AYAM GORENG TEPUNG SAUS ASAM MANIS

07:35:00




Bismillah...

Pagiiiiii.... udah pada masak blom nih ? jangan kayak aku yang pagi ini belom masak karena dari semalam perutku sakiiiiiit, masak gara-gara kemarin makan cabe 2 biji terus sakit perut sampe segininya yaaa...
Dan ini adalah masakan hari apa yaa... lupa hihiiii...pokoknya udah beberapa hari yang lalu deh. Kemarin-kemarin rempong banget jadi baru bisa nulis sekarang daaaaan koneksi internet yang bikin ngelus dada akhir-akhir ini jadi agaka males mo buka-buka lapy.

AYAM TEPUNG SAUS ASAM MANIS

Bahan :
200gr Fillet ayam, potong-potong sesuai selera tapi jangan terlalu kecil
1 siunng Bawang putih, haluskan
1/4 sdt Merica bubuk
1/4sdt Garam
---------------------------- campur semua bahan, aduk rata, diamkan selama 1/2 jam.

Bahan tepung :
130gr Tepung terigu serba guna
20gr Tepung maizena
1sdt Baking powder
1sdt Garam
1sdt Merica bubuk
-----------------------------campur semua bahan, aduk rata.
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Saus :
1sdm Margarin
1siung Bawang putih, geprek dan cincang kasar
1bh Bawang bombay (yg kecil aja)
2bh Cabe merah besar, buang bijinya dan potong-potong
4sdm Saus tomat
1/2sdt Merica bubuk
1sdt Mnyak wijen
1sdt Air jeruk nipis
5sdm Air
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat

1. Ayam tepung : Panaskan minyak goreng secukupnya. Gulingkan ayam pada campuran teung terigu, kemudian celupkan ke air es setelah itu gulingkan di campuran tepung sambil diremas-remas. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang.

2. Saus asam manis : panaskan margarin, tumis bawang putih, cabe merah dan bawang bombay hingga harum. Tambamkan saus tomat, merica bubuk, garam dan gula secukupnya, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan mendidih. Terakhir tambahkan minyak wijen dan airjeruk, aduk rata.

3. Hidangkan ayam goreng tepung dengan sausnya.





Huuhuhuuu, yuuum.... Ini Ayam Tepung saus Asam Manis ala vivi, kalo kalian punya resep yang lebih ok, silahkan pake resep kalian aja hahaaa.... tapi ini enak banget kok, sayang nya tadi lupa seberapa banyak waktu ngasih garam gulanya, asal cemplung aja hihiiii.... like a pro yaa... padahal enggak bangggetttt

Happy Cooking ^^

You Might Also Like

0 komentar