Thursday, 21 September 2017

PEPES TAHU


Bismillah ...
Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan Tempe yang makanan khas Indonesia, Tahu berasal dari China, seperti kecap dan tauco.
Begitu banyaknya olahan tahu yang kita sering temui, mulai yang berupa camilan hingga yang dibuat lauk sebagai teman makan nasi.
Entah kenapa beberapa hari ini pengen banget bikin pepes tahu, pepes tahu yang biasa aja... maksudnya hanya dibumbui bawang merah, bawang putih dan cabe merah aja...(pengennya sih tambahin cabe rawit tapi takut ada yang ga mau makan, hikz..) Kebetulan niiihh... waktu pulang ke Tempeh beberapa hari yang lalu sempet mampir kerumah sodara, eh liat kebon samping rumah yang pohon pisangnya banyak banget langsung deh kepikir untuk minta daun pisang hehee... waktu minta daun pisangnya sih ga kepikir mo buat bikin pepes tapi mo buat bungkus kue Mendut. Eh sampe rumah sini berubah jadi bungkus pepes hihiii..
Dulu ... waktu masih kecil umik sering banget bikin pepes buat lauk makan kami. Biasanya pepes bikinan umik hanya dibumbui bawang merah, bawang putih dan cabe rawit tapi ga pedes. Naaahh... kali ini aku bikin yang seperti itu tapiiii aku tambah telur dan lamtoro (petai cina), kali pertama nih bikin pepes tahu pake lamtoro, klo pake kemangi kan udah biasa tuh hehehee, kalian tau lamtoro ...?? kalo disini lamtoro biasanya untuk campuran bikin botok, ato bisa juga buat bikin sayur asem. Mungkin didaerah lain ada masakan yang menggunakan lamtoro sebagai bahan tambahannya.

PEPES TAHU

Bahan :

400gr Tahu putih, haluskan
6btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2bh Cabe merah besar
1btr Telur
3sdm Lamtoro
Garam dan gula secukupnya
Daun salam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe kemudian campurkan ke tahu yang sudah dihaluskan, tambahkan telur, lamtoro, garam dan gula. Aduk rata.

2. Ambil daun pisang, letakkan daun salam disalah satu sisinya kemudian tambahkan campuran tahu, gulung dan rapikan. Bungkus seperti membuat pepes. Lakukan hingga habis.

3. Panaskan dandang, kukus pepes tahu hingga matang.



Oiya ... akhir-akhir ini kalo aku dan mas Fitri ke angkringan pasti pepes tahu jadi pilihan kami, mungkin itu juga yang membuat aku pengen bikin sendiri pepes tahu dan aku tulis disini hehee...
Dan ternyata pepes tahu yang dicampur dengan lamtoro itu enak banget lho, hemm yang pasti ada rasa yang lain dari biasanya, heheee... mau mencoba ... ?  ^^

Udah ah... aku sudahi aja, aku ngantuuuuukk huhuhuuu blom kepikir besok mo bikin apa hihiiii
Happy cooking ya Moms

5 comments:

  1. Di sini tidak ada lauk atau makanan yang dicampur lamtoro, mba. Lamtoro mungkin khas campuran masakan Jawa.

    Orang Mandar itu lauknya kebanyakan ikan, mba. Ikan masak, ikan goreng, ikan bakar berada dalam satu hidangan, semuanya ikan, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Imah... aku doyan ikaaaaaaann hihiii
      berbagai olahan ikan dalam satu meja, hmm kubayangkan kok kayaknya enak banget yaaa... bisa2 aku ga makan nasi nih hahaaa

      Delete
  2. Enak ni mba Vivi pake nasi anget tambah ikan bakar hihi...ya kan mba Ima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rini... setujuuuuu, enak banget tuuh hihiii ^^

      Delete
    2. Iya, mba Rini. Pasti enak banget. Apalagi kalo dimakan rame-rame. Heheheh

      Delete