Friday, 1 September 2017

ONBITJKOEK



Selamat Hari Raya Idul Adha 1438H
TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM
"Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian"

Bismillah,

Obitjkoek adalah spongecake ato bolu dengan paduan rempah dan taburan kenari ato almond... konon ceritanya kue ini berasal dari Belanda. Dinegara asalnya kue ini biasanya terkenal dengan sebutan Kue Sarapan pagi ato Kue Rempah karena emang sring disajikan untuk sarapan sebelum beraktifitas. Rasanya legit dengan aroma wangi rempah. Biarpun mirip spongecake tapi kue ini memiliki tekstur yang kering karena dalam proses pembuatannya tidak ditambahkan lemak (margarin, mentega ato minyak) sama sekali. Karena teksturnya yang kering itu kue ini biasanya disajikan sebagai isian roti tawar, sepotong onbitjkoek dioles dengan mentega kemudian diletakkan diantara 2 lembar roti tawar. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu kini onbijtkoek tidak hanya disajikan pada waktu sarapan pagi aja tetapi justru dijadikan cemilan ato temen minum teh sore hari. Warna coklat onbijtkoek awalnya berasal dari brown sugar tetapi diIndonesia lebih banyak menggunakan gula palem, gula semut, gula aren halus untuk menghasilkan warna coklat alami. Untuk pemakaian tepungnya kalo di resep asline menggunakan campuran gandum hitam sedangkan di Indonesia menggunakan tepung terigu.
Sekarang dengan menambahkan lemak pada adonan membuat kue ini lebih lembut tentunya, dan sering disajikan dalam bentuk spongecake ato muffin. Wangi rempahnya yang terbuat dari campuran cengkeh, kayu manis, jahe dan pala ini membuat kue ini selalu dihati.
Sepertinya kue seperti marmer cake ato cake rempah ini udah ga asing lagi bagiku karena keluargaku sering bikin biasanya menggunakan loyang tulban yang gede tuh. Dulu pernah juga aku dikasih bumbu rempah nya sama sodara yang asli bikinan sendiri. Hmm ... kalo aku mending beli aja deh, kok kayaknya ruwet banget heheee...tapi kalo dikasih ya mau-mau aja siiiih.... seneng pastinya yaa
Oiya dulu pernah bikin Onbitjkoek ini pake resepnya Chef Dedy Rustandi, sekarang beda nih ada yang kasih resep ... eeehh pengennya bikin yang asli Onbitjkoek tapi kok awang-awangen yaa takutnya keras banget trs ga ada yang makan hihiiii

ONBITJKOEK

Bahan :

2 Kuning telur
2 Telur
1/2sdt Emulsifier (vi pake SP)
80gr Gula palem
20gr Gula pasir
50gr Terigu
1sdm Maizena
1-2sdt Bumbu rempah
2sdm Susu kental manis putih
50gr Margarin cairkan
Kenari secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan oven, alas loyang dengan kertas roti kemudian oles dengan margarin. Sisihkan. Ayak tepung, maizena dan bumbu rempah, sisihkan

2. Mikser telur, emulsifier dan gula hingga kental berjejak, turunkan kecepatan mikser. Tambahkan tepung yang sudah diayak, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Matikan mikser. Tambahkan margarin cair, aduk balik hingga rata.

3. Tuang adonan ke loyang, tabur kenari cincang kemudian panggang dengan suhu 180 derajat hingga matang.

Ketika membuat sponge cake yang perlu diperhatikan adalah 

1. Ketika mengocok gula dan telur harus bener-bener kental berjejak atau ketika kaki mikser diangkat adonan tidak turun.

2. Pencampuran margarin atau mentega cair harus bener-bener rata, lakukan aduk balik hingga spatula menyentuh dasar loyang.

3. Hentakkan adonan yang sudah dituang ke loyang dengan tujuan untuk mengeluarkan geleembung udara pada adonan.




Sebenarnya bikin cake ini udah beberapa hari yang lalu, dan seperti biyasaaa... alasannya sok sibuk sehingga baru kali ini tayang heheee...harap maklum ^^
Dan sekarang kok pengen bikin lagi ya... gara-gara liat bumbu rempahnya yang masih banyak hahaa... tapi asli aku suka banget ...si emas juga hihiiii. Ini aja pagi-pagi bikin terus masih anget langsung poto;poto setelah itu hap...happ...dimaem, dan habis ga sampe sehari hihiiiii ... (jare diet viiii...lali yooo  >,< )

Ok deh, lagi pada sibuk mo masak daging kambing kaaan hehee... selamat masak Ibu-ibu cantik, klo udah mateng kirimin aku yaaa ^^

4 comments:

  1. Hi mba Vivi...aq pernah bikin cake ini tp komposisi telurnya beda. Apa sih bedanya klo kita pakai dgn 4 telur utuh aja mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rini ... resep dengan telur utuh ga masalah sih mbak, pada dasarnya ini adalah resep spongecake.

      Delete
  2. Selamat Hari Raya Idul Adha, mba Vivi.

    Aku juga suka nih sama bolu rempah yang disebut bolu rampa di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Imah... iya ya mbak, klo membaca tentang sejarah Onbijkoek kue yang aku buat ini lebih ke cake atau bolu rempah yaa...hmm jadi pengen bikin onbitjkoek yang sebenarnya biar tau bedanya... makasih mbak Imah ^^

      Delete