Wednesday, 26 April 2017

BOLU GULUNG


Bismillah ...

Bikin bolu gulung udah sering bangeeeeeet.... awalnya sih butuh perjuangan karena emang agak rewel banget, karena kalo terlalu kering bisa pecah-pecah waktu menggulungnya dan kalo blom kering kulitnya jadi basah kemudian klo digulung jadi nglupas dan ga cantik deh. Butuh latihan dan yang penting bener-bener harus memahami si oven nya... wajib tuh hihiiii... klo udah sekali jadi pasti selanjutnya lancar jaya deh... dan pasti selalu kangen gulung menggulung hahaa...

Disini kayaknya udah banyak ya resep Bolu Gulung, ada yang kukus dan ada yang panggang. Dan resep mbak Ricke ini seingatku udah pernah aku tulis deh tapi yang kali ini aku bikin pake loyang ukuran 20x20x3cm jadinya 2 loyang. Yang penasaran sama rasanya ...ayo dong coba bikin. Tidak mengecewakan walopun pake putih telur. Oiya... ada yang istimewa nih, aku pake selai nanas homemade lhooo... jangan nanya resep selai nanasnya ya.. karena aku bikin dari 2 buah nanas entah seberapanya yang aku pake bikin selai itu karena sebagian udah tak maem hihiiii... pokoknya takaran gulanya pake perasaan aja :P

BOLU GULUNG

Bahan :
6btr Telur
90gr Gula pasir
1sdm SP
70gr Tepung terigu
10gr Tepung maizena
10gr Susu bubuk fullcream
1/2sdt Vanilla bubuk
125gr Margarin, cairkan
Selai nanas secukupnya buat olesan

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 30x30x3cm atau 2 loyang ukuran 20x20x3cm alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan. Panaskan oven.

2. Siapkan tepung dan susu bubuk yang sudah diayak. Mikser semua bahan kecuali margarin cair hingga kental berjejak. Masukkan mentega cair, aduk balik perlahan hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada margarin yang mengendap di bawah.

3. Tuang diloyng yang sudah dioles margarin, kemudian oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit.

4. Keluarkan dari oven letakkan di atas kertas roti, oles dengan selai kemudian gulung perlahan dan padatkan.





Sssstttt... maksud hati pengen bikin Tiger Rollcake, tapi apa daya tidak ada keberanian, hahaaa.... apa aku harus pasrah dengan beli aja ? hmm... gimana yaaa... aku tidak bisa menjawab hihiiii
Untuk saat ini menikmati bolu gulung ini aja dulu, ga pake tiger-tigeran... hahaa

Happy Baking ... ^^

Friday, 21 April 2017

KROKET KENTANG ISI KEJU SOSIS



Bismillah ...

Yeayy !! akhirnya bisa move on juga dari pisang, hihiiii...alhamdulillah ^^
Sekarang bikin kroket kentang yuk, lagi ada kentang 3 biji... sebenarnya yang namanya vivi tuh lagi mengurangi mam nasi, nah setiap harinya sebagai pengganti nasi vivi mam kentang rebus ato jagung rebus... itupun klo ga ketemu sambel ...klo udah ketemu sambel dia pasti deh nyari-nyari nasi. Nasi mana nasiii... hahaaa... karena ada yang suka protes karena badan tambah lebar jadi kurelakan untuk mengurangi nasi hemm ^^
Dan untuk gorengan juga... seperti kroket ini, aku sukaaaaaa banget tapi karena konon ceritanya gorengan tuh salah satu makanan yang dapat memicu badan tambah lebar jadi ya "terpaksa " aku kurangi juga.... klo ingat siiiih... klo pas ga ingat ya hap hap aja masuk mulut hihiiiii .... klo di ingat-ingat justru banyak lupanya daripada ingatnya...aiyoooo ngakuo viiiii .... :D :D
Aaaaahhh... segini aja critanya yaaa
Untuk kroket kali ini aku ga mau ribet-ribet karena hari-hariku yang akhir-akhir ini udah ribet banget jadi yang gampang aja. Yaitu kroket yang aku isi hanya dengan sosis dan keju. Gimana rasanya.... ?? bikin yuuukkk ^^

KROKET KENTANG ISI KEJU SOSIS

Bahan kulit :

250gr Kentang, haluskan (ini aku timbang setelah mateng dan setelah dikupas)
15gr Tepung terigu
10gr Susu bubuk fullcream
10gr Margarin
1/4sdt Merica bubuk
Sedikit pala bubuk
Sedikit garam
Sosis dan keju cheddar secukupnya untuk isiannya

Untuk memanir : tepung terigu, tepung panir dan putih telur

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit, aduk rata. Kemudian ambil adonan kulit secukupnya isi dengan sosis dan keju, bentuk sesuai selera, rapikan. Gulingkan ke tepung terigu. Lakukan hingga semua adonan habis.

2. Adonan yang sudah terbalur tepung terigu celupkan ke putih telur yang sudah dikocok lepas, kemudian gulingkan ke tepung panir. Lakukan 2 kali memanir untuk hasil yang rata.

3. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng kroket dengan api sedang hingga matang.

** Untuk menghindari kroket yang meletus saat digoreng, gunakan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, jangan mengisi wajan penggorengan terlalu banyak, sebaiknya menggunakan wajan datar ato wajan yang biasanya tapi menggunakan minyak banyak.... IMHO ^^




Satu resep diatas jadi 9 buah kroket ukuran standart, silahkan aja klo mo bikin dengan isian daging ato ragout. Kalo ga mau ribet kayak aku ya diisi sosis sama keju aja...hihiii
Nih kroket aku goreng semuanya... sekarang nunggu yang mo makan hihiiii. Tadi sih tak incipi separuh yang dipotong tuh... enaaak hahaa...
Baiklah, aku tak kembali keduniaku dulu yaaa yang mo icip-icip kroket dengan isi ala kadarnya silahkan kerumah ^^
Jumat Berkah untuk semuanya...


Thursday, 20 April 2017

PROL PISANG



Bismillah...

Selamat pagiiii, sugeng enjiiing semuaaa... hari ke 20 bulan April, ga terasa bulan April udah mo abis lhoo >,<
Pa kabar nih ?? semoga selalu sehat yaaa... tetep jaga kesehatan karena hari hari terakhir yang tiba-tiba puanas... tiba-tiba mndung... tiba-tiba hujan. Tapi apapun cuaca nya, mo hujan, panas ato apalah... yang penting hati selalu adem yaaa hehee...
Aahaaaiii... kenapa pisang lagi viiiiii ? hihiiii... ini menghabiskan pisang agung yang hampir "espayet" .... sengaja dibikin mateng banget emang karena dari awal pengen bikin Prol Tape, kue yang ga pak ribet tapi enak. Oiya... beberapa waktu lalu... hemm tepatnya beberapa tahun lalu kali ya aku pernah bikin Prol Pisang (silahkan diintip) dan aku suka rasanya. Kali ini bikin pake resep yang beda hasil utak-atik sendiri hihiii tapi klo mo pake resep yang pertama aku bikin itu silahkan aja. Karena mo ada tamu, langsung resep aja ya...

PROL PISANG

400gr Pisang yang udah mateng banget, hancurkan
80gr Gula pasir
20gr Susu kental manis putih
100gr Tepung terigu
50gr Margarin, cairkan
2btr Telur
kismis secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 20x10cm. Alasi kertas roti dan oles margarin. Sisihkan. Panaskan oven suhu 180 derajat celcius.

2. Kocok telur, SKM, gula pasir dan vanilla. Cukup dengan whisker aja hingga gula larut. Tambahkan pisang dan tepung terigu, Aduk rata. Tambahkan margarin cair, aduk rata. Terakhir masukkan kismis, aduk rata.

3. Tuang adonan di loyang yang sudah disiapkan, ratakan. Kemudian oven hingga matang.




Beda prol sama cake klo menurutku.... prol lebih padet mirip puding ato kue bingka, sedangkan klo cake lebih berpori. Mungkin karena proses pembuatannya yang beda ya tapi sama-sama enak. Lebih enak lagi klo bikin hari dimaem besok paginya, heeemmm aroma pisangnya berasa banget ...

Udah dulu yaaa.... nih ada temen wa, mo main kesini katanya, kayaknya dia kangen sama aku hahahaaa, ge
er nih hihiiii...eh sekalian mo tk suruh makan kue ini hahaa...

Happy baking Moms ^^

Thursday, 6 April 2017

TELUR BALADO



Bismillah ...

Hihiiii.... ntah kenapa dan bagaimana lelaki ku mau jadi modelnya :D
Sebenarnya ini masakan untuk sarapan kemarin pagi, karena udah jadi kebiasaan disini tuh masaknya pagi-pagi sekali dan sore hari, jadiiii masak ga pernah banyak hanya secukupnya untuk sekali makan. Karena Adek yang jam 6 harus udah siap berangkat sekolah, sooo bayangkan deh jam berapa dia mulai mengurus dirinya sendiri dari bangun tidur, mandi, beresin ini itu, makan sampai ready to go. Dan bayangkan pula dari jam berapa aku nyiapin sarapan... pokoknya kalo ada yang bilang pagi hari tuh hari sibuknya ibu-ibu aku setuju banget... hihiiii
Kemarin tuh ceritanya bikin Telur Balado, udah sering bikin siiih hanya kali ini aja iseng di potoin hahaa. Begitu mateng langsung panggil Mas Fitri minta tolong jadi model, ajaibnya dia langsung mau... dan prosesnya cepet banget, pokonya asal klik aja hahaa... karena kalo lama-lama kuatir modelnya ngambek dan telurnya keburu buat sarapan juga hihiiii... yang dimeja itu juga asal nata aja :D
Yaahh... begitulah deh ..... dan beginilah hasilnya :D :D aaaaahh... dia kaku bangeeeet, ga ada bakat-bakat jadi model hihiiiii tapi yaaa paling tidak dia udah mau tanpa dipaksa lah :D
Semoga suatu hari nanti dia mau untuk jadi modelnya lagi hihiiii.

Kalo denger kata Balado yang ada dipikiran kita adalah tentang merahnya cabe dan rasa pedasnya karena bumbu balado berasal dari cabe yang ditumbuk kasar. Tapi yang aku bikin kali ini adalah balado yang ga ada pedes2nya hahaa... tetep dengan cabe giling tapi aku hanya menggunakan cabe merah besar aja, anggap aja ini Telur Balada ala vivi bangeeet :D  :D

TELUR BALADO

Bahan :
5 butir telur, rebus kemudian kupas. Goreng hingga berkulit.
3lbr Daun jeruk, buang tulang daunnya
1bh Tomat, potong-potong
1sdm Air asam jawa
Garam, gula secukupnya
3sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu tumbuk kasar :
6btr Bawang merah
7bh Cabe merah besar

Cara membuat :

Panaskan minyak, tumis bumbu dan potongan tomat,  tambahkan daun jeruk aduk rata. Kemudian tambahkan air asam jawa, gula dan garam. Aduk rata. Terakhir masukkan telur, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan telur. Siap dihidangkan.

# Jika ingin pedes tambahkan cabe rawit sebanyak yang kalian mau, hihiiii  ato bisa juga di campur dengan cabe keriting.





Hemm... hari ini, sampai jam segini aku blom masak apapun gara-gara dari pagi udah ulen-ulen tepung. Tadi pagi adek sarapan sama nugget, mas Fitri sarapan sama pisang rebus, so simple ... Oiya... tadi pagi-pagi sekali disini udah hujan... brenti... trus hujan lagi, nih baru brenti lagi hujannya,  masih mendung juga. Klo kayak gini nih bawaannya pengen ngemil terus... ntah yang keberapa malkis abon ini masuk mulutnya hmmm..
Sekian aja yaa... malkisnya udah tinggal satu nih, hahaa...

Happy Cooking Mom's

Wednesday, 5 April 2017

KUE LUMPUR PISANG



Bismillah...

Yeayy !! ... pisang lagi, hihiiiii
Tiba-tiba terpikir untuk bikin Kue Lumpur gara-gara hari Sabtu kemarin wantu arisan dirumah tetangga salah satu kue suguhannya adalah Kue Lumpur. Kalo diliat bentuknya siih ...kayak Kue Lumpur Lapindo yang lentur banget tuh tapi waktu itu aku ga makan karena aku lebih memilih wajik dan kroket dengan ukuran mungil sementara Kue Lumpur jaaaaauh lebih gede dari ukuran wajik dan kroket itu.
Naaaahh... masih dalam rangka menghabiskan pisang biar ga hadir dalam bentuk pisang rebus ato pisang goreng... mari kita bikin Kue Lumpur Pisang aja. Klo biasanya aku bikin pake campuran kentang kali ini pake campuran pisang lah yaaa... oiya duluuuuu pernah bikin Kue Lumpur Tape tapi ga kepoto, abis dimakan rame-reme hihiiii ..
Masih pake pisang candi yang udah mateng banget...

KUE LUMPUR PISANG

Bahan :

200gr Pisang yang udah mateeeeng, haluskan
50gr tepung terigu
25gr Gula pasir (tergantung tingkat kemanisan pisang)
1btr Telur
2sdm Susu kental manis putih
1/2sdt Pasta vanilla
200cc Santan
25gr Margarin, cairkan
Sedikit garam

Cara membuat :

1. Campur tepung, pisang, gula, telur, SKM, pasta vanilla dan garam, tuang santan sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan margarin cair. Aduk rata.

2. Panaskan cetakan kue lumpur. Tuang adonan, tunggu sebentar kemudian tabur potongan keju dan kismis. Tutup cetakan, biarkan hingga kue lumpur matang.

3. Angkat dan sajikan.

# klo membuat kue-kue tradisional kayak gini aku sarankan untuk menggunakan santan asli yaa...bukannya ga suka dengan santan instan... tapi klo harus memilih aku lebih memilih santan asli, dijamin rasanya beda ^^




Bentuknya mirip banget Kue lumpur kentang padahal aku berpikir adonannya agak kecoklatan seperti warna pisang yang terpapar angin. Rasanya pisang banget... ya iyalah Piiiiii, hhiiii
Oiya ...setelah adonan jadi baru terpikir kenapa pisangnya ga dikukus dulu seperti klo mo bikin Kue lumpur kentang yang kentangnya dikukus dulu, duh pokonya kemarin tuh nyesel banget gitu kenapa kok main aduk2 aja....sempet kepikiran "kira-kira jadi ga yaaa ..." hihiiii... ternyata jadiiiiii... ^^

Udahlah... segini aja yaa, besok-besok semoga bisa bikin-bikin lagi ...
Jajan Pasar Yess !!

Monday, 3 April 2017

BANANA CRUMBLE PIE



Bismillah ...

Senin pagiiiii, ga pagi pagi banget seeeh... hihiii
Ga terasa ya udah hari Senin lagi... sekarang udah bulan ke 4 ditahun 2017. Hmm... bulan April sampe Mei yang lagi sekolah kelas 6, 9, 12 lagi sibuk-sibuknya nih. Begitupun dengan Adek yang sekarang kelas 6, tetep semangat ya semua... kalian pasti BISA !!

Lagi punya stok pisang banyak banget nih, pisang Candi dan pisang Agung, udah bisa dipastikan lah klo dari Lumajang tuh pasti pulangnya bawa pisang banyak banget.... kemarin-kemarin udah dikukus. Karena lagi ga ada yang minta digoreng jadi ya ga bikin pisang goreng hihii...
Ntah ini olahan pisang yang keberapa di blog ku, pokoknya jangan bosen deh ya... kali ini aku bikin Banana Crumble Pie. Kulit pie seperti biasa yang diisi semacam vla gitu yang ada potongan pisangnya. Untuk adonan kulitnya aku pake resep yang kemarin dikasih Arik...(kemarin dia pamer2 bikin pie susu, pake loyang baru... huhh!!) dan isinya ... hmm aku maunya yang ga pisang banget jadiiii aku kasih vla gitu deh. Untuk kulitnya emang tanpa gula, tadinya aku mo tambah gula halus biar ada manis-manisnya tapi karena gula halusnya banyak semutnya ga jadi deh dan gulanya aku masukin tempat sampah hihiiii...
Ternyata dengan adonan kulit yang tanpa gula itu rasanya jadi pas banget...
Ada crumble juga... diadonan crumble aku tambah dengan kayu manis bubuk. Hmm.... rasanya jadi enaaaaak plus krenyes-krenyes...

BANANA CRUMBLE PIE

Adonan Kulit :
200gr Tepung terigu
100gr Margarin
1btr Telur

Isian :
300gr Pisang, potong-potong
45gr Susu kental manis putih
200cc Air
20gr Maizena
10gr Margarin
1sdm Gula pasir
1/2sdt Pasta vanilla
1 Kuning telur

Adonan crumble :
50gr Tepung terigu
37gr Margarin
25gr Gula pasir
1/2sdt Kayu manis
kismis dan kenari secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Siapkan loyang pie diameter 20cm, Sisihkan. Panaskan oven.

2. Campur semua bahan kulit, aduk dengan garpu atau pisau pastry ato chooper hingga berbutir-butir. Ingat ya... jangan menguleni adonan pie dengan tangan karena suhu tangan membuat kulit pie menjadi keras. Setelah adonan pie sudah berbutir-butir kemudian bulatkan (sampai disini, boleh disimpan dulu di lemari es untuk hasil yang lebih kres) untuk adonan yang ini tadi langsung aku tipiskan dan aku cetak diloyang. Rapikan sisinya biar keliatan cantik, jangan lupa tusuk-tusuk dasar kulit supaya ketika di panggang adonan tidak menggelembung. Kemudian kulit pie kurang lebih 10 menit.

3. Untuk isian : campur air, susu kental manis, gula, maizena dan pasta vanilla. Masak dengan api kecil hingga mengental, tambahkan potongan pisang. Aduk rata. Matikan api kemudian tambahkan margarin, aduk rata. Terakhir tambahkan kuning telur, aduk rata.

4. Tuang isian dikulit pie, ratakan. Tabur dengan crumblenya kemudian kismis dan kenari cincang. Panggang hingga matang, aku ga tau berapa lama karena tadi tak tinggal kesana kemari tau-tau udah mateng aja, hihiiiii

5. Untuk bikin crumblenya : campur semua bahan, aduk rata dengan garpu hingga berbutir.

# satu resep kulit pie dan isian pas untuk cetakan diameter 20cm. Kalo pengen bikin yang crumblenya lebih tebel bisa bikin 2 kali resep crumble diatas.




Rasanya.... aku suka banget, enaklah menurutku... beneran ^^
Oiya ... pisang yang aku gunakan adalah pisang Candi, lupa ga aku potoin yaa.... pisang candi tuh mirip-mirip dengan pisang agung hanya ukuran lebih kecil. Rasanya jelas lebih enak pisang agung yaa... pisang candi ada asemnya klo belom mateng bener. Tapi tidak mengecewakan klo mau dibuat isian puff ato kue-kue yang lainnya asalkaaaan uadh bener-bener mateng ya... sampe kulitnya hitam gitu.

Baiklah.... segini aja ya, hmm....masih ada sisa pisang....enaknya bikin apa lagi yaaa, hihiiii
Udah ah....yang ini aja blom abis...eittss ntah dihari yang mana... besok ato lusa ...jangan kaget yaaa klo ada pisang rebus disini.... hahaaa karena yang punya dapur udah bingung mo dibikin apalagi pisang-pisangnya :D

Happy baking ^^

Saturday, 1 April 2017

SPONGE CAKE PANDAN KEJU



Bismillah,

Salam jumpa lagi di blog yang udah terlalu lama terabaikan. Maafkan daku,,, walopun aku ga tau harus minta maaf ke sapa .... ke blog ku kah ato ke temen-temen yang bolak-balik nanya "kapan blog nya update ato itu blog udah terlalu lama di anggurin ato blognya udah bulukan tuh ato kenapa sih ga ngeblog lagi " ... aaaahh kemarin-kemarin pertanyaan itu sama sekali tidak menggangguku karena aku lagi sangat-sangat menikmati kehidupan dunia nyataku. Tapi seberapa lama aku bertahan ? karena semakin kesini aku semakin rindu kamera dan segala pernik-perniknya hihiiii... liat foto2 keren semakin gatel aja nih tanganku.
Baiklah.... aku ucapkan terima kasih yang terhingga buat temen-temen yang selalu memberi aku semangat (temen-temen grup dan temen-temen baking.... luv u all gengs)... lebih-lebih untuk lelakiku Mas Fitri, luv u sooooo.
Mbakyu Rina Audi... makasih buanyak perhatiannya, maap ya mbakyu, kemarin-kemarin ga pede banget balas komennya di foto Bakpia Basah, hihiiii

Okay, kali ini aku bikin Sponge Cake Pandan Keju... hanya sponge cake biasa yang ditambahkan perasa pandan. Sponge cake yang aku bikin kali ini pake All In One Methode yaa, kalo mo pake cara seperti sponge cake pada umumnya juga ga papa sih. Sponge Cake ini bisa untuk base tart ato bisa juga buat cake potong. Klo mau rasa yang lain seperti moca, vanilla... tinggal diganti perasa ato pastanya yaaa.... hmm aku rasa kalian lebih pinter daripada aku ^^

SPONGE CAKE PANDAN KEJU

Bahan :

6 btr Telur
150gr Gula pasir
1sdt SP
200gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
20gr Susu bubuk fullcream
1sdt Pasta pandan
150gr Margarin (cairkan)
Buttercream secukupnya untuk olesan
Keju cheddar secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan oven. Siapkan loyang, alas kertas roti dan oles rata dengan margarin. Sisihkan.

2. Dalam satu wadah, kocok telur, sp, gula, pasta pandan, tepung terigu dan susu bubuk (all in one methode) hingga mengembang berjejak, matikan mikser dan tambahkan margarin cair. Aduk balik hingga rata.

3. Tuang adonan di loyang, ratakan dan oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

4. Oles buttercream ketika cake udah bener-bener dingin, kemudian tambahkan keju cheddar parut.

# satu resep bisa untuk loyang kotak ukuran 22x22x4cm 1 loyang ato 10x30x3cm 2 loyang, ato loyang bulat diameter 22cm.




Hemmm... sarapan cake pandan di Sabtu pagi ini plus ngopi ..
Ini bener-bener abis poto-poto, edit langsung uploud blog...sambil ngemil cake pandan. Hahaaa semangat sekali ya akuuuu, semoga semangat yang tidak memudar, hmm ^^

Happy weekend ya semuanyaaa...