Friday, 25 August 2017

ROTI TAWAR


Bismillah ...
Diantara keruwetanku masih sempet bikin-bikin, harus sempet siiihh biar ga jenuh hahaa...
Udah lama banget pengen punya loyang roti tawar yang kotak ada tutupnya, heemm bayangin bisa bikin roti tawar kayak di bakery-bakery ituuu. Waktu ke Lumajang beberapa hari yang lalu iseng mampir toko yang jual loyang-loyang... eeeehhh kok mataku langsung tertuju ke deretan loyang roti tawar, huwwaaa ini yang aku cari *berbinar*. Langsung ambil satu lah, harganya bersahabat banget hihiiii.. pokoknya waktu itu aku ambil 3 loyang salah satunya loyang roti tawar itu dan aku hanya bayar  30rb sajjah, hemmm... bahagia banget klo nemu barang murah tapi ga murahan hahaa, emak2 penuh perhitungan ^^

Doeloe ... aku udah pernah bikin roti tawar pake resep NCC, kayaknya ada disini deh. Kemudian bikin yang kedua kalinya... yang ini karena ditantang adek (adek... nda kangen ^^) dia bilang "nda bisa ga bikin roti tawar ? klo bisa, ayo bikin dong... " akhirnya bikin dan ga kepoto, dia seneng banget liat hasilnya dan aku bahagia hahaa... dan yang kali ini bikin adalah yang ke 3 kalinya, masih dengan resep NCC.
Sebelum bikin aku udah liat-liat resep yang lain juga, nyari resep yang pas untuk ukuran loyangnya... karena blom pernah bikin pake loyang itu siiih. Dari banyak yang aku baca ternyata satu loyang yang seperti punyaku tuh butuh adonan roti tawar dengan 250gr tepung terigu atau seperempat resep NCC.
Baiklah... kayaknya aku butuh seperempat adonan saja karena loyang nya cuma satu. Tapiiiii... dalam satu resep NCC telur yang dibutuhkan adalah 2 butir telur untuk 1kg tepung terigu, lha klo mo bikin seperempat resep?? hmm... kayaknya aku lagi males bagi2 telur deh akhirnya aku bikin separuh resep. Lumayan juga lho ngulen-ngulen 500gr tepung terigu sampe kalis elastis... pegeeeeelll hihiiii

ROTI TAWAR

Bahan :
1kg Tepung terigu protein tinggi
11gr Ragi instans
20gr Susu bubuk fullcream
100gr Gula pasir
2butir Telur
60gr Mentega putih
15gr Garam
475cc Air

Cara membuat :

1. Campur dalam wadah : tepung terigu, gula pasir, ragi dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan telur, tuang air secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata.

2. Masukkan mentega putih dan garam kemudian uleni lai hingga adonan kalis elastis. Bulatkan adonan, kemudian istirahatkan hingga menjadi 2 kali lipat, kurang lebih 30 menit.

3. Kempiskan adonan, karena aku bikin cuma separuh resep maka adonan aku bagi 2. 1 adonan untuk loyang roti tawar aku 4 bagian, bulatkan masing-masing adonan kemudian gilas memanjang dan gulung. Lakukan untuk sisa adonan yang lain. Letakkan adonan yang sudah digulung keloyang roti tawar yang sudah dioleh dengan mentega ato minyak, tutup loyang dan biarkan hingga mengembang.

4. Kemudian panggang dalam oven hingga matang.


** Untuk adonan yang lain aku tinbang kurang lebih 50gr, aku jadikan roti sobek yang aku isi vla karena aku masih punya vla sisa bikin sus kemarin dan jadi 2 pizza juga.



Senneeeeeng banget liat hasilnya, lembuuuuut... jadi lupa sama pegel waktu ulen-ulen kemarin hahaa. Oiya adonan roti tawar yang aku jadikan roti sobek kemarin rasanya jadi kurang manis karena bukan adonan roti manis hihiiii...
Eehhh... jadi pengen bikin lagi, hemm tapi aku juga pengen bikin roti manis, duuuuuhh jare ate diet viiiiii, kok pengen roti2 trs siiihhh... >,<

Happy baking Moms ^^

Sunday, 13 August 2017

LUMPIA ISI PISANG COKLAT KEJU



Bismillah ...

Hallooww bananaa, hahaaa ^^
Jadi malu nih blog kok isinya pisang mulu, haduuuuhh... jadi ini ceritanya masih melanjutkan pisang yang kemarin. Hmm... kalo ngomongin pisang nih, hampir setiap pulang ke Lumajang selalu dibawain pisang sama Umik, ntah pisang beli dipasar ato hasil panen. Blom lagi kalo ada sodara datang pasti di kasih oleh-oleh pisang ato lagi main kerumah sodara gitu ya pulang-pulnag bawa pisang, hihiiii ... yah begitulah. Jadi jangan kaget klo disini ada pisang lagi ... pisang lagi ^^

Udah beberapa kali bikin cake yang berbau pisang sekarang pindah ke gorengan. Pisang yang dibikin gorengan tapi yang ga sekedar pisang goreng, nah lho... udah terlalu biasa kalo hanya pisang goreng aja. Kali ini memanfaatkan kulit lumpia sisa bikin martabak tahu beberapa hari yang lalu. Jadiiii... kulit martabak diisi pisang kemudian biar lebih "lezat" dan kaya rasa ditambahkan coklat oles dan keju parut. Hmm... bisa dibayangkan kan ?
Ini mudah banget, yang agak susah adalah melepaskan kulit lumpia satu persatu dengan rapi hihiiii... harus dengan kesabaran yang lebih karena klo kurang sabar kayak aku yang ada malah kulit lumpia pada robek, ughhh !!
Untuk membuat Lumpia Pisang ini bahan yang dibutuhkan adalah kulit, pisang (boleh pake pisang utuh ato yang udah dipotong-potong, coklat oles, keju cheddar parut dan tepung terigu yang dilarutkan dengan air (jangan banyak-banyak bikinnya karena ini hanya digunakan untuk merekatkan kulit lumpia). Cara membuatnya adalah ambil selembar kulit lumpia kemudian isi dengan coklat dan keju parut selanjutnya gulung dan rapikan, oles bagian ujung kulit lumpia dengan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air supaya rapi. Udah gitu aja... gampang banget kan ? ini bisa dibekukan lho, klo bikinnya banyak siiih klo cuma dikit mending segera dimatangkan aja kemuadian  happ! dimaem hihiiii ^^
Oiya ... kasih coklatnya jangan pelit-pelit supaya ketika digigit coklatnya sampe meleleh keluar gitu...hiyyuuu enak bangettt...

Karena aku kurang begitu bisa melepas kulit lumpianya jadi kulit yang bisa dipake hanya 10 lembar itupun ada yang robek hikzz... jadinya pun hanya 10 biji. Aku goreng dengan sedikit minyak 4 biji (yang ada difoto tuh) jadinya malah kayak martabak mini hahaaa, sisanya buat sorenya ...tapi ga aku goreng lagi melainkan aku oven... apa yang terjadi kulitnya kriuk banget hihiiii sukaaaa :D
Ini bikinnya udah lama, hari Senin kemarin kalo ga salah deh, jadi yang pengen silahkan bikin sendiri dirumah karena yang ini udah tinggal gambar  ^^



Apakah pisangnya masih ada Viiiii....?? hahaaa ... sekarang udah abis, kemarin terakhir aku bikin Risole isi pisang coklat keju, ga ada poto-poto karena risole nya aku goreng pagi-pagi banget terus langsung cuz Malang sampe rumah tadi sore.

Udah dulu yaaa, selamat malam semua ^^
Happy banana hihiiiii


Wednesday, 9 August 2017

CAKE PISANG OREO KUKUS



Bismillah ...

Pisang adalah buah yang tak kenal musim, kita bisa dengan mudah mendapatkannya, di supermarket ataupun di pasar tradisional. Kandungan vitamin dan karbohidrat menjadikan buah pisang banyak dikonsumsi dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam makanan olahan sehingga tidak jarang kita melihat produk makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya.
Banyak sekali jenis kue yang menggunakan bahan dasar pisang, biasanya pisang yang ssring digunakan adalah pisang mempunyai aroma wangi yang kuat dan manis sehingga dapat menghasilkan kue yang legit. Untuk mendapatkan aroma khas pisang dibutuhkan pisang yang udah bener-bener mateng atau pisang yang kulitnya udah menghitam. Jenis pisang yang sering digunakan untuk olahan kue biasanya adalah pisang raja dan pisang ambon lokal. Ayooo... yang saat ini  punya pisang yang kulitnya udah hitam tapi bagian dalamnya masih bagus jangan dibuang dulu yaaa... jadikan sesuatu supaya tersaji dipiring ga sekedar pisang heehee

Semoga ga bosen ya, pisang lagi... pisang lagiiii .... Kalo kemarin aku bikin cake pisang yang dipanggang, naah kali ini bikin cake pisang yang dikukus. Kayaknya baru kali ini deh aku bikin cake pisang kukus, hihiiii. Sengaja ga aku kasih gula palem biar kliatan warna pisangnya. Dan oreo ituuuu... hihiiii nemu sebungkus oreo punya kakak kayaknya, aku tambahkan aja daripada ga ada yang makan hahaa

CAKE PISANG OREO KUKUS

4btr Telur
1sdt Emulsifier (aku pake SP)
100gr Gula pasir
130gr Tepung terigu
2sdm Tepung maizena
150gr Pisang, hancurkan kasar aja
100gr Minyak goreng
50gr Susu kental manis putih
6 keping oreo hancurkan kasar (buang krimnya)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas kertas roti dan oles margarin, sisihkan. Ayak tepung terigu dan tepung maizena, sisihkan. Panaskan kukusan.

2. Mikser gula, telur dan sp hingga mengental. Tambahkan pisang, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung bergantian dengan minyak goreng dan susu. Aduk rata.

3. Bagi 2 adonan. Satu adonan tambahkan oreo. Tuang adonan yang tanpa oreo kedalam loyang, kemudian kukus kurang lebih 10 menit. Selanjutnya tambahkan sisa adonan yang ada oreonya, kukus lagi hingga matang.

** pisang yang sudah dihancurkan warnanya cenderung kehitaman, supaya tidak kehitaman tambahkan sedikit air jeruk lemon atau air jeruk nipis.



Penambahan susu kental manis pada adonan membuat cake menjadi kaya rasa dan lembut, boleh juga mengganti susu kental manis dengan santan kental instan dengan takaran yang sama. Santan akan memberi rasa gurih pada cake.
Hemm... ternyata enak juga pisang ditambahkan di cake kukus, hwoo vii, haloow.... dari mana aja kamuuu, sampe blom pernah bikin cake pisang kukus. Eeehhhh iyaaaa... dulu sih seingatku pernah bikin brownies kukus pisang tapi kayaknya lebih kerasa coklatnya daripada pisangnya... hahaa

Yuk ah pamit dulu yaaa, Hallow Bananaaaa  ^^

Tuesday, 8 August 2017

CAKE PISANG




Bismillah ...

Probolinggo lagi musim angin nih... huuuhh debu dimana-mana, males buka pintu ruang tamu, jendela kamar ga pernah tak buka. Bisa dipastikan klo dibuka pasti debu masuk semua, lha wong ga dibuka aja debu udah masuk. Dan karena angin gede tuh jadi poto-potonya yang biasanya diteras belakang pindah ke ruang tamu (haiyoooo pasti mikir, studio apaan nih kok bisa pindah-pindah hahaa...) karena kalo diteras belakang reflektornya bisa terbang kena angin hihiiii..
Baiklah... mari kita ngomongin kue aja.
Hemm... kok kayaknya di sini banyak banget kue yang berbau pisang ya, semoga ga pada bosen aja. Maklumlah suka dapat oleh-oleh pisang, jumlahnya ga tanggung-tanggung, buanyak banget hihiii
Kali ini bikin cake pisang, seingatku sih blom pernah upload cake pisang seperti ini. Membuat cake nya masih dengan buttercake metode, pasti pada taulah yaa.... yang blom tau bisa baca-baca di postingan sebelumnya. Untuk resep nya aku adaptasi dari Sajian Sedap hanya aja ada sedikit yang aku rubah.

CAKE PISANG

250gr Margarin  (mix butter lebih enak)
100gr Gula pasir
100gr Gula palem
150gr Pisang (hancurkan kasar)
5btr Telur
250gr Tepung terigu
25gr Susu bubuk fullcream
1/2sdt Baking powder
50gr Kismis

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, sisihkan

2. Kocok margarin dan gula hingga lembut (kurang lebih 7 menit )

3. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan tepung. Matikan mikser, tambahkan kismis. Aduk rata.

4. Tuang diloyang yang sudah disiapkan, ratakan. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan hingga matang dengan suhu 180 derajat celcius.




Cake model gini nih ga pernah membosankan, selaluuuu suka. Apalagi kalo udah nginep semalam, rasa pisangnya nendang banget heemmm... tapi kayaknya 50 gr kismis kurang deh menurutku karena kismisnya nyaris tak terlihat disetiap potongannya hihiii...
Eeehh... ini poto ala kadarnya banget, karena ambil gambarnya pagi-pagi sebelum berangkat ke Malang, Ga banyak waktu karena setelah poto-poto kue itu harus belanja keperluan Kakak-adek, setelah itu  langsung cuz Malang. Bekas poto-potonya aja ga langsung diberesin, pokoknya langsung kabur aja.... baru diberesin kemarin hihiiiii... Sangking pengennya makan malam bareng mereka sambil dengerin mereka crita, huhuhuuu

Happy Baking Moms ^^

Friday, 4 August 2017

MIE REBUS AYAM KECAP



Bismillah ...

Pagiiiii, udah pada sarapan blom nih... ? hehee
Sarapan mie yuuk, hmm siapa siih yang ga suka mie, yakin deh semua pada suka, ya kaan ?
Dan aku adalah salah satu penggemar mie. Bagi sebagian masyarakat makan mie udah seperti makan nasi, mengenyangkan. Tapi ada pula yang beranggapan klo blom makan nasi rasanya blom makan, nah lho ... bahkan ada yang makan nasi lauk mie, itu udah biyassaaa ... dulu vivi kecil juga seperti itu hahaaa, maklumlah anak desa lah daku nih hahaa...
Disini kita bisa dengan mudah mendapatkan mie, disupermarket tersedia berbagai merk mie kering. Ada yang gepeng, bulet kayak lidi atau ada juga yang keriting. Tergantung kita mo pilih yang mana, sesuai kebutuhan. Klo kita pengen mie basah juga ada ... coba liat disupermarket dibagian yang ada lemari pendinginnya, biasanya suka nongkrong disitu bareng sama kulit pangsit hehee, heemm dipasar tradisional atau tukang sayur biasanya juga ada.
Ada berbagai macam olahan mie, dari mie goreng, mie rebus, tamie, lomie ...aahhh banyak lagi deh. Yang pengen bikin sendiri dirumah tinggal searching google resepnya, hahaaa seperti akyuuuu, yang ga mau ribet tinggal datangi resto-resto... kemudian  duduk manis dan  buku menu dan pilih yang sesuai selera. hehee
Masih ingat kan mie homemade yang aku bikin beberapa hari yang lalu ? dan inilah hasil akhirnya setelah bubug beberapa hari dikulkas. Aku bikin mie rebus aja, karena  mie goreng udah keseringen bikin hahaa..
Bikin mie rebusnya biasa aja sih, kayak bikin mie goreng tapi ga pake kecap. Bumbu yang dihaluskan  cuma bawang putih, bawang merah, merica dan pala. Tumis bumbu halus dengan potongan daun bawang atau bawang bombay. Gunakan kaldu ayam atau air sebagai kuahnya yang dituang menjelang matang, didihkan kemudian siap dihidangkan. Sangat mudah kan ? Oiya ... tambahkan minyak wijen untuk menambah rasa.

Untuk Ayam Kecap, resepnya aku tulis disini yaa

AYAM KECAP

Bahan :

200gr Daging ayam yang sudah dipotong, aku pake paha
Separuh bawang bombay potong-potong (separuhnya buat mie rebusnya)

Bumbu rendaman :
2 siung bawang putih, parut/haluskan
1sdm Saos tiram
2sdm Kecap manis
1/2sdm Kecap asin
1/2sdm saos tomat
Saos cabe secukupnya
1/2sdt Merica bubuk
Sedikit jahe, haluskan
1/2sdt Minyak wijen

Pelengkap : daun sawi yang udah direbus, bawang goreng, acar mentimun, daun bawang iris.

Cara membuat :

1. Aduk rata semua bumbu rendaman, tambahkan potongan ayam, aduk rata. Simpan dalam lemari es (aku simpan semalaman).

2. Tumis bawag bombay hingga harum, tambahkan ayam bersama dengan bumbunya, aduk rata. Masak hingga matang. Tambahkan garam jika dirasa kurang asin (ga usah ditambah air ya)

3. Penyelesaian : Ambil secukupnya mie dalam magkok, tambahkan daun sawi, ayam kecap. Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang. Sajikan dengan acar mentimun.




Heemmm.... yum yummm ...!!
Gimana nih... udah kayak bakul mie kan aku ?? gambarnya tuh liat, layak kan untuk dijual hahaaa
Bagi pecinta mie yang selama ini hanya beli kering terus diolah gimana klo kali ini nyoba bikin ? rasakan sensasinya mengulen adonan mie ...hihiiii, tapi liat hasilnya jadi lupa deh sama pegelnya ngulen adonan mie hahaa...

Udah dulu ya, pamiiiiiiit ...
COOK LIKE A CHEF, happy cooking Moms ^^