Friday, 4 August 2017

MIE REBUS AYAM KECAP



Bismillah ...

Pagiiiii, udah pada sarapan blom nih... ? hehee
Sarapan mie yuuk, hmm siapa siih yang ga suka mie, yakin deh semua pada suka, ya kaan ?
Dan aku adalah salah satu penggemar mie. Bagi sebagian masyarakat makan mie udah seperti makan nasi, mengenyangkan. Tapi ada pula yang beranggapan klo blom makan nasi rasanya blom makan, nah lho ... bahkan ada yang makan nasi lauk mie, itu udah biyassaaa ... dulu vivi kecil juga seperti itu hahaaa, maklumlah anak desa lah daku nih hahaa...
Disini kita bisa dengan mudah mendapatkan mie, disupermarket tersedia berbagai merk mie kering. Ada yang gepeng, bulet kayak lidi atau ada juga yang keriting. Tergantung kita mo pilih yang mana, sesuai kebutuhan. Klo kita pengen mie basah juga ada ... coba liat disupermarket dibagian yang ada lemari pendinginnya, biasanya suka nongkrong disitu bareng sama kulit pangsit hehee, heemm dipasar tradisional atau tukang sayur biasanya juga ada.
Ada berbagai macam olahan mie, dari mie goreng, mie rebus, tamie, lomie ...aahhh banyak lagi deh. Yang pengen bikin sendiri dirumah tinggal searching google resepnya, hahaaa seperti akyuuuu, yang ga mau ribet tinggal datangi resto-resto... kemudian  duduk manis dan  buku menu dan pilih yang sesuai selera. hehee
Masih ingat kan mie homemade yang aku bikin beberapa hari yang lalu ? dan inilah hasil akhirnya setelah bubug beberapa hari dikulkas. Aku bikin mie rebus aja, karena  mie goreng udah keseringen bikin hahaa..
Bikin mie rebusnya biasa aja sih, kayak bikin mie goreng tapi ga pake kecap. Bumbu yang dihaluskan  cuma bawang putih, bawang merah, merica dan pala. Tumis bumbu halus dengan potongan daun bawang atau bawang bombay. Gunakan kaldu ayam atau air sebagai kuahnya yang dituang menjelang matang, didihkan kemudian siap dihidangkan. Sangat mudah kan ? Oiya ... tambahkan minyak wijen untuk menambah rasa.

Untuk Ayam Kecap, resepnya aku tulis disini yaa

AYAM KECAP

Bahan :

200gr Daging ayam yang sudah dipotong, aku pake paha
Separuh bawang bombay potong-potong (separuhnya buat mie rebusnya)

Bumbu rendaman :
2 siung bawang putih, parut/haluskan
1sdm Saos tiram
2sdm Kecap manis
1/2sdm Kecap asin
1/2sdm saos tomat
Saos cabe secukupnya
1/2sdt Merica bubuk
Sedikit jahe, haluskan
1/2sdt Minyak wijen

Pelengkap : daun sawi yang udah direbus, bawang goreng, acar mentimun, daun bawang iris.

Cara membuat :

1. Aduk rata semua bumbu rendaman, tambahkan potongan ayam, aduk rata. Simpan dalam lemari es (aku simpan semalaman).

2. Tumis bawag bombay hingga harum, tambahkan ayam bersama dengan bumbunya, aduk rata. Masak hingga matang. Tambahkan garam jika dirasa kurang asin (ga usah ditambah air ya)

3. Penyelesaian : Ambil secukupnya mie dalam magkok, tambahkan daun sawi, ayam kecap. Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang. Sajikan dengan acar mentimun.




Heemmm.... yum yummm ...!!
Gimana nih... udah kayak bakul mie kan aku ?? gambarnya tuh liat, layak kan untuk dijual hahaaa
Bagi pecinta mie yang selama ini hanya beli kering terus diolah gimana klo kali ini nyoba bikin ? rasakan sensasinya mengulen adonan mie ...hihiiii, tapi liat hasilnya jadi lupa deh sama pegelnya ngulen adonan mie hahaa...

Udah dulu ya, pamiiiiiiit ...
COOK LIKE A CHEF, happy cooking Moms ^^

2 comments:

  1. Aku juga pecinta mi, mba Vivi. Tapi sukanya pake telur daripada ayam.

    Udah cocok, mba, untuk dijual. Mba Vivi buka resto aja. Pasti laris manis tuh.

    Ima

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Ima ...
      wahh, buka resto yaa... smoga ya aamiin
      hihiiii

      Delete