Wednesday, 24 May 2017

STICK BAWANG




Bismillah...

Hanya stick bawang yang udah seriiiiiing banget bikin.... kenapa sering ? karena bikinnya mudah banget, klo bikin cuma tepung terigu 250gr cepet banget. Lumayanlah buat isi-isi toples, dikunyah-kunyah sambil duduk dibelakang liat ikan.
Ambil gambarnya tadi pagi, cepet-cepetan karena janjian sama tentangga mo takziyah. Dan hasil fotonya... ala kadarnya hihiiii, males mikir wes... yang penting kefoto lah daripada habis masuk perutku semua hihiii... setelah foto-foto lansung kabur, udah ga mikir semua yang masih berantakan diteras belakang. Pulang takziyah.... teteeeeeep masih berantakan dimana-mana, hihiiii..

STICK BAWANG

250gr Tepung terigu
50 gr Tepung kanji
5 siung Bawang putih, haluskan
5 btr Bawang merah, haluskan
1 btr Telur
20gr Margarin
100cc Air (kurang lebih ya... jangan dituang semua)
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (jika suka)

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campurkan semua bahan kecuali air. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga tidak lengket di tangan.


1. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (jangan terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling dengan menggunakan pisau mie yang lebar (pada gilingan mie). Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Ini kriuk banget... bikin ga bisa berhenti mengunyah.
Baiklah segini aja...aku tak siap-siap kabur lagi, ada janji lagi hihiiii... tapi aku ngantuk, huuuuhh

Salam Kriuuuuk ^^

Friday, 19 May 2017

TALAM PANDAN MUTIARA



Bismillah ...

Buat kalian yang suka banget dengan jajan pasar atau kue-kue tradisional kayak saiyah... hehee... pasti jajan pasar yang satu ini udah ga asing lagi yaaa. Menurutku.... beberapa kue tradisional emang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya tapi kalo bikin Kue Talam ini kayaknya ga terlalu ribet ya, mungkin ribet waktu bikin santannya aja. Kalo aku niiih... bikin kue tradisional "harus" pake santan asli bukan yang instan, ntah kenapa ... kok rasanya beda ya menurutku, jauh lebih gurih klo pake santan yang kelapanya diparut sendiri... eitsss... jangan dikira aku marut sendiri lho ya kelapanya, hihiiii tentu tidak ... karena aku punya sesuatu yang hanya dengan masukin potongan kelapa tiba-tiba keluar santan, hahaaa... ga boleh kepo deh kalian hihiii...
Sebenarnya duluuuuu... udah pernah bikin Talam Pandan  hanyaaaa yang ini ada mutiaranya. Jadi cantik kalo ada mutiaranya hihiiii..

KUE TALAM PANDAN

Bahan :
Lapisan pandan :
200gr Tepung beras
50gr Tepung sagu
100gr Gula pasir
400cc Santan
100cc Air daun suji
1sdt Air kapur sirih
1/2sdt Garam

Lapisan putih :
50gr Tepung  beras
25gr Tepung sagu
400cc Santan kental
1/2sdt garam

Cara membuat :

1. Lapisan pandan : Dalam wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, gula dan garam, aduk rata. Tuang santan, air daun suji dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang licin dan tidak bergerindil. Sisihkan.

2. Lapisan putih : campur semua bahan menjadi satu, aduk rata hingga licin. Sisihkan.

3. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan cucing atau mangkok kecil, oles dengan minyak sayur kemudian isi dengan adonan pandan sebanyak 2/3 cetakan. Kukus kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit tuang adonan putih dan mutiara (secukupnya) hingga penuh. Kukus kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, biarkan agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan.

** Untuk biji mutiara nya yang dibutuhkan ga terlalu banyak, jadi merebusnya ga usah terlalu banyak. Tapi kalopun kebanyakan ga apa-apa juga siih, tinggal dibikinin santan manis, jadi deh cendol mutiara. Hihiiii ^^




Cantik kaaaan kalo ada mutiaranya hihiiii... warnanya pas banget, ada ijonya, ada putihnya dan ada merahnya. Oiyaa... pesen ku... klo bikin kue tradisional yang rasa pandan usahakan pake warna asli dari daun suji... selain warnanya yang cantik aromanya juga bener-bener seger daun pandan. Biasanya aku klo bikin air daun suji aku campur dengan daun pandan juga.
Yuhhuuuu.... bagi yang pengen silahkan bikin. Hmm... jadi ingat ada temen yang sukaaaaaa banget sama jajanan pasar, dia selalu ngajari anaknya untuk selalu makan jajan pasar... katanya jajan pasar itu lebih alami, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna dan bla bla blaa.... foto ini buat kamu deh hihiiii

Say "yess" to jajanpasar ^^

Tuesday, 16 May 2017

CHEESE STICK



Bismillah ...

Pagiiiiiiii....
Selasa pagi nih.... jam segini udah keringeten, apa aku yang terlalu banyak gerak sedari pagi ya kok sampe gembrobyos begini.... tapiii beberapa hari ini Probolinggo emang  sumuk banget.
Hmm...aslinya sih Probolinggo tuh daerah panas, tapi ada juga yang dingin seperti di daerah Bromo dan Bremi dan kebetulan aku tinggalnya di daerah yang panas itu hikz hikz...

Eheeeyyyy... ketemu lagi disini, bikin yang kriuk-kriuk lagi yuuuk hihiiii
Mmm... aku baru menyadari bahwa aku blom  pernah posting Stik Keju padahal udah sering bikin lho, ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu siiih, udah abis barangnya hihiiii...
Kebetulan punya keju edam, sebenarnya klo mo pake keju yang lainpun bisa ya ... seperti keju parmesan ato keju cheddar, beda dirasa aja kali ya. Kalo pake edam lebih nendang rasa kejunya. Tapi tergantug selera juga siih, kayak aku nih lebih suka rasa keju yang ringan-ringan aja... kastengel yang full edam aku ga suka hihiiii padahal bukan kastengel klo ga pake edam ya.. huhh!!
Cheese Stick ini aku pake resep nya NCC tapi kejunya aku ganti edam. Udah pada tau kan... ato udah pada bikin yaaa hahaa

CHEESE STICK

Bahan :

300gr Tepung terigu
200gr Tepung sagu
1sdt Garam
4btr Telur (aku pake 3 aja)
30gr Margarin
100gr Keju edam, parut
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan garam, aduk rata. Tambahkan telur, keju dam margarin, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang paling tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (aku ga suka yang terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling adonan dengan menggunakan pisau yang lebar (pada gilingan mie).
Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan cheese stick hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Lagi-lagi... ini yang ga bisa brenti mengunyah, aaaahhhh... hihiiii
Oiya... sebagian orang males bikin cheese stick ini, alasannya males pake acara mengulen tapi kalo tau hasil dan rasanyaaa... hmm aku yakin yang ada pasti males mo beli dan pengen bikin lagiiiii.... hahaa
Udah ah.... pamit yaaaa, jam segini ada didepan lapy kayak ibu-ibu kurang kerjaan aja. hikz...hikz...

Salam Kriuuuuuk ^^

Sunday, 14 May 2017

SUS ISI VLA VANILLA



Bismillah...

Kepengen bikin sus dari beberapa hari yang lalu, kebetulan ada sisa susu fullcream abis bikin kue, lumayan banyak siiih... klo biasanya bikin sus pake resep NCC kali ini aku pengen yang beda... hehee, nemu resep kulit sus yang gampang diingat, tapi untuk isinya aku pake resep NCC. Yuk ah langsung resep aja yaaa... aku lagi ga mau nulis banyak-banyak karena lagi ngerjain sesuatu.... ngerjain apa coba, kok koyoe sibuk banget... hihiiii

SUS ISI VLA VANILLA

Bahan kulit :

200cc Air
50gr Margarin
100gr Tepung terigu (aku pake segitiga biru)
2 btr Telur

Bahan vla :

700cc Susu cair
150gr Gula pasir
50gr Tepung maizena
1/4sdt Garam
2btr Kuning telur
1sdm Margarin
1sdt Vanilla pasta


Cara membuat :

1. Rebus air dan margarin hingga mendidih. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat.

2. Tambahkan telur satu persatu pada adonan tepung tadi sambil diaduk rata atau bisa menggunakan mikser.
Dengan menggunakan piping bag, semprotkan adonan pada loyang, beri jarak ya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 derajat celcius hingga mengembang dan tidak berbusa.

3. Vla : Campur susu, gula, garam, margarin dan tepung maizena. Rebus sambil diaduk-aduk, ketika hampir mendidih kocok kuning telur tambahkan sedikit adonan susu aduk rata kemudian tuang ke adonan vla, aduk cepat dan biarkan hingga mendiidih.

4. Ambil kulit sus belah bagian sampingnya kemudian masukkan vla dengan menggunakan piping bag. Siap disajikan.

** Kalo ovennya ga ada temperatur suhunya, gunakan api yang agak besar ato besar (harap mengenali oven masing2 ya ),  oven sus kurang lebih 15 menit atau hingga adonan mengembang kemudian kecilkan api, oven hingga sus bener-bener kokoh dan tidak berbusa. Ingat !! jangan sekali-kali membuka oven ketika kulit sus blom matang sempurna, jika membuka oven ketika kulit sus blom matang sempurna  mengakibatkan kulit sus mengkerut.




Walopun beda resep rasanya tetep enak kok, apa karena aku doyan ya sama kue yang satu ini. Yang ga enak itu jika isinya keras, warnanya agak bening ...hmm keliatan deh klo kurang nyusu, hihiiii
Akhirnya.... sampai disini aja yaaa, aku akan kembali ke dunia nyata ku :D
Tunggu aku ya... sapa tau aku bikin-bikin lagiiii.... hihiiiii :P

Salam baking ^^

Tuesday, 9 May 2017

PALM CHEESE COOKIES



Bismillah...

Bikin kue kering yuuuuuuk.... heeiheiii udah berasa kayak lebaran padahal masih mau puasa. Bagiku .. makan kue kering ga harus nunggu puasa, klo pengen ya bikin aja... ato kalo lagi males bikin ya beli aja. Yang sering terjadi di aku adalah ketika menjelang lebaran udah ga ada waktu untuk bikin kue kering, akhirnya minta ke Umik deh...biarpun tamunya hanya satu dua tapi lebaran tanpa kue kering tuh enggak banget deh... Oiya kenapa kalo lebaran jarang ada tamu kerumahku ? karena klo lebaran yang punya rumah suka ga ada dirumah hahaa...
Hmm... kue kering yang aku bikin sekarang adalah Palm Cheese Cookies, aku yakin kalian udah pada denger ato udah pada bikin yaaaa... aku nih yang ketinggalan, as always ...
Waktu lebaran taun lalu aku pernah kue ini sama Shely, menurutku sih enak banget... pengen bikin tapi ya ga bikin-bikin. Suatu hari aku dikasih keju parmesan sama Shely, udah lama siiiiih... karena sibuk banget (huhh! sibuk banget jare ...) aku sampe ga bisa mikir keju itu mo tak bikin apa ...(koyo opo sibuk e sampe ga iso mikir viii ..) Baru beberapa hari yang lalu terpikir untuk bikin kue ini, heheee
Sependek yang aku tau... disini kayaknya ga ada yang jual keju parmesan, wong dus buat cupcake aja aku sampe muter-muter nyari ga nemu. Bayangin sendiri ya segede apa kota Probolinggo itu... ^^
Untuk resepnya... dulu aku pernah dikaih sama Shely tapi entah dimana, dan yang ini aku dapet dari cookpad, tapi aku lupa namanya ga aku tulis... mohon yang punya resep ini klo kebetulan mampir disini komen dibawah yaa hahaaa... yang pasti ... aku makasih banget untuk resepnya :*

PALM CHEESE COOKIES

Bahan :

325gr Butter (aku hanya punya 100gr, sisanya aku tambah margarin)
2btr Kuning telur
100gr Keju parmesan, parut
340gr Tepung terigu
Gula palm secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok butter dan kuning telur dengan mikser asal tercampur rata saja.

2. Tambahkan keju dan tepung terigu, aduk rata.

3. Bulatkan kurang lebih sebesar kelereng, kemudian gulingkan ke gula palm hingga rata, tata adonan  diloyang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang

5. Dinginkan dan simpan dalam toples.





Ini enak banget, aku sukaaa...  ngeju banget tapi ga terlalu kuat kayak kalo kita makan kastengle. Konon katanya klo mo bikin kastengle bisa juga di mix antara keju edam dan keju parmesan. Berapa perbandingannya ? ... naaah...itu yang belom aku coba hihiii
Keju parmesan bisa juga untuk taburan pada pizza atau yang paling sering dijumpai adalah untuk taburan pasta.
Okay ...segini aja yaa.. semoga bisa menjadi inpirasi untuk isi-isi toples lebaran... eittss... klo udah pengen duluan ga usah nunggu lebaran bikin aja laah...

Hmm... aku barusan intip cookpad, yang nulis resep ini namanya Andriette Lakshmi ^^

Happy Cookies ^^

Thursday, 4 May 2017

KACANG SEMBUNYI



Bismillah...

Vivi tuh doyan banget ngemil... yang kriuk-kriuk kayak krupuk dan kripik ato kacang-kacangan ato cemilan apapun  .... bisa ga brenti kalo belom habis. Mengerikan yaaa... padahal udah sering baca dan diingatkan kalo cemilan itu bisa bikin badan tambah lebar... apalagi ngemil gorengan tapi yo tetep aja dilanggar... klo ditanya ato ditegur aku selalu bilang ... " duh khilaf..." dan besoknya akan diulang lagi dan lagi.
Apalagi kalo pas lagi perjalanan ke luar kota gitu... selalu minta beliin cemilan, alasanku ... "ntar klo ga ngemil aku ngantuk lho... " hihiiii.... yah begitulah...

Dan ini salah satu cemilan yang pengen aku bikin walopun sebenarnya agak awang-awangen... aku takut ga bisa menggulainya hihiiii... sempet kepikir ga aku gulai aja tapi kok ya ga mirip kacang sembunyi kalo gitu.
Sebenarnya siih... kalo mau beli tuh banyak banget ditoko-toko kue tapiiiii kalo bikin sendiri kan rasanya beda yaaa... yang pasti di rasanya ada bau tanganku hahaaa...

KACANG SEMBUNYI

Bahan kulit :

250gr Tepung terigu
40gr Margarin
100cc Air

Bahan untuk besta :

100gr Gula pasir
4 siung Bawang putih
8 lembar Daun jeruk purut
12 biji Cabe rawit
1sdt Garam
6 sdm Air
2sdm Minyak untuk menumis.

Kacang tanah secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit kemudian uleni hingga kalis. Sisihkan.

2. Giling adonan kulit dengan gilingan pasta dari angka 1 hingga 6. Setelah ditipiskan potong-potong kotak dengan ukuran 3x3cm. Letakkan kacang tanah pada salah satu sudut kemudian gulung, oles air diujung terakhir supaya lengket. Lakukan hingga adonan habis.

3. Kemudian goreng hingga matang. Sisihkan.

4. Haluskan bawang putih, daun jeruk dan cabe rawit kemudian tumis bumbu hingga wangi. Tambahkan gula, garam dan air. Masak hingga kental dan berambut. Masukkan kacang yang sudah digoreng tadi, aduk hingga tercampur rata. Matikan api, tuang dan ratakan  kacang di loyang supaya tidak lengket satu sama lain.

5. Setelah dingin simpan didalam toples.




Kalo mau warna yang agak gelap kayaknya gulanya dicampur dengan gula palem ato gula merah. Tapi ini enak banget dari yang biasa aku beli, rasanya beda... ada aroma daun jeruknya yang pasti ada bau tangan saiyah, huihihihiii...
Bagi yang pengen... silahkan bikin yaaa... untuk yang pemula kayak aku siapkan kesabaran waktu gulung-menggulungnya hihiiii... tapi kalo yang udah biasa kayaknya bisa cepet deh.

Okayyy... salam KRIUK-KRIUK ^^



Wednesday, 3 May 2017

AYAM GORENG TEPUNG SAUS ASAM MANIS




Bismillah...

Pagiiiiii.... udah pada masak blom nih ? jangan kayak aku yang pagi ini belom masak karena dari semalam perutku sakiiiiiit, masak gara-gara kemarin makan cabe 2 biji terus sakit perut sampe segininya yaaa...
Dan ini adalah masakan hari apa yaa... lupa hihiiii...pokoknya udah beberapa hari yang lalu deh. Kemarin-kemarin rempong banget jadi baru bisa nulis sekarang daaaaan koneksi internet yang bikin ngelus dada akhir-akhir ini jadi agaka males mo buka-buka lapy.

AYAM TEPUNG SAUS ASAM MANIS

Bahan :
200gr Fillet ayam, potong-potong sesuai selera tapi jangan terlalu kecil
1 siunng Bawang putih, haluskan
1/4 sdt Merica bubuk
1/4sdt Garam
---------------------------- campur semua bahan, aduk rata, diamkan selama 1/2 jam.

Bahan tepung :
130gr Tepung terigu serba guna
20gr Tepung maizena
1sdt Baking powder
1sdt Garam
1sdt Merica bubuk
-----------------------------campur semua bahan, aduk rata.
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Saus :
1sdm Margarin
1siung Bawang putih, geprek dan cincang kasar
1bh Bawang bombay (yg kecil aja)
2bh Cabe merah besar, buang bijinya dan potong-potong
4sdm Saus tomat
1/2sdt Merica bubuk
1sdt Mnyak wijen
1sdt Air jeruk nipis
5sdm Air
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat

1. Ayam tepung : Panaskan minyak goreng secukupnya. Gulingkan ayam pada campuran teung terigu, kemudian celupkan ke air es setelah itu gulingkan di campuran tepung sambil diremas-remas. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang.

2. Saus asam manis : panaskan margarin, tumis bawang putih, cabe merah dan bawang bombay hingga harum. Tambamkan saus tomat, merica bubuk, garam dan gula secukupnya, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan mendidih. Terakhir tambahkan minyak wijen dan airjeruk, aduk rata.

3. Hidangkan ayam goreng tepung dengan sausnya.





Huuhuhuuu, yuuum.... Ini Ayam Tepung saus Asam Manis ala vivi, kalo kalian punya resep yang lebih ok, silahkan pake resep kalian aja hahaaa.... tapi ini enak banget kok, sayang nya tadi lupa seberapa banyak waktu ngasih garam gulanya, asal cemplung aja hihiiii.... like a pro yaa... padahal enggak bangggetttt

Happy Cooking ^^

Monday, 1 May 2017

PUDING ROTI TAWAR



Bismillah .....

Halloo Meiiii... hemm udah nyampek bulan Mei lho, bulan ke 5 2017. Apa kabar di awal Mei ini ... ? semoga selalu sehat yaaa... semangat menyambut Ramadhan yang ga nyampe sebulan lagi. Ayo siapkan target Ramadhan mulai sekarang... heheee

Selanjutnyaaaa... mari kita bikin puding eheem, eits... sebenarnya ini bikinnya hari Sabtu kemarin tapi baru tayang hari ini karena kemarin-kemarin koneksi internet lelet banget, iighhhh !! padahal ga lagi mendung lho... biasanya kan cuaca mendung dan hujan selalu jadi alasan kenapa koneksi ga bersahabat. Semalam udah baik-baik aja... eh tadi pagi ...lagi-lagi harus sabaaaar, hemmm
Yasudahlah ... ke puding aja lagi yaa... seingatku siih udah ada beberapa foto puding roti disini, itu artinya aku udah beberapa kali bikin puding roti. Bikinnya cepet banget dan gampang, bahannya juga mudah didapat ... itulah kenapa aku sering bikin hahaa..
Ini sengaja bikin buat sarapan kami bertiga  Sabtu pagi kemarin... dan apa yang terjadiiii ? adek minta dibelikan bubur kacang ijo, hehh!!... diincipi dikit terus dia bilang ga suka, padahal aku mikirnya dia suka lho hemm..

PUDDING ROTI TAWAR

5 lembar roti tawar, potong kotak kecil
250cc Susu cair
1 butir Telur
30gr Gula pasir
1/2sdt Vanilla pasta
50gr Kismis, rendam dengan air jeruk ato air hangat

Untuk taburan
Kayu manis bubuk secukupnya
Kenari secukupnya
Gula palem secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan pinggan tahan panas atau alumunium foil cup, oles margarin secukupnya. Sisihkan.

2. Rendam roti tawar dengan sebagian susu, sisihkan.

3. Campurkan telur, gula dan sisa susu. Aduk-aduk hingga gula larut. Tambahkan pasta vanilla, aduk rata. Tuang susu di remdaman roti kemudian  tambahkan kismis, aduk rata.

4. Tuang ke pinggan tahan panas atau alumunium foil cup. Tabur kenari, gula palem dan kayu manis bubuk. Oven dengan suhu 170 derajat celcius kurang lebih 30 menit ( tim panggang yaa).

5. Puding Roti siap dihidangkan.

** Satu resep ini jadi yang semua yang difoto itu.




Pudding roti ini bisa dinikmati hangat ato dingin, tergantung selera aja. Kalo pengen bikin cemilan yang ga pake ribet ... aku sarankan bikin ini hihiii. Bisa ditambah potongan pisang atau ditambah keju dan meses juga enak lho hemm... liat aja puding roti lain yang ada disini. Semoga menginspirasi buat liburan hari ini, ihiiiyyy

Happy Baking ^^