Sunday, 17 September 2017

AYAM SUWIR



Bismillah ...
Haiiii... ketemu lagi dalam vivi sinau masak, kalo vivi bikin kue kan udah biasa yaaa tapi klo vivi masak itu warrrrr biyyasaaa... hahaaa karena semua orang yang tau vivi tuh dijamin ga bakalan percaya klo vivi sekarang bisa masak. Dari teman sampai sodara pun di jamin ga percaya, sangking parrrahnyaaa yo viiiii hihiii seperti beberapa yang lalu ada beberapa temen yang main kesini dan aku masak-masak buat mereka, asiiiikkkk (beneran lho aku yang masak ..) dan waktu itu ada yang  bilang "vi ...iki tenan tah awakmu sing masak, soale aku eleng biyen modelmu iku ga iso masak" huwaaaa aku terlukaaaa huhuuu...  tapiiii semua orang kan butuh belajar tho ga harus dalam hal masak memasak lho yaa... yang tadinya ga bisa jadi pengen bisa gara-gara suka liat orang lain yang pinter melakukan sesuatu ... kalo vivi ga pengen pinter siiih cuma pengen bisa aja udah cukup kok hehee... ya setidaknya bisa pamer-pamer lah keorang-orang terdekat, minimal mas Fitri, kakak dan adek, sukur-sukur klo bisa nyampek ke umik, abi, opek sekeluarga, mamak dan semua-semua deh, maunya gituuuu...heeee
Intinya ... klo kita ga bisa ya harus belajar yaa, klo ga bisa diem aja terus kapan bisanyaaaa hahaa, akhir-akhir ini emang vivi lagi rajin banget belajar masak. Tapi kadang-kadang penyakit malasnya suka datang tiba-tiba ... nah klo udah kayak gitu ujung-ujungnya ya pindah dapur deh atau jajan diluar hihiii selalu seperti itu ya viiii...
Hmm... udah biasa mengolah daging ayam kan ?? aku yakin kalian pasti lebih pinter dari aku lah dalam hal masak memasak, kali ini aku bikin Ayam Suwir. Udah sering banget bikin ayam suwir ini, dari yang pedas sampe yang ga pedas ... dan dirumah ini paling suka yang ga pedas karena yang suka pedas cuma aku hihiii

AYAM SUWIR

Bahan :
250gr Daging ayam tanpa tulang
1sdm Air asam jawa
3lbr Daun jeruk, potong halus

Bumbu yang dihaluskan :
4bh Cabai merah besar
4btr Bawang putih
6btr Bawang merah
1cm Kencur
Garam gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :
1. Rebus daging ayam hingga matang kemudian suwir-suwir.

2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk  hingga harum, kemudian tambahkan ayam yang sudah disuwir-suwir, aduk rata. Tambahkan sedikitt air, garam, gula dan air asam jawa, aduk rata hingga bumbu meresap.

3. Siap disajikan.

** Boleh ditambahkan cabe rawit jika ingin pedas, untuk hasil akhirnya tergantung selera aja ya, mau yang agak basah ato yang kering, klo aku suka yang kering seperti yang difoto.




Yang biasa sarapan pagi dengan nasi ... lauk ini asik banget lho buat sarapan, tinggal siapin nasi anget aja hmm endeesss. Bagi yang suka pedes bisa ditambahkan cabe rawit banyak-banyak deh pada bumbunya, klo aku yang ga pedes aja deh karena klo pedes yakin ga pada doyan hehee kadang klo liat merahnya aja mereka udah curiga kok "ini pedes ga Nda ? " ckckckkk hihiii
Udah dulu yaaa... tunggu besok vivi mo masak apa lagi :D :D

Happy Cooking Moms ^^

6 comments:

  1. Saya juga nggak bisa masak, mba. Apalagi kalau harus menggunakan bumbu yang bermacam-macam, duh, langsung angkat tangan deh. Bisanya cuma bikin nasi goreng, telur dadar dan menu sederhana lainnya. Heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Rini.... sekali-kali bikinlaah masakan yang berbumbu mbak, asik lhooo ^^

      Delete
  2. Duh sampe salah sebut nih mba Vivi. Saya Ima, mba, bukan mba Rini dari Medan. Kalo mba Rini mah jago masak tuh, mba.

    ReplyDelete
  3. Salah sebut deh mba Vivi haha...
    Aiiihh....mba Ima bs aja. Ini jg baru belajar2 loh mba.

    ReplyDelete