Monday, 25 September 2017

NAGASARI / NOGOSARI


Bismillah ...

Jangan boseeeeeenn... klo disini liat pisang lagi... pisang lagi hihiiii...
Yang kesekian kalinya posting foto Nogosari, sebenarnya ini hanya karena aku pengen bikin nogosari aja yang kebetulan dikasih pisang kepok sama umik waktu pulang beberapa hari yang lalu dan daunnya minta juga hehee... waktu kerumah sodara liat kebun samping rumah banyak pisangnya langsung deh tanpa basa-basi bilang minta daun pisang. Maunya minta selembar aja eeehhh... kok diambilin banyak banget itupun sodaraku bilang "ga kurang tah, kok dikit banget" huwaaaa emang mo hajatan taah hahaaa.. Dapat daun pisang segitu banyak udah rejeki banget  ya viiii ... secara di Probolinggo kalo musim angin gini daun pisang pada robek-robek kena angin.
Hmm ngomongin tentang Nogosari nih... Nagasari tuh andalannya cuma disantannya karena bahannya sederhana sekali, hanya tepung beras, santan dan gula. Jadi semakin kental santannya semakin gurih rasanya, kalo aku sih lebih memilih santan segar daripada santan instan hehee... oiya beberapa waktu yang lalu aku pernah liat ada Nogosari potong, sepertinya adonan nogosari yang dicetak menggunakan loyang kemudian dipotong-potong dan dibungkus daun. Liat bentuknya aja aku udah males mo bikin hihiii... membayangkan klo makan nogosari potong tuh aku akan kehilangan bau daun pisang pada kue nogosarinya. Bau daun pisangnya itu menambah rasa pada adonan nogosari, selain itu... dimana-mana yang namanya nogosari itu ya dibungkus daun pisang kemudian dikukus bareng, hihiii :-D yasudahlah... namanya juga berkreasi yaaa, sangat-sangat ku hargai ^^

Resepnya masih sama dengan yang sudah-sudah, tulis lagi ga yaaa..hehee

NAGASARI / NOGOSARI

Bahan :

225gr Tepung beras Rosebrand
25gr Tepung tapioka
80gr Gula pasir
1 1/2sdt Garam
900cc Santan
1lbr Daun pandan

Pisang dan daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuat :

Campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur. Ambil satu sendok makan adonan atau secukupnya saja, letakkan pada selembar daun pisang, tambahkan sepotong pisang ditengah adonan, ratakan adonan hingga pisang tertutup adonan. Gulung daun pisang yang sudah berisi adonan, lipat kedua ujungnya kebagian tengah. Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus nogosari hingga matang, kurang lebih 30 menit.




Suka banget sama rasanya... oiya menurutku resep ini udah pas banget. Ga terlalu manis, padet tapi lembut. Kan ada tuh yang adonannya lembek kayak bubur gitu ato ada juga yang padet banget. Karena Nagasari identik dengan rasa gurihnya santan maka gunakan santan asli yang kental. Kalo mo pake santan encer juga bisa siiihh tergantung selera aja... mau yang terasa gurih banget ato yang biasa-biasa aja hehee... dan dijamin ga bakalan gagal... ini adalah kue anti gagal hihiii dan buat kalian yang suka sama kue-kue yang tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya nagasari adalah pilihan yang tepat.
Lagi-lagi... Vivi syukaaaa banget sama jajanan tradisional  :-*
Salam Jajan Tradisional ^^

5 comments:

  1. Nagasari di sini disebut roko-roko' utti. Tapi umumnya menggunakan pisang raja bukan pisang kepok, mba.

    Salam jajanan tradisional. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ima... disini ada juga yang namanya roko-roko, sama-sama dibungkus daun tapi dari tepung ketan dan diisi unti kelapa (kelapa muda parut yang sudah dimasak dengan gula dan pandan)... beda ya mbak ? hehee

      Delete
    2. Kalo itu mungkin mirip kue bugis, mba. Di sini namanya Bu'us-bu'us.

      Delete
  2. Klo aq sukanya lembut mba....jd klo bikin gk pk tapioka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak rini...
      aku blom pernah nyoba tuh mbak yang ga pake tepung tapioka, kapan-kapan mo nyoba aaahh ^^

      Delete