Friday, 19 May 2017

TALAM PANDAN MUTIARA



Bismillah ...

Buat kalian yang suka banget dengan jajan pasar atau kue-kue tradisional kayak saiyah... hehee... pasti jajan pasar yang satu ini udah ga asing lagi yaaa. Menurutku.... beberapa kue tradisional emang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya tapi kalo bikin Kue Talam ini kayaknya ga terlalu ribet ya, mungkin ribet waktu bikin santannya aja. Kalo niiih... bikin kue tradisional "harus" pake santan asli bukan yang instan, ntah kenapa ... kok rasanya beda ya menurutku, jauh lebih gurih klo pake santan yang kelapanya diparut sendiri... eitsss... jangan dikira aku marut sendiri lho ya kelapanya, hihiiii tentu tidak ... karena aku punya sesuatu yang hanya dengan masukin potongan kelapa tiba-tiba keluar santan, hahaaa... ga boleh kepo deh kalian hihiii...
Sebenarnya duluuuuu... udah pernah bikin Talam Pandan  hanyaaaa yang ini ada mutiaranya. Jadi cantik kalo ada mutiaranya hihiiii..

KUE TALAM PANDAN

Bahan :
Lapisan pandan :
200gr Tepung beras
50gr Tepung sagu
100gr Gula pasir
400cc Santan
100cc Air daun suji
1sdt Air kapur sirih
1/2sdt Garam

Lapisan putih :
50gr Tepung  beras
25gr Tepung sagu
400cc Santan kental
1/2sdt garam

Cara membuat :

1. Lapisan pandan : Dalam wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, gula dan garam, aduk rata. Tuang santan, air daun suji dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang licin dan tidak bergerindil. Sisihkan.

2. Lapisan putih : campur semua bahan menjadi satu, aduk rata hingga licin. Sisihkan.

3. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan cucing atau mangkok kecil, oles dengan minyak sayur kemudian isi dengan adonan pandan sebanyak 2/3 cetakan. Kukus kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit tuang adonan putih dan mutiara (secukupnya) hingga penuh. Kukus kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, biarkan agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan.

** Untuk biji mutiara nya yang dibutuhkan ga terlalu banyak, jadi merebusnya ga usah terlalu banyak. Tapi kalopun kebanyakan ga apa-apa juga siih, tinggal dibikinin santan manis, jadi deh cendol mutiara. Hihiiii ^^




Cantik kaaaan kalo ada mutiaranya hihiiii... warnanya pas banget, ada ijonya, ada putihnya dan ada merahnya. Oiyaa... pesen ku... klo bikin kue tradisional yang rasa pandan usahakan pake warna asli dari daun suji... selain warnanya yang cantik aromanya juga bener-bener seger daun pandan. Biasanya aku klo bikin air daun suji aku campur dengan daun pandan juga.
Yuhhuuuu.... bagi yang pengen silahkan bikin. Hmm... jadi ingat ada temen yang sukaaaaaa banget sama jajanan pasar, dia selalu ngajari anaknya untuk selalu makan jajan pasar... katanya jajan pasar itu lebih alami, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna dan bla bla blaa.... foto ini buat kamu deh hihiiii

Say "yess" to jajanpasar ^^

4 comments:

  1. Iya, mba. Kue tradisional emang enyak, enyak, enyak. Sayangnya sekarang di tempatku juga harus hati-hati beli jajanan pasar, soalnya sudah ada yang dicampur pemanis, pewarna, dll. Lebih aman ya buat sendiri di rumah.

    Ima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii mbak Ima ..
      Pasti jauh lebih aman klo bikin sendiri mbak..
      Bikin yuk mbak, hihii ^^

      Delete
  2. Saya salah satunya mbak yang paling sukaaaa jajanan pasar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayy!! Kita sehati ya mbak ^^ jajan pasar yess!!

      Delete