BANANA CRUMBLE PIE

11:07:00



Bismillah ...

Senin pagiiiii, ga pagi pagi banget seeeh... hihiii
Ga terasa ya udah hari Senin lagi... sekarang udah bulan ke 4 ditahun 2017. Hmm... bulan April sampe Mei yang lagi sekolah kelas 6, 9, 12 lagi sibuk-sibuknya nih. Begitupun dengan Adek yang sekarang kelas 6, tetep semangat ya semua... kalian pasti BISA !!

Lagi punya stok pisang banyak banget nih, pisang Candi dan pisang Agung, udah bisa dipastikan lah klo dari Lumajang tuh pasti pulangnya bawa pisang banyak banget.... kemarin-kemarin udah dikukus. Karena lagi ga ada yang minta digoreng jadi ya ga bikin pisang goreng hihii...
Ntah ini olahan pisang yang keberapa di blog ku, pokoknya jangan bosen deh ya... kali ini aku bikin Banana Crumble Pie. Kulit pie seperti biasa yang diisi semacam vla gitu yang ada potongan pisangnya. Untuk adonan kulitnya aku pake resep yang kemarin dikasih Arik...(kemarin dia pamer2 bikin pie susu, pake loyang baru... huhh!!) dan isinya ... hmm aku maunya yang ga pisang banget jadiiii aku kasih vla gitu deh. Untuk kulitnya emang tanpa gula, tadinya aku mo tambah gula halus biar ada manis-manisnya tapi karena gula halusnya banyak semutnya ga jadi deh dan gulanya aku masukin tempat sampah hihiiii...
Ternyata dengan adonan kulit yang tanpa gula itu rasanya jadi pas banget...
Ada crumble juga... diadonan crumble aku tambah dengan kayu manis bubuk. Hmm.... rasanya jadi enaaaaak plus krenyes-krenyes...

BANANA CRUMBLE PIE

Adonan Kulit :
200gr Tepung terigu
100gr Margarin
1btr Telur

Isian :
300gr Pisang, potong-potong
45gr Susu kental manis putih
200cc Air
20gr Maizena
10gr Margarin
1sdm Gula pasir
1/2sdt Pasta vanilla
1 Kuning telur

Adonan crumble :
50gr Tepung terigu
37gr Margarin
25gr Gula pasir
1/2sdt Kayu manis
kismis dan kenari secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Siapkan loyang pie diameter 20cm, Sisihkan. Panaskan oven.

2. Campur semua bahan kulit, aduk dengan garpu atau pisau pastry ato chooper hingga berbutir-butir. Ingat ya... jangan menguleni adonan pie dengan tangan karena suhu tangan membuat kulit pie menjadi keras. Setelah adonan pie sudah berbutir-butir kemudian bulatkan (sampai disini, boleh disimpan dulu di lemari es untuk hasil yang lebih kres) untuk adonan yang ini tadi langsung aku tipiskan dan aku cetak diloyang. Rapikan sisinya biar keliatan cantik, jangan lupa tusuk-tusuk dasar kulit supaya ketika di panggang adonan tidak menggelembung. Kemudian kulit pie kurang lebih 10 menit.

3. Untuk isian : campur air, susu kental manis, gula, maizena dan pasta vanilla. Masak dengan api kecil hingga mengental, tambahkan potongan pisang. Aduk rata. Matikan api kemudian tambahkan margarin, aduk rata. Terakhir tambahkan kuning telur, aduk rata.

4. Tuang isian dikulit pie, ratakan. Tabur dengan crumblenya kemudian kismis dan kenari cincang. Panggang hingga matang, aku ga tau berapa lama karena tadi tak tinggal kesana kemari tau-tau udah mateng aja, hihiiiii

5. Untuk bikin crumblenya : campur semua bahan, aduk rata dengan garpu hingga berbutir.

# satu resep kulit pie dan isian pas untuk cetakan diameter 20cm. Kalo pengen bikin yang crumblenya lebih tebel bisa bikin 2 kali resep crumble diatas.




Rasanya.... aku suka banget, enaklah menurutku... beneran ^^
Oiya ... pisang yang aku gunakan adalah pisang Candi, lupa ga aku potoin yaa.... pisang candi tuh mirip-mirip dengan pisang agung hanya ukuran lebih kecil. Rasanya jelas lebih enak pisang agung yaa... pisang candi ada asemnya klo belom mateng bener. Tapi tidak mengecewakan klo mau dibuat isian puff ato kue-kue yang lainnya asalkaaaan uadh bener-bener mateng ya... sampe kulitnya hitam gitu.

Baiklah.... segini aja ya, hmm....masih ada sisa pisang....enaknya bikin apa lagi yaaa, hihiiii
Udah ah....yang ini aja blom abis...eittss ntah dihari yang mana... besok ato lusa ...jangan kaget yaaa klo ada pisang rebus disini.... hahaaa karena yang punya dapur udah bingung mo dibikin apalagi pisang-pisangnya :D

Happy baking ^^

You Might Also Like

3 komentar

  1. Mba Vivi...
    Boleh bertanya?
    Posting ini ditulis hari Senin kan? Tapi kok di tanggalnya tertulis hari Minggu ya?

    Ima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak... saya menulisnya hari Senin. Kenapa dipostingan hari Minggu ? Sependek yg saya tau krn saya pake blogspot jd waktu postingnya ngikuti waktunya si blogspot berasal... ^^

      Delete
    2. Udah tak rubah waktu Indonesia mbak :D :D

      Delete