...bisa mba Vivi antar semangkok buat aq? Hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rini...
      wah soto padang ya.. ? hmm kok jadi pengen yaa, aku yang udah ngerasain tuh hampir semua masakan padang yang dirumah makan padang tuh, nasi goreng padang, mie kuah/goreng padang...
      rawon tuh jawa timur banget mbak... rasanya ? hmm susah menjelaskannya mbak hihiii ... klo seumpama deket udah kukirim deh hahaa

      Delete
  3. Wah liat fotonya aja ngiler nichh. Jadi pengen ngincipi masakannya Bunda Vivi:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaaa... sayangnya aku butuh tukang icip2 buuukk :P

      Delete
  4. Malah naksir pancinya mbak vivi(isi nya jg heee)...keliatan e cekli bgttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayy mbak dessy... hehee itu panci udah luama banget aku beli, pancinya kecil emang. Makasih yaa ^^

      Delete