Wednesday, 9 August 2017

CAKE PISANG OREO KUKUS



Bismillah ...

Pisang adalah buah yang tak kenal musim, kita bisa dengan mudah mendapatkannya, di supermarket ataupun di pasar tradisional. Kandungan vitamin dan karbohidrat menjadikan buah pisang banyak dikonsumsi dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam makanan olahan sehingga tidak jarang kita melihat produk makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya.
Banyak sekali jenis kue yang menggunakan bahan dasar pisang, biasanya pisang yang ssring digunakan adalah pisang mempunyai aroma wangi yang kuat dan manis sehingga dapat menghasilkan kue yang legit. Untuk mendapatkan aroma khas pisang dibutuhkan pisang yang udah bener-bener mateng atau pisang yang kulitnya udah menghitam. Jenis pisang yang sering digunakan untuk olahan kue biasanya adalah pisang raja dan pisang ambon lokal. Ayooo... yang saat ini  punya pisang yang kulitnya udah hitam tapi bagian dalamnya masih bagus jangan dibuang dulu yaaa... jadikan sesuatu supaya tersaji dipiring ga sekedar pisang heehee

Semoga ga bosen ya, pisang lagi... pisang lagiiii .... Kalo kemarin aku bikin cake pisang yang dipanggang, naah kali ini bikin cake pisang yang dikukus. Kayaknya baru kali ini deh aku bikin cake pisang kukus, hihiiii. Sengaja ga aku kasih gula palem biar kliatan warna pisangnya. Dan oreo ituuuu... hihiiii nemu sebungkus oreo punya kakak kayaknya, aku tambahkan aja daripada ga ada yang makan hahaa

CAKE PISANG OREO KUKUS

4btr Telur
1sdt Emulsifier (aku pake SP)
100gr Gula pasir
130gr Tepung terigu
2sdm Tepung maizena
150gr Pisang, hancurkan kasar aja
100gr Minyak goreng
50gr Susu kental manis putih
6 keping oreo hancurkan kasar (buang krimnya)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas kertas roti dan oles margarin, sisihkan. Ayak tepung terigu dan tepung maizena, sisihkan. Panaskan kukusan.

2. Mikser gula, telur dan sp hingga mengental. Tambahkan pisang, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung bergantian dengan minyak goreng dan susu. Aduk rata.

3. Bagi 2 adonan. Satu adonan tambahkan oreo. Tuang adonan yang tanpa oreo kedalam loyang, kemudian kukus kurang lebih 10 menit. Selanjutnya tambahkan sisa adonan yang ada oreonya, kukus lagi hingga matang.

** pisang yang sudah dihancurkan warnanya cenderung kehitaman, supaya tidak kehitaman tambahkan sedikit air jeruk lemon atau air jeruk nipis.



Penambahan susu kental manis pada adonan membuat cake menjadi kaya rasa dan lembut, boleh juga mengganti susu kental manis dengan santan kental instan dengan takaran yang sama. Santan akan memberi rasa gurih pada cake.
Hemm... ternyata enak juga pisang ditambahkan di cake kukus, hwoo vii, haloow.... dari mana aja kamuuu, sampe blom pernah bikin cake pisang kukus. Eeehhhh iyaaaa... dulu sih seingatku pernah bikin brownies kukus pisang tapi kayaknya lebih kerasa coklatnya daripada pisangnya... hahaa

Yuk ah pamit dulu yaaa, Hallow Bananaaaa  ^^

2 comments:

  1. Gak bosen kok, mba. Soalnya saya juga pecinta pisang.

    Mmmmmm...., yummy. Comot satu yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee... silahkan mbak Ima, dihabisin juga gpp ^^

      Delete