Thursday, 4 May 2017

KACANG SEMBUNYI



Bismillah...

Vivi tuh doyan banget ngemil... yang kriuk-kriuk kayak krupuk dan kripik ato kacang-kacangan ato cemilan apapun  .... bisa ga brenti kalo belom habis. Mengerikan yaaa... padahal udah sering baca dan diingatkan kalo cemilan itu bisa bikin badan tambah lebar... apalagi ngemil gorengan tapi yo tetep aja dilanggar... klo ditanya ato ditegur aku selalu bilang ... " duh khilaf..." dan besoknya akan diulang lagi dan lagi.
Apalagi kalo pas lagi perjalanan ke luar kota gitu... selalu minta beliin cemilan, alasanku ... "ntar klo ga ngemil aku ngantuk lho... " hihiiii.... yah begitulah...

Dan ini salah satu cemilan yang pengen aku bikin walopun sebenarnya agak awang-awangen... aku takut ga bisa menggulainya hihiiii... sempet kepikir ga aku gulai aja tapi kok ya ga mirip kacang sembunyi kalo gitu.
Sebenarnya siih... kalo mau beli tuh banyak banget ditoko-toko kue tapiiiii kalo bikin sendiri kan rasanya beda yaaa... yang pasti di rasanya ada bau tanganku hahaaa...

KACANG SEMBUNYI

Bahan kulit :

250gr Tepung terigu
40gr Margarin
100cc Air

Bahan untuk besta :

100gr Gula pasir
4 siung Bawang putih
8 lembar Daun jeruk purut
12 biji Cabe rawit
1sdt Garam
6 sdm Air
2sdm Minyak untuk menumis.

Kacang tanah secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit kemudian uleni hingga kalis. Sisihkan.

2. Giling adonan kulit dengan gilingan pasta dari angka 1 hingga 6. Setelah ditipiskan potong-potong kotak dengan ukuran 3x3cm. Letakkan kacang tanah pada salah satu sudut kemudian gulung, oles air diujung terakhir supaya lengket. Lakukan hingga adonan habis.

3. Kemudian goreng hingga matang. Sisihkan.

4. Haluskan bawang putih, daun jeruk dan cabe rawit kemudian tumis bumbu hingga wangi. Tambahkan gula, garam dan air. Masak hingga kental dan berambut. Masukkan kacang yang sudah digoreng tadi, aduk hingga tercampur rata. Matikan api, tuang dan ratakan  kacang di loyang supaya tidak lengket satu sama lain.

5. Setelah dingin simpan didalam toples.




Kalo mau warna yang agak gelap kayaknya gulanya dicampur dengan gula palem ato gula merah. Tapi ini enak banget dari yang biasa aku beli, rasanya beda... ada aroma daun jeruknya yang pasti ada bau tangan saiyah, huihihihiii...
Bagi yang pengen... silahkan bikin yaaa... untuk yang pemula kayak aku siapkan kesabaran waktu gulung-menggulungnya hihiiii... tapi kalo yang udah biasa kayaknya bisa cepet deh.

Okayyy... salam KRIUK-KRIUK ^^



No comments:

Post a Comment