Friday, 25 August 2017

ROTI TAWAR


Bismillah ...
Diantara keruwetanku masih sempet bikin-bikin, harus sempet siiihh biar ga jenuh hahaa...
Udah lama banget pengen punya loyang roti tawar yang kotak ada tutupnya, heemm bayangin bisa bikin roti tawar kayak di bakery-bakery ituuu. Waktu ke Lumajang beberapa hari yang lalu iseng mampir toko yang jual loyang-loyang... eeeehhh kok mataku langsung tertuju ke deretan loyang roti tawar, huwwaaa ini yang aku cari *berbinar*. Langsung ambil satu lah, harganya bersahabat banget hihiiii.. pokoknya waktu itu aku ambil 3 loyang salah satunya loyang roti tawar itu dan aku hanya bayar  30rb sajjah, hemmm... bahagia banget klo nemu barang murah tapi ga murahan hahaa, emak2 penuh perhitungan ^^

Doeloe ... aku udah pernah bikin roti tawar pake resep NCC, kayaknya ada disini deh. Kemudian bikin yang kedua kalinya... yang ini karena ditantang adek (adek... nda kangen ^^) dia bilang "nda bisa ga bikin roti tawar ? klo bisa, ayo bikin dong... " akhirnya bikin dan ga kepoto, dia seneng banget liat hasilnya dan aku bahagia hahaa... dan yang kali ini bikin adalah yang ke 3 kalinya, masih dengan resep NCC.
Sebelum bikin aku udah liat-liat resep yang lain juga, nyari resep yang pas untuk ukuran loyangnya... karena blom pernah bikin pake loyang itu siiih. Dari banyak yang aku baca ternyata satu loyang yang seperti punyaku tuh butuh adonan roti tawar dengan 250gr tepung terigu atau seperempat resep NCC.
Baiklah... kayaknya aku butuh seperempat adonan saja karena loyang nya cuma satu. Tapiiiii... dalam satu resep NCC telur yang dibutuhkan adalah 2 butir telur untuk 1kg tepung terigu, lha klo mo bikin seperempat resep?? hmm... kayaknya aku lagi males bagi2 telur deh akhirnya aku bikin separuh resep. Lumayan juga lho ngulen-ngulen 500gr tepung terigu sampe kalis elastis... pegeeeeelll hihiiii

ROTI TAWAR

Bahan :
1kg Tepung terigu protein tinggi
11gr Ragi instans
20gr Susu bubuk fullcream
100gr Gula pasir
2butir Telur
60gr Mentega putih
15gr Garam
475cc Air

Cara membuat :

1. Campur dalam wadah : tepung terigu, gula pasir, ragi dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan telur, tuang air secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata.

2. Masukkan mentega putih dan garam kemudian uleni lai hingga adonan kalis elastis. Bulatkan adonan, kemudian istirahatkan hingga menjadi 2 kali lipat, kurang lebih 30 menit.

3. Kempiskan adonan, karena aku bikin cuma separuh resep maka adonan aku bagi 2. 1 adonan untuk loyang roti tawar aku 4 bagian, bulatkan masing-masing adonan kemudian gilas memanjang dan gulung. Lakukan untuk sisa adonan yang lain. Letakkan adonan yang sudah digulung keloyang roti tawar yang sudah dioleh dengan mentega ato minyak, tutup loyang dan biarkan hingga mengembang.

4. Kemudian panggang dalam oven hingga matang.


** Untuk adonan yang lain aku tinbang kurang lebih 50gr, aku jadikan roti sobek yang aku isi vla karena aku masih punya vla sisa bikin sus kemarin dan jadi 2 pizza juga.



Senneeeeeng banget liat hasilnya, lembuuuuut... jadi lupa sama pegel waktu ulen-ulen kemarin hahaa. Oiya adonan roti tawar yang aku jadikan roti sobek kemarin rasanya jadi kurang manis karena bukan adonan roti manis hihiiii...
Eehhh... jadi pengen bikin lagi, hemm tapi aku juga pengen bikin roti manis, duuuuuhh jare ate diet viiiiii, kok pengen roti2 trs siiihhh... >,<

Happy baking Moms ^^

4 comments:

  1. Iihhh... Cakep bener mba rotinya, warnanya putih gitu dan potongannya rapi banget.

    Kalo saya bikin roti, sukanya panggang sampai coklat bahkan sedikit gosong, sesuai warna kulit, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii mbak Ima, kebetulan aja kali mbak lagi cakep hihiiii... aku bukan orang yang pandai-pandai amat bikin roti, klo ada yng bilang cakep rasanya melambung hahaa ^^

      Delete
  2. Itu mba Vivi pake loyang yg ada tutupnya? Klo iya pas adonan proofing ditutup pake kain apa tutup loyangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rini ... iya mbak pake loyang roti tawar yang ada tutupnya, proofing ditutup pake tutup loyangnya mbak.

      Delete