Wednesday, 22 November 2017

BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU



Bismillah ...

22 Nopember, maaaap baru bisa hadir disini. Lagi banyak yang dikerjain nih di dunia nyata, sekali lagi maaf yaaa...
Pa kabar kalian, udah pada musim hujan kah disana ?? pastinya yaa.. sepertinya hanya ditempat ku yang hujannya datang belakangan. Tiap kali musim hujan disini selalu belakangan jadiii ketika didaerah lain udah hujan deres bahkan sampe banjir-banjir disini blom juga sekalipun. Yang kali ini aja, udah dari kapan itu temen-temen udah cerita hujan tapi disini baru 2 kali hujan, hari Sabtu kemarin deres banget dan semalam tapi ga deres. Disukuri aja lah, walopun kadang suka cemburu jika ada temen-temen  crita tentang hujan ato nulis status "hujan deres nih..." hehee..
Hmm.. kenapa ya klo hujan-hujan kok selalu  ingat cemilan ato selalu pengen ngemil, apa kalian juga merasakan hal yang sama ? yang namanya gorengan yang masih anget rasanya kok nikmat banget pas musim hujan tiba. Lupa diet lah klo kayak gini hahaa, ntar musim hujan lewat yang ada badan tambah lebar huhuuu..
Untuk cemilannya nih... klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ?? bikin yang gampang aja, yang bisa disimpen dikulkas dan yang pasti disuka orang rumah. Kalopun pengen bikin yang langsung bikin juga bisa, yang gampang-gampang aja, yang ga ribet dan yang tingkat kegagalannya kecil banget hahaa.. mungkin seperti pisang goreng, sus goreng, terbul mini ... gampang banget kan bikinnya. Aku yakin kalian pasti lebih jago lah dalam hal ini... vivi mah ilmunya masih seuprit, sok-sok kasih tau lagi hahaa..
Dan kali ini aku bikin Brota, mungkin ga banyak yang mengenal jajanan ini. Kue yag mirip pastel tapi isinya kacang ijo yang kayak isian onde-onde tapi ditambah kapulaga. Bisa dibayangin kan yaa...biasanya dibikin homemade dirumah-rumah warga keturunan Arab dan dijual beku. Naaahh... aku pernah dikasih sama ammahku dan tertarik untuk bikin. bikinnya seperti bikin pastel pada umumnya.

BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU

Bahan kulit :

250gr Tepung Terigu (vi pk segitiga)
1 kuning telur
50gr Margarin
4sdm Minyak goreng
100cc Air (jangan dituang semua)
Sedikit garam

Bahan isi :

250gr Kacang ijo kupas rendem 2 jam
100gr Gula pasir
1/2sdt Garam
Kapulaga secukupnya (boleh pake vanilli bubuk jika tidak suka dengan kapulaga)
Air secukupnya (bisa diganti dengan santan)

Cara membuat :

1. Cara membuat isi : kukus kacang hijau yang telah direndem hingga empuk dan haluskan selagi panas. Kemudian campurkan semua bahan isian, tambahkan air secukupnya aja dan masak dengan api kecil, hingga air menyusut dan adonan padat. Bulatkan kacang ijo secukupnya aja, sesuaikan dengan diameter kulitnya. Lakukan hingga habis dan sisihkan.

2.  Campur semua bahan kulit, kemudian uleni hingga kalis (untuk pemakaian air, tunag secukupnya dulu) Kemudian giling tipis dengan menggunakan gilingan pastel (jangan terlalu tipis ya) cetak bulat kurang lebih diameter 8-9cm.

3. Ambil selembar kulit, letakkan isian ditengah kemudian tutup dengan selembar kulit lagi. Pilin pinggirnya, pelan-pelan aja ya milinnya biar cantik dan seksi tapi kalo udah mahir milin sambil merempun pasti cantik, hahaa.. lakukan hingga habis.

4. Bisa langsung digoreng atooo... bisa disimpen dulu di freezer. Kalo mau disimpen difreezer, bekukan dulu satu-satu tujuaannya supaya ga saling nempel satu sama yang lain.

5. Satu resep isian itu bisa untuk 2 resep kulit nya atau klo kebanyakan bikin 2 resep kulit pastel isinya bisa digunakan untuk isian yang lain.





Untuk cemilan yang yang dibekukan gini nih... jika mau digoreng disarankan untuk terlebih dulu dikeluarkan dari freezer hingga suhu ruang. baru setelah itu digoreng. Diwaktu senggang kita bisa bikin beberapa kue-kue yang bisa dibekukan jadi ketika sewaktu-waktu kita butuh tinggal keluarin harta karun yang ada dalam freezer... asik kaaan ?? klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ... hahaa
Udah siap untuk bikin cemilan hari ini.. ??

Musim hujan gini, tetep jaga kesehatan yaa... siapkan makanan hangat untuk keluarga tercinta Moms... ^^

Monday, 16 October 2017

CAKE TAPE


Bismillah ...

Haiihaiiii... duh udah pertengahan Oktober nih, dan aku baru posting 1 artikel aja lho, padahal niat awalnya tuh pengen rajin posting tapi selalu ada sesuatu yang membuat aku ga bisa jenak duduk manis di depan laptop. Bulan ini diawali dengan keruwetan hingga kecapekan hahaa ( baru jalan separuh bulan udah mengeluh yaa vivi niih ), rasanya aku tidak menemukan kalimat yang pas untuk menggambarkan keadaanku hahaa, pokoknya ya begitulah ... hingga akhirnya aku harus istirahat ... lebih tepatnya dipaksa istirahat hmm... dipaksa istirahat dengan kerjaan yang masih menumpuk itu sesuatu banget lho... rasanya badan ada di mana dan pikiran ada dimana hahaa, parraaahhh... Bisa dibilang aku adalah termasuk orang yang ga bisa diam jadiii klo disuruh diam tuh ughhhh rasanyaaa .. >,< ... dan bikin cake tape ini sebenarnya udah beberapa hari lalu ... gara-gara keruwetan itu jadilah baru kali aku bisa nulis disini, tapiiiii sebenarnya sih kemarin-kemarin ya sukanya emang nunda-nunda posting siiihh.. hahaa ya udahlah yaaa

Tape  adalah makanan yang dihaslkan dari proses fermentasi. Biasanya makanan yang difermentasikan itu adalah singkong dan ketan. Untuk menghasilkan tape itu prosesnya mudah sekali, singkong atau beras ketan yang udah dimasak kemudian didinginkan hingga bener-bener dingin kemudian diletakkan dalam sebuah wadah yang dialas daun pisang, selanjutnya tambahkan ragi yang udah dihaluskan. Singkong yang udah diberi ragi kemudian ditutup dengan daun pisang hingga rapat, dan diamkan hingga 2-3 hari. Muah bukan bikinnya... untuk yang tape ketan ga jauh-jauh bedalah cara bikinnya. Tape singkong dan tape ketan, dua-duanya vivi udah pernah bikin dan sukses jadi tape manis, horreeeee ... tapi aku merasakan kok rempong sekali ya bikinnya mending belilah haahaa tapi yang pengen coba-coba bikin ya ga ada salahnya untuk dicoba, seperti vivi waktu itu ^^
Dan iniiii bikin cake tape yang kesekian kalinya, hehee rasanya ga ada bosennya ya dengan cake klasik model kayak gini. Resepnya aku ambil dari Sajian Sedap.

CAKE TAPE

Bahan :

150gr Margarin
150gr Gula pasir
1/4sdt Garam
150gr Tape singkong, haluskan
3butir Telur
150gr Tepung terigu protein sedang
1sdt baking powder
50cc Susu cair
Keju cheddar parut dan kismis seecukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan. Siapkan loyang 20x20x4cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Kocok margarin, gula pasir dan garam selama kurang lebih 7 menit atau hingga lembut. Masukkan tape singkong. Kocok rata.

3. Tambahkan telur satu per satu.. Kemudian tambahkan tepung terigu dengan susu cair bergantian dan dikocok perlahan hingga rata.

4. Tuang ke dalam loyang, tambahkan keju parut dan kismis. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.




Tapenya aja udah enak banget, maniiiiiiis, pulen banget dan ga berair . Dibikin cake jadi tambah enaaaak, beneran deh. Liat tuh yang udah dipotong, kliatan lembut banget kaaan... Sebenarnya ini adalah tape oleh-oleh saudara yang tinggal di Bondowoso. Pernah denger kota Bondowoso kan... itu lho sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan tapenya. Klo dari Probolinggo butuh waktu kurang lebih 2-3 jam untuk bisa sampai kesana. 
Baiklah... segini aja yaaa..kalo mo cari resep cake tape yang lain silahkan buka halama yang lain disini. 

Selamat malam, happy baking ^^



Friday, 6 October 2017

ROTI ISI PISANG



Bismillah ...

Penggemar rerotian mana suaranya .. hahaaa
Waktu itu mas Fitri mau ke Jakarta, aku bangun jam 2 pagi nyiapin sarapannya (sarapan kah ? bukanlaah yaa... lebih ke nyiapin sesuatu pengganti sarapan karena masih pagi buta hihiii). Kenapa harus pagi-pai sekali karena pesawat berangkat jam setengah 6 pagi, sementara jarak dari Probolinggo-Surabaya kurang lebih 3 jam an dan harus ada sedikit waktu sebelum berangkat biar ga keburu-buru di bandaranya, hmm kalian-kalian yang jauh disana yang blom pernah tau Probolinggo bisa dibayangkan yaa... seberapa jauh dari Surabaya ke Probolinggo. Ehhh... Proboliinggo tuh asik lho, biarpun aku ga lahir disini tapi udah lumayan lama lah aku tinggal disini. Pengen tau pasir berbisiknya Gunung Bromo atau Kuda Cipta Wilaha nya BJBR atau nyobain snorkling di Pulau Gili atau amazingnya air terjun Madakaripura... datang lah ke Probolinggo...hahaa vivi promooooo ?? tidaklaaah ... hanya kasih tau aja hemm ^^

Baiklah kembali ke roti yaaa... aku yakin kalian udah pada mahir bikin roti dan hasilnya jauh lebih sempurna dari yang aku bikin ini. Pada dasarnya roti adalah adonan tepung yang difermentasikan dengan menggunakan ragi tapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Dinegara tertentu kehadirannya dianggap penting sekali karena roti adalah makanan pokok. Daaan beda klo disini roti dianggap cemilan lho apalagi roti manis yang ada isiannya...klo roti tawar masih banyaklah yang digunakan untuk sarapan sebagai pengganti karbohidrat. Karena sebagian orang di Indonesia blom merasa makan klo blom makan nasi hahaa...begitulah kira-kira. Dan itu juga terjadi pada "lelakiku" ... dia adalah penggemar roti tapi menurut dia roti tidak bisa menggantikan nasi jadiiii klo pun dia udah maem roti 3 biji klo blom maem nasi yang ada dipikirannya ya blom makan dan masih nyari nasi. Yasudahlah... memang begitu adanya hahaa
Sebenarnya bikin roti tuh ga susah kok, yang susah itu ngulennya harus sampai kalis elastis... ini wajib yaa karena kalo enggak sampai kalis elastis adonan roti akan keras dan pernah tau kan ada roti yang masih bau ragi banget ... ?? itu dikarenakan kurang ngulennya. Pokoknya klo mo bikin roti siapin tenaga untuk ngulennya,anggap aja fitness eeyyy... hehee tapi klo kalian punya mikser yang bisa untuk mengulen itu lebih bagus lagi, kapan-kapan aku pinjem yaa... karena aku ga punya hihiii... gara-gara ga punya itu aku klo bikin rerotian aku ulen pake food processor ... bikinnya ga pernah banyak, wong yang makan juga ga banyak... klo banyak-banyak ngulennya jebol food processorku hahaa.. 
Kali ini resep diadaptasi dari Sajian Sedap... oiya ada beberapa resep roti disini karena pada dasarnya aku penggemar berat rerotian jika kalian ingin coba-coba silahkan cari resepnya disini.

ROTI ISI PISANG 

Bahan :

400gr Tepung terigu protein tinggi
15gr Susu bubuk
75gr Gula pasir
2sdt Ragi/fermipan
1btr Telur
165cc Air
50gr Margarin
1/2sdt Garam
Pisang rebus secukupnya
Susu cair secukupnya untuk olesan
Keju parut secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula hingga rata. Tambahkan telur, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni hingga elastis. 

2. Bulatkan adonan kemudian letakkan dalam wadah, tutup plastik dan diamkan selama 30 menit. Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masin 50gr, bulatkan. Diamkan kembali selama 10 menit.

3. Tipiskan adonan memanjang, letakkan pisang pada salah satu sisinya.  Kerat-kerat tidak putus adonan pada sisi yang lain kemudian gulung. Rapikan dan rekatkan sambungannya. Letakan diloyang yang sudah dioles margarin.

4. Diamkan selama kurang lebih 60 menit atau hingga mengembang 2kali lipat. Oles dengan susu cair, kemudian tabur keju. Panggang dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.

Fungsi garam pada adonan Roti :
1. Memberikan aroma dan rasa
2. Mengatur kadar peragian
3. Memperkuat gluten (protein terigu yang berperan dalam pembentukan tekstur roti)
4. Memberi warna pada bagian dalam roti.



Mudah kan bikinnyaa... ?? tak kasih tau yaaa... membuat roti sendiri itu jaaaaauuh lebih puas, percaya deh hihiii. Gimanaaa... berani mencoba kaaan... siap-siap banting-banting adonan roti hahaaa
Satu resep adonan bisa diisi macam-macam lhoo... seperti sosis, keju, coklat dll... haiyooo pengen bikin kaaan hihiii... Sekali bikin pasti nagih deh, kayak aku hahaa..

Happy  Baking Moms ^^

Monday, 25 September 2017

NAGASARI / NOGOSARI


Bismillah ...

Jangan boseeeeeenn... klo disini liat pisang lagi... pisang lagi hihiiii...
Yang kesekian kalinya posting foto Nogosari, sebenarnya ini hanya karena aku pengen bikin nogosari aja yang kebetulan dikasih pisang kepok sama umik waktu pulang beberapa hari yang lalu dan daunnya minta juga hehee... waktu kerumah sodara liat kebun samping rumah banyak pisangnya langsung deh tanpa basa-basi bilang minta daun pisang. Maunya minta selembar aja eeehhh... kok diambilin banyak banget itupun sodaraku bilang "ga kurang tah, kok dikit banget" huwaaaa emang mo hajatan taah hahaaa.. Dapat daun pisang segitu banyak udah rejeki banget  ya viiii ... secara di Probolinggo kalo musim angin gini daun pisang pada robek-robek kena angin.
Hmm ngomongin tentang Nogosari nih... Nagasari tuh andalannya cuma disantannya karena bahannya sederhana sekali, hanya tepung beras, santan dan gula. Jadi semakin kental santannya semakin gurih rasanya, kalo aku sih lebih memilih santan segar daripada santan instan hehee... oiya beberapa waktu yang lalu aku pernah liat ada Nogosari potong, sepertinya adonan nogosari yang dicetak menggunakan loyang kemudian dipotong-potong dan dibungkus daun. Liat bentuknya aja aku udah males mo bikin hihiii... membayangkan klo makan nogosari potong tuh aku akan kehilangan bau daun pisang pada kue nogosarinya. Bau daun pisangnya itu menambah rasa pada adonan nogosari, selain itu... dimana-mana yang namanya nogosari itu ya dibungkus daun pisang kemudian dikukus bareng, hihiii :-D yasudahlah... namanya juga berkreasi yaaa, sangat-sangat ku hargai ^^

Resepnya masih sama dengan yang sudah-sudah, tulis lagi ga yaaa..hehee

NAGASARI / NOGOSARI

Bahan :

225gr Tepung beras Rosebrand
25gr Tepung tapioka
80gr Gula pasir
1 1/2sdt Garam
900cc Santan
1lbr Daun pandan

Pisang dan daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuat :

Campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur. Ambil satu sendok makan adonan atau secukupnya saja, letakkan pada selembar daun pisang, tambahkan sepotong pisang ditengah adonan, ratakan adonan hingga pisang tertutup adonan. Gulung daun pisang yang sudah berisi adonan, lipat kedua ujungnya kebagian tengah. Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus nogosari hingga matang, kurang lebih 30 menit.




Suka banget sama rasanya... oiya menurutku resep ini udah pas banget. Ga terlalu manis, padet tapi lembut. Kan ada tuh yang adonannya lembek kayak bubur gitu ato ada juga yang padet banget. Karena Nagasari identik dengan rasa gurihnya santan maka gunakan santan asli yang kental. Kalo mo pake santan encer juga bisa siiihh tergantung selera aja... mau yang terasa gurih banget ato yang biasa-biasa aja hehee... dan dijamin ga bakalan gagal... ini adalah kue anti gagal hihiii dan buat kalian yang suka sama kue-kue yang tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya nagasari adalah pilihan yang tepat.
Lagi-lagi... Vivi syukaaaa banget sama jajanan tradisional  :-*
Salam Jajan Tradisional ^^

Thursday, 21 September 2017

PEPES TAHU


Bismillah ...
Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan Tempe yang makanan khas Indonesia, Tahu berasal dari China, seperti kecap dan tauco.
Begitu banyaknya olahan tahu yang kita sering temui, mulai yang berupa camilan hingga yang dibuat lauk sebagai teman makan nasi.
Entah kenapa beberapa hari ini pengen banget bikin pepes tahu, pepes tahu yang biasa aja... maksudnya hanya dibumbui bawang merah, bawang putih dan cabe merah aja...(pengennya sih tambahin cabe rawit tapi takut ada yang ga mau makan, hikz..) Kebetulan niiihh... waktu pulang ke Tempeh beberapa hari yang lalu sempet mampir kerumah sodara, eh liat kebon samping rumah yang pohon pisangnya banyak banget langsung deh kepikir untuk minta daun pisang hehee... waktu minta daun pisangnya sih ga kepikir mo buat bikin pepes tapi mo buat bungkus kue Mendut. Eh sampe rumah sini berubah jadi bungkus pepes hihiii..
Dulu ... waktu masih kecil umik sering banget bikin pepes buat lauk makan kami. Biasanya pepes bikinan umik hanya dibumbui bawang merah, bawang putih dan cabe rawit tapi ga pedes. Naaahh... kali ini aku bikin yang seperti itu tapiiii aku tambah telur dan lamtoro (petai cina), kali pertama nih bikin pepes tahu pake lamtoro, klo pake kemangi kan udah biasa tuh hehehee, kalian tau lamtoro ...?? kalo disini lamtoro biasanya untuk campuran bikin botok, ato bisa juga buat bikin sayur asem. Mungkin didaerah lain ada masakan yang menggunakan lamtoro sebagai bahan tambahannya.

PEPES TAHU

Bahan :

400gr Tahu putih, haluskan
6btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2bh Cabe merah besar
1btr Telur
3sdm Lamtoro
Garam dan gula secukupnya
Daun salam secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe kemudian campurkan ke tahu yang sudah dihaluskan, tambahkan telur, lamtoro, garam dan gula. Aduk rata.

2. Ambil daun pisang, letakkan daun salam disalah satu sisinya kemudian tambahkan campuran tahu, gulung dan rapikan. Bungkus seperti membuat pepes. Lakukan hingga habis.

3. Panaskan dandang, kukus pepes tahu hingga matang.



Oiya ... akhir-akhir ini kalo aku dan mas Fitri ke angkringan pasti pepes tahu jadi pilihan kami, mungkin itu juga yang membuat aku pengen bikin sendiri pepes tahu dan aku tulis disini hehee...
Dan ternyata pepes tahu yang dicampur dengan lamtoro itu enak banget lho, hemm yang pasti ada rasa yang lain dari biasanya, heheee... mau mencoba ... ?  ^^

Udah ah... aku sudahi aja, aku ngantuuuuukk huhuhuuu blom kepikir besok mo bikin apa hihiiii
Happy cooking ya Moms

Tuesday, 19 September 2017

SOTO DAGING


Bismillah ...
Soto adalah makanan khas Indonesia, seperti sop yang kuahnya terbuat kaldu daging. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi atau ayam. Biasanya dalam penyajiannya hampir selalu menyertakan sayuran sebagai pelengkap dan tidak pernah ketinggalan bawang goreng dan perasan jeruk nipis. Penambahan bawang goreng dan jeruk nipis pada kuah soto membuat sensasi yang menyegarkan pada kuah soto, maka jangan heran kalo soto banyak sekali peminatnya. Sebuah warung soto di Surabaya sampe antri-antri lhooo untuk bisa menikmati semangkok soto... hmm itu udah cukup sebagai bukti banyaknya penggemar soto.
Beberapa daerah di Indonesia mempunyai soto khas daerahnya masing-masing, tentunya dengan racikan bumbu yang berbeda pula. Karena aku tinggal di Jawa Timur  yang sering aku dapati disini kalo ga soto Lamongan ya soto Madura. Sependek yang tau saya tau Soto Lamongan dan Soto Madura menggunakan koyah kelapa sebagi pelengkapnya, tidak dicampur dikuahnya lho yaa tapi koyah diletakkan dimangkok bersama dengan pelengkap lainnya sebelum kuah soto dituang (bisa dibayangkan kan ya ...) sedangkan koyah itu sendiri terbuat dari parutan kelapa yang disangrai hingga kering kemudian ditumbuk sampai halus. Biasanya untuk soto yang menggunakan daging ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampung, konon ceritanya ayam kampung menghasilkan kaldu yag lebih gurih. Soto bisa dinikmati dengan nasi atau lontong, suka-suka aja, tergantung selera masing-masing.

Duluuu, aku pernah posting tentang soto daging disini... yang kali aku bikin bumbunya beda. Tapi sama-sama enak dan yang ini lebih simpel.

SOTO DAGING

Bahan :
500gr Daging sapi (boleh dicampur jeroan kalo mau)
1 batang Serai, memarkan
3lbr Daun jeruk
2cm Lengkuas, memarkan
2batang Daun bawang, potong kasar
3sdm Bawang putih goreng
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
7btr Bawang merah
5siung Bawang putih
3cm Kunyit
2cm Jahe
4btr Kemiri
1/2sdt Merica bubuk

Cara membuat :

1. Rebus daging hingga empuk, potong-potong dagingnya (ngerebus daging jangan terlalu empuk ya supaya ketika dipotong daging tidak hancur). Sisihkan kaldunya kurang lebih 1000cc.

2. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun jeruk hingga harum. Tambahkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk rata. Tambahkan air kaldu, masak hingga mendidih dan  daging empuk. Tambahkan garam, daun bawang, dan bawang putih goreng. Biarkan hingga mendidih. Soto siap dihidangkan.

** Jika dagingnya berlemak, setelah direbus diamkan dulu didalam kulkas hingga lemak pada kaldu membeku, lemak yang sudah membeku akan mudah diambil atau bisa juga dengan menyaring air kaldu.

** Biasanya pelengkap soto adalah soun, kentang rebus/goreng, potongan tomat, taouge/kobis, seledri, bawang goreng dan jeruk nipis. Tambahkan pelengkap dimangkok ketika soto akan dihidangkan.




Soto dan rawon buat aku adalah masakan andalan klo pas ada tamu, kenapaaa... karena bumbunya bisa dibikin dulu terus disimpen dikulkas kemudian kalo tamunya mo datang tinggal cemplung-cemplung. Selanjutnya yang dipikirkan adalah pelengkapnya, so so simple kan hahaa...

Oiya ... sebelum aku nulis ini aku iseng buka postingan soto beberapa waktu lalu disini, huwaaaa... kenapa panci yang digunakan sama, hahaaa... aku kepingkel :D :D :D yasudahlah...
Udah dulu yaaaa, aku tak buka hp dulu... selama aku nulis ini hp ku bunyi terus hihiiii, sengaja aku abaikan karena klo aku pegang hp ntr malah ga selesai nulisnya hihiiii
Selamat malaaaaaam... happy cooking ya moms ^^

Sunday, 17 September 2017

AYAM SUWIR



Bismillah ...
Haiiii... ketemu lagi dalam vivi sinau masak, kalo vivi bikin kue kan udah biasa yaaa tapi klo vivi masak itu warrrrr biyyasaaa... hahaaa karena semua orang yang tau vivi tuh dijamin ga bakalan percaya klo vivi sekarang bisa masak. Dari teman sampai sodara pun di jamin ga percaya, sangking parrrahnyaaa yo viiiii hihiii seperti beberapa yang lalu ada beberapa temen yang main kesini dan aku masak-masak buat mereka, asiiiikkkk (beneran lho aku yang masak ..) dan waktu itu ada yang  bilang "vi ...iki tenan tah awakmu sing masak, soale aku eleng biyen modelmu iku ga iso masak" huwaaaa aku terlukaaaa huhuuu...  tapiiii semua orang kan butuh belajar tho ga harus dalam hal masak memasak lho yaa... yang tadinya ga bisa jadi pengen bisa gara-gara suka liat orang lain yang pinter melakukan sesuatu ... kalo vivi ga pengen pinter siiih cuma pengen bisa aja udah cukup kok hehee... ya setidaknya bisa pamer-pamer lah keorang-orang terdekat, minimal mas Fitri, kakak dan adek, sukur-sukur klo bisa nyampek ke umik, abi, opek sekeluarga, mamak dan semua-semua deh, maunya gituuuu...heeee
Intinya ... klo kita ga bisa ya harus belajar yaa, klo ga bisa diem aja terus kapan bisanyaaaa hahaa, akhir-akhir ini emang vivi lagi rajin banget belajar masak. Tapi kadang-kadang penyakit malasnya suka datang tiba-tiba ... nah klo udah kayak gitu ujung-ujungnya ya pindah dapur deh atau jajan diluar hihiii selalu seperti itu ya viiii...
Hmm... udah biasa mengolah daging ayam kan ?? aku yakin kalian pasti lebih pinter dari aku lah dalam hal masak memasak, kali ini aku bikin Ayam Suwir. Udah sering banget bikin ayam suwir ini, dari yang pedas sampe yang ga pedas ... dan dirumah ini paling suka yang ga pedas karena yang suka pedas cuma aku hihiii

AYAM SUWIR

Bahan :
250gr Daging ayam tanpa tulang
1sdm Air asam jawa
3lbr Daun jeruk, potong halus

Bumbu yang dihaluskan :
4bh Cabai merah besar
4btr Bawang putih
6btr Bawang merah
1cm Kencur
Garam gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :
1. Rebus daging ayam hingga matang kemudian suwir-suwir.

2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk  hingga harum, kemudian tambahkan ayam yang sudah disuwir-suwir, aduk rata. Tambahkan sedikitt air, garam, gula dan air asam jawa, aduk rata hingga bumbu meresap.

3. Siap disajikan.

** Boleh ditambahkan cabe rawit jika ingin pedas, untuk hasil akhirnya tergantung selera aja ya, mau yang agak basah ato yang kering, klo aku suka yang kering seperti yang difoto.




Yang biasa sarapan pagi dengan nasi ... lauk ini asik banget lho buat sarapan, tinggal siapin nasi anget aja hmm endeesss. Bagi yang suka pedes bisa ditambahkan cabe rawit banyak-banyak deh pada bumbunya, klo aku yang ga pedes aja deh karena klo pedes yakin ga pada doyan hehee kadang klo liat merahnya aja mereka udah curiga kok "ini pedes ga Nda ? " ckckckkk hihiii
Udah dulu yaaa... tunggu besok vivi mo masak apa lagi :D :D

Happy Cooking Moms ^^

KUE WAJIK GULA MERAH



Bismillah ...

Siapa yang ga kenal Kue Wajik ...? Kue Wajik adalah salah satu kue tradisional yang ada di Indonesia, rasanya manis, legit dan khas banget. Bagi orang Jawa kue ini udah ga asing lagi, aku yakin ga hanya di Jawa, didaerah lain juga ada tapi hadir dengan nama yang lain. Pada umumnya kue wajik berwarna coklat, warna coklat itu didapat dari gula merah atau gula jawa sebagai bahan pemanisnya tapi jangan heran kalau kalian mendapatkan kue wajik dengan warna yang lain. Seperti warna hijau misalnya, untuk mendapatkan warna hijau biasanya ditambahkan gula pasir dan perasan air pandan pada proses pembuatannya, tambahan perasan daun pandan selain bisa memberikan warna alami  yang hijau cantik juga untuk memberikan aroma menjadi rasa pandan atau bisa juga ditambahkan durian atau nangka untuk menambah rasa dan aroma yang lain. Kue wajik ini  mudah sekali didapat karena emang bahan dasarnya yang mudah didapat dan mudah cara membuatnya tetapi biasanya sering hadir dalam acara-acara istimewa seperti lamaran atau pernikahan sebagai salah satu kue hantaran yang wajib bagi orang Jawa. Jadi jangan heran jika dalam sebuah acara lamaran terdapat Kue Wajik yang dihias cantik diantara kue-kue modern yang lain.
Dalam pernikahan adat Jawa Kue wajik atau kue apapun yang berbahan dasar ketan bukan dianggap sebagai sekedar jajanan tetapi mempunyai makna yang sangat dalam yaitu semacam simbol dalam merajut bahtera rumah tangga. Diharapkan suami istri yang sudah menikah lengket dan melengketkan seperti tekstur ketan yang lengket dalam merajut bahtera rumah tangga, abadi selamanya hingga maut memisahkan.
Dan ini masih berlaku dalam keluarga besarku, walaupun aku terlahir dari 2 budaya yang berbeda tetapi aku masih merasakan kentalnya adat Jawa ini.

Karena aku adalah salah satu peggemar kue tradisional maka Kue Wajik masuk dalam daftar kue tradisional yang "HARUS"  aku coba. Pokoknya udah lama banget aku ngincer pengen bisa bikin kue ini, tapi karena sering melewati hari-hari yang sibuk (sibuk opo yo viii... ) dan banyaknya kue-kue yang juga pengen aku coba jadiiii ya baru sempet kali ini lah bikinnya... sebenarnya siih alasan "sibuk' tuh udah basi banget yaaa buat vivi tapi aku mau cari alasan yang lain tuh ga ketemu-ketemu, juga aku kuatir ntar alasannya ga sesuai kan aku jadi ga enak yaa... hahaa (abaikan...abaikan...)
Resep yang aku coba kali ini punya Mbak Ana Rifana dari Cookpad, makasih ya mbaaak ^^

KUE WAJIK GULA MERAH

Bahan :

500gr Beras ketan
150gr Gula merah, sisir halus
50gr Gula pasir
300cc Santan kental
3lbr daun pandan

Cara membuat :

1. Rendam beras ketan selama 2 jam, tiriskan.

2. Kukus beras ketan yang sudah direndam tadi hingga mengembang dan empuk.

3. Masak santan, gula jawa, gula pasir dan daun pandan hingga mendidih. Kemudian tambahkan beras ketan yang sudah dikukus tadi, aduk-aduk hingga santan terserap habis.

4. Siapkan loyang yang sudah dioles dengan minyak goreng, tuang adonan ketan, ratakan dan tekan-tekan hingga padat. Diamkan hingga dingin dan siap untuk dipotong.

** jangan lupa untuk mengoles cetakan atau loyang dengan minyak goreng supaya adonan ketan tidak lengket ketika di keluarkan dari cetakan.




Gampang kan bikinnya... dan aku suka banget hemm pokoknya bahagia banget bisa bikin kue wajik ini, dulu membayangkan cara membuatnya aja kok kayaknya rempong banget tapi ternyata ga seperti yang aku bayangkan lho... dan ada yang bikin kecewa waktu aku bikin kue wajik ini dialah Si Emmas yang ga suka sama kue wajik ini huhhh!! selalu aku ingat yaaa... tidak semua kue tradisional yang aku bikin dia suka, bahkan banyak ga sukanya deh kayaknya... yoweslaah..
Kapan-kapan mo bikin lagi aaahhh... yang hijau pake perasan daun pandan suji, liat kanan kiri cari orang yang mau bantuin habisin hahaa... karena mas Fitri udah ga bisa diharapkan lagi hikzz...

Dan lagi-lagi... aku adalah salah satu penggemar kue tradisional... dan aku bangga mengakuinya ...hahaa
Baiklah ... udah dulu yaaa, karena ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu jadi sekarang udah tinggal gambarnya... ahhh iku lak wes gayae vivi seeehhh hahaa

Salam Wajik yooo ^^

Friday, 1 September 2017

ONBITJKOEK



Selamat Hari Raya Idul Adha 1438H
TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM
"Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian"

Bismillah,

Obitjkoek adalah spongecake ato bolu dengan paduan rempah dan taburan kenari ato almond... konon ceritanya kue ini berasal dari Belanda. Dinegara asalnya kue ini biasanya terkenal dengan sebutan Kue Sarapan pagi ato Kue Rempah karena emang sring disajikan untuk sarapan sebelum beraktifitas. Rasanya legit dengan aroma wangi rempah. Biarpun mirip spongecake tapi kue ini memiliki tekstur yang kering karena dalam proses pembuatannya tidak ditambahkan lemak (margarin, mentega ato minyak) sama sekali. Karena teksturnya yang kering itu kue ini biasanya disajikan sebagai isian roti tawar, sepotong onbitjkoek dioles dengan mentega kemudian diletakkan diantara 2 lembar roti tawar. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu kini onbijtkoek tidak hanya disajikan pada waktu sarapan pagi aja tetapi justru dijadikan cemilan ato temen minum teh sore hari. Warna coklat onbijtkoek awalnya berasal dari brown sugar tetapi diIndonesia lebih banyak menggunakan gula palem, gula semut, gula aren halus untuk menghasilkan warna coklat alami. Untuk pemakaian tepungnya kalo di resep asline menggunakan campuran gandum hitam sedangkan di Indonesia menggunakan tepung terigu.
Sekarang dengan menambahkan lemak pada adonan membuat kue ini lebih lembut tentunya, dan sering disajikan dalam bentuk spongecake ato muffin. Wangi rempahnya yang terbuat dari campuran cengkeh, kayu manis, jahe dan pala ini membuat kue ini selalu dihati.
Sepertinya kue seperti marmer cake ato cake rempah ini udah ga asing lagi bagiku karena keluargaku sering bikin biasanya menggunakan loyang tulban yang gede tuh. Dulu pernah juga aku dikasih bumbu rempah nya sama sodara yang asli bikinan sendiri. Hmm ... kalo aku mending beli aja deh, kok kayaknya ruwet banget heheee...tapi kalo dikasih ya mau-mau aja siiiih.... seneng pastinya yaa
Oiya dulu pernah bikin Onbitjkoek ini pake resepnya Chef Dedy Rustandi, sekarang beda nih ada yang kasih resep ... eeehh pengennya bikin yang asli Onbitjkoek tapi kok awang-awangen yaa takutnya keras banget trs ga ada yang makan hihiiii

ONBITJKOEK

Bahan :

2 Kuning telur
2 Telur
1/2sdt Emulsifier (vi pake SP)
80gr Gula palem
20gr Gula pasir
50gr Terigu
1sdm Maizena
1-2sdt Bumbu rempah
2sdm Susu kental manis putih
50gr Margarin cairkan
Kenari secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan oven, alas loyang dengan kertas roti kemudian oles dengan margarin. Sisihkan. Ayak tepung, maizena dan bumbu rempah, sisihkan

2. Mikser telur, emulsifier dan gula hingga kental berjejak, turunkan kecepatan mikser. Tambahkan tepung yang sudah diayak, sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Matikan mikser. Tambahkan margarin cair, aduk balik hingga rata.

3. Tuang adonan ke loyang, tabur kenari cincang kemudian panggang dengan suhu 180 derajat hingga matang.

Ketika membuat sponge cake yang perlu diperhatikan adalah 

1. Ketika mengocok gula dan telur harus bener-bener kental berjejak atau ketika kaki mikser diangkat adonan tidak turun.

2. Pencampuran margarin atau mentega cair harus bener-bener rata, lakukan aduk balik hingga spatula menyentuh dasar loyang.

3. Hentakkan adonan yang sudah dituang ke loyang dengan tujuan untuk mengeluarkan geleembung udara pada adonan.




Sebenarnya bikin cake ini udah beberapa hari yang lalu, dan seperti biyasaaa... alasannya sok sibuk sehingga baru kali ini tayang heheee...harap maklum ^^
Dan sekarang kok pengen bikin lagi ya... gara-gara liat bumbu rempahnya yang masih banyak hahaa... tapi asli aku suka banget ...si emas juga hihiiii. Ini aja pagi-pagi bikin terus masih anget langsung poto;poto setelah itu hap...happ...dimaem, dan habis ga sampe sehari hihiiiii ... (jare diet viiii...lali yooo  >,< )

Ok deh, lagi pada sibuk mo masak daging kambing kaaan hehee... selamat masak Ibu-ibu cantik, klo udah mateng kirimin aku yaaa ^^

Friday, 25 August 2017

ROTI TAWAR


Bismillah ...
Diantara keruwetanku masih sempet bikin-bikin, harus sempet siiihh biar ga jenuh hahaa...
Udah lama banget pengen punya loyang roti tawar yang kotak ada tutupnya, heemm bayangin bisa bikin roti tawar kayak di bakery-bakery ituuu. Waktu ke Lumajang beberapa hari yang lalu iseng mampir toko yang jual loyang-loyang... eeeehhh kok mataku langsung tertuju ke deretan loyang roti tawar, huwwaaa ini yang aku cari *berbinar*. Langsung ambil satu lah, harganya bersahabat banget hihiiii.. pokoknya waktu itu aku ambil 3 loyang salah satunya loyang roti tawar itu dan aku hanya bayar  30rb sajjah, hemmm... bahagia banget klo nemu barang murah tapi ga murahan hahaa, emak2 penuh perhitungan ^^

Doeloe ... aku udah pernah bikin roti tawar pake resep NCC, kayaknya ada disini deh. Kemudian bikin yang kedua kalinya... yang ini karena ditantang adek (adek... nda kangen ^^) dia bilang "nda bisa ga bikin roti tawar ? klo bisa, ayo bikin dong... " akhirnya bikin dan ga kepoto, dia seneng banget liat hasilnya dan aku bahagia hahaa... dan yang kali ini bikin adalah yang ke 3 kalinya, masih dengan resep NCC.
Sebelum bikin aku udah liat-liat resep yang lain juga, nyari resep yang pas untuk ukuran loyangnya... karena blom pernah bikin pake loyang itu siiih. Dari banyak yang aku baca ternyata satu loyang yang seperti punyaku tuh butuh adonan roti tawar dengan 250gr tepung terigu atau seperempat resep NCC.
Baiklah... kayaknya aku butuh seperempat adonan saja karena loyang nya cuma satu. Tapiiiii... dalam satu resep NCC telur yang dibutuhkan adalah 2 butir telur untuk 1kg tepung terigu, lha klo mo bikin seperempat resep?? hmm... kayaknya aku lagi males bagi2 telur deh akhirnya aku bikin separuh resep. Lumayan juga lho ngulen-ngulen 500gr tepung terigu sampe kalis elastis... pegeeeeelll hihiiii

ROTI TAWAR

Bahan :
1kg Tepung terigu protein tinggi
11gr Ragi instans
20gr Susu bubuk fullcream
100gr Gula pasir
2butir Telur
60gr Mentega putih
15gr Garam
475cc Air

Cara membuat :

1. Campur dalam wadah : tepung terigu, gula pasir, ragi dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan telur, tuang air secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata.

2. Masukkan mentega putih dan garam kemudian uleni lai hingga adonan kalis elastis. Bulatkan adonan, kemudian istirahatkan hingga menjadi 2 kali lipat, kurang lebih 30 menit.

3. Kempiskan adonan, karena aku bikin cuma separuh resep maka adonan aku bagi 2. 1 adonan untuk loyang roti tawar aku 4 bagian, bulatkan masing-masing adonan kemudian gilas memanjang dan gulung. Lakukan untuk sisa adonan yang lain. Letakkan adonan yang sudah digulung keloyang roti tawar yang sudah dioleh dengan mentega ato minyak, tutup loyang dan biarkan hingga mengembang.

4. Kemudian panggang dalam oven hingga matang.


** Untuk adonan yang lain aku tinbang kurang lebih 50gr, aku jadikan roti sobek yang aku isi vla karena aku masih punya vla sisa bikin sus kemarin dan jadi 2 pizza juga.



Senneeeeeng banget liat hasilnya, lembuuuuut... jadi lupa sama pegel waktu ulen-ulen kemarin hahaa. Oiya adonan roti tawar yang aku jadikan roti sobek kemarin rasanya jadi kurang manis karena bukan adonan roti manis hihiiii...
Eehhh... jadi pengen bikin lagi, hemm tapi aku juga pengen bikin roti manis, duuuuuhh jare ate diet viiiiii, kok pengen roti2 trs siiihhh... >,<

Happy baking Moms ^^

Sunday, 13 August 2017

LUMPIA ISI PISANG COKLAT KEJU



Bismillah ...

Hallooww bananaa, hahaaa ^^
Jadi malu nih blog kok isinya pisang mulu, haduuuuhh... jadi ini ceritanya masih melanjutkan pisang yang kemarin. Hmm... kalo ngomongin pisang nih, hampir setiap pulang ke Lumajang selalu dibawain pisang sama Umik, ntah pisang beli dipasar ato hasil panen. Blom lagi kalo ada sodara datang pasti di kasih oleh-oleh pisang ato lagi main kerumah sodara gitu ya pulang-pulnag bawa pisang, hihiiii ... yah begitulah. Jadi jangan kaget klo disini ada pisang lagi ... pisang lagi ^^

Udah beberapa kali bikin cake yang berbau pisang sekarang pindah ke gorengan. Pisang yang dibikin gorengan tapi yang ga sekedar pisang goreng, nah lho... udah terlalu biasa kalo hanya pisang goreng aja. Kali ini memanfaatkan kulit lumpia sisa bikin martabak tahu beberapa hari yang lalu. Jadiiii... kulit martabak diisi pisang kemudian biar lebih "lezat" dan kaya rasa ditambahkan coklat oles dan keju parut. Hmm... bisa dibayangkan kan ?
Ini mudah banget, yang agak susah adalah melepaskan kulit lumpia satu persatu dengan rapi hihiiii... harus dengan kesabaran yang lebih karena klo kurang sabar kayak aku yang ada malah kulit lumpia pada robek, ughhh !!
Untuk membuat Lumpia Pisang ini bahan yang dibutuhkan adalah kulit, pisang (boleh pake pisang utuh ato yang udah dipotong-potong, coklat oles, keju cheddar parut dan tepung terigu yang dilarutkan dengan air (jangan banyak-banyak bikinnya karena ini hanya digunakan untuk merekatkan kulit lumpia). Cara membuatnya adalah ambil selembar kulit lumpia kemudian isi dengan coklat dan keju parut selanjutnya gulung dan rapikan, oles bagian ujung kulit lumpia dengan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air supaya rapi. Udah gitu aja... gampang banget kan ? ini bisa dibekukan lho, klo bikinnya banyak siiih klo cuma dikit mending segera dimatangkan aja kemuadian  happ! dimaem hihiiii ^^
Oiya ... kasih coklatnya jangan pelit-pelit supaya ketika digigit coklatnya sampe meleleh keluar gitu...hiyyuuu enak bangettt...

Karena aku kurang begitu bisa melepas kulit lumpianya jadi kulit yang bisa dipake hanya 10 lembar itupun ada yang robek hikzz... jadinya pun hanya 10 biji. Aku goreng dengan sedikit minyak 4 biji (yang ada difoto tuh) jadinya malah kayak martabak mini hahaaa, sisanya buat sorenya ...tapi ga aku goreng lagi melainkan aku oven... apa yang terjadi kulitnya kriuk banget hihiiii sukaaaa :D
Ini bikinnya udah lama, hari Senin kemarin kalo ga salah deh, jadi yang pengen silahkan bikin sendiri dirumah karena yang ini udah tinggal gambar  ^^



Apakah pisangnya masih ada Viiiii....?? hahaaa ... sekarang udah abis, kemarin terakhir aku bikin Risole isi pisang coklat keju, ga ada poto-poto karena risole nya aku goreng pagi-pagi banget terus langsung cuz Malang sampe rumah tadi sore.

Udah dulu yaaa, selamat malam semua ^^
Happy banana hihiiiii


Wednesday, 9 August 2017

CAKE PISANG OREO KUKUS



Bismillah ...

Pisang adalah buah yang tak kenal musim, kita bisa dengan mudah mendapatkannya, di supermarket ataupun di pasar tradisional. Kandungan vitamin dan karbohidrat menjadikan buah pisang banyak dikonsumsi dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam makanan olahan sehingga tidak jarang kita melihat produk makanan yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya.
Banyak sekali jenis kue yang menggunakan bahan dasar pisang, biasanya pisang yang ssring digunakan adalah pisang mempunyai aroma wangi yang kuat dan manis sehingga dapat menghasilkan kue yang legit. Untuk mendapatkan aroma khas pisang dibutuhkan pisang yang udah bener-bener mateng atau pisang yang kulitnya udah menghitam. Jenis pisang yang sering digunakan untuk olahan kue biasanya adalah pisang raja dan pisang ambon lokal. Ayooo... yang saat ini  punya pisang yang kulitnya udah hitam tapi bagian dalamnya masih bagus jangan dibuang dulu yaaa... jadikan sesuatu supaya tersaji dipiring ga sekedar pisang heehee

Semoga ga bosen ya, pisang lagi... pisang lagiiii .... Kalo kemarin aku bikin cake pisang yang dipanggang, naah kali ini bikin cake pisang yang dikukus. Kayaknya baru kali ini deh aku bikin cake pisang kukus, hihiiii. Sengaja ga aku kasih gula palem biar kliatan warna pisangnya. Dan oreo ituuuu... hihiiii nemu sebungkus oreo punya kakak kayaknya, aku tambahkan aja daripada ga ada yang makan hahaa

CAKE PISANG OREO KUKUS

4btr Telur
1sdt Emulsifier (aku pake SP)
100gr Gula pasir
130gr Tepung terigu
2sdm Tepung maizena
150gr Pisang, hancurkan kasar aja
100gr Minyak goreng
50gr Susu kental manis putih
6 keping oreo hancurkan kasar (buang krimnya)

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas kertas roti dan oles margarin, sisihkan. Ayak tepung terigu dan tepung maizena, sisihkan. Panaskan kukusan.

2. Mikser gula, telur dan sp hingga mengental. Tambahkan pisang, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung bergantian dengan minyak goreng dan susu. Aduk rata.

3. Bagi 2 adonan. Satu adonan tambahkan oreo. Tuang adonan yang tanpa oreo kedalam loyang, kemudian kukus kurang lebih 10 menit. Selanjutnya tambahkan sisa adonan yang ada oreonya, kukus lagi hingga matang.

** pisang yang sudah dihancurkan warnanya cenderung kehitaman, supaya tidak kehitaman tambahkan sedikit air jeruk lemon atau air jeruk nipis.



Penambahan susu kental manis pada adonan membuat cake menjadi kaya rasa dan lembut, boleh juga mengganti susu kental manis dengan santan kental instan dengan takaran yang sama. Santan akan memberi rasa gurih pada cake.
Hemm... ternyata enak juga pisang ditambahkan di cake kukus, hwoo vii, haloow.... dari mana aja kamuuu, sampe blom pernah bikin cake pisang kukus. Eeehhhh iyaaaa... dulu sih seingatku pernah bikin brownies kukus pisang tapi kayaknya lebih kerasa coklatnya daripada pisangnya... hahaa

Yuk ah pamit dulu yaaa, Hallow Bananaaaa  ^^

Tuesday, 8 August 2017

CAKE PISANG




Bismillah ...

Probolinggo lagi musim angin nih... huuuhh debu dimana-mana, males buka pintu ruang tamu, jendela kamar ga pernah tak buka. Bisa dipastikan klo dibuka pasti debu masuk semua, lha wong ga dibuka aja debu udah masuk. Dan karena angin gede tuh jadi poto-potonya yang biasanya diteras belakang pindah ke ruang tamu (haiyoooo pasti mikir, studio apaan nih kok bisa pindah-pindah hahaa...) karena kalo diteras belakang reflektornya bisa terbang kena angin hihiiii..
Baiklah... mari kita ngomongin kue aja.
Hemm... kok kayaknya di sini banyak banget kue yang berbau pisang ya, semoga ga pada bosen aja. Maklumlah suka dapat oleh-oleh pisang, jumlahnya ga tanggung-tanggung, buanyak banget hihiii
Kali ini bikin cake pisang, seingatku sih blom pernah upload cake pisang seperti ini. Membuat cake nya masih dengan buttercake metode, pasti pada taulah yaa.... yang blom tau bisa baca-baca di postingan sebelumnya. Untuk resep nya aku adaptasi dari Sajian Sedap hanya aja ada sedikit yang aku rubah.

CAKE PISANG

250gr Margarin  (mix butter lebih enak)
100gr Gula pasir
100gr Gula palem
150gr Pisang (hancurkan kasar)
5btr Telur
250gr Tepung terigu
25gr Susu bubuk fullcream
1/2sdt Baking powder
50gr Kismis

Cara membuat :

1. Siapkan loyang 20x20cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan. Ayak tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, sisihkan

2. Kocok margarin dan gula hingga lembut (kurang lebih 7 menit )

3. Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan tepung. Matikan mikser, tambahkan kismis. Aduk rata.

4. Tuang diloyang yang sudah disiapkan, ratakan. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan hingga matang dengan suhu 180 derajat celcius.




Cake model gini nih ga pernah membosankan, selaluuuu suka. Apalagi kalo udah nginep semalam, rasa pisangnya nendang banget heemmm... tapi kayaknya 50 gr kismis kurang deh menurutku karena kismisnya nyaris tak terlihat disetiap potongannya hihiii...
Eeehh... ini poto ala kadarnya banget, karena ambil gambarnya pagi-pagi sebelum berangkat ke Malang, Ga banyak waktu karena setelah poto-poto kue itu harus belanja keperluan Kakak-adek, setelah itu  langsung cuz Malang. Bekas poto-potonya aja ga langsung diberesin, pokoknya langsung kabur aja.... baru diberesin kemarin hihiiiii... Sangking pengennya makan malam bareng mereka sambil dengerin mereka crita, huhuhuuu

Happy Baking Moms ^^

Friday, 4 August 2017

MIE REBUS AYAM KECAP



Bismillah ...

Pagiiiii, udah pada sarapan blom nih... ? hehee
Sarapan mie yuuk, hmm siapa siih yang ga suka mie, yakin deh semua pada suka, ya kaan ?
Dan aku adalah salah satu penggemar mie. Bagi sebagian masyarakat makan mie udah seperti makan nasi, mengenyangkan. Tapi ada pula yang beranggapan klo blom makan nasi rasanya blom makan, nah lho ... bahkan ada yang makan nasi lauk mie, itu udah biyassaaa ... dulu vivi kecil juga seperti itu hahaaa, maklumlah anak desa lah daku nih hahaa...
Disini kita bisa dengan mudah mendapatkan mie, disupermarket tersedia berbagai merk mie kering. Ada yang gepeng, bulet kayak lidi atau ada juga yang keriting. Tergantung kita mo pilih yang mana, sesuai kebutuhan. Klo kita pengen mie basah juga ada ... coba liat disupermarket dibagian yang ada lemari pendinginnya, biasanya suka nongkrong disitu bareng sama kulit pangsit hehee, heemm dipasar tradisional atau tukang sayur biasanya juga ada.
Ada berbagai macam olahan mie, dari mie goreng, mie rebus, tamie, lomie ...aahhh banyak lagi deh. Yang pengen bikin sendiri dirumah tinggal searching google resepnya, hahaaa seperti akyuuuu, yang ga mau ribet tinggal datangi resto-resto... kemudian  duduk manis dan  buku menu dan pilih yang sesuai selera. hehee
Masih ingat kan mie homemade yang aku bikin beberapa hari yang lalu ? dan inilah hasil akhirnya setelah bubug beberapa hari dikulkas. Aku bikin mie rebus aja, karena  mie goreng udah keseringen bikin hahaa..
Bikin mie rebusnya biasa aja sih, kayak bikin mie goreng tapi ga pake kecap. Bumbu yang dihaluskan  cuma bawang putih, bawang merah, merica dan pala. Tumis bumbu halus dengan potongan daun bawang atau bawang bombay. Gunakan kaldu ayam atau air sebagai kuahnya yang dituang menjelang matang, didihkan kemudian siap dihidangkan. Sangat mudah kan ? Oiya ... tambahkan minyak wijen untuk menambah rasa.

Untuk Ayam Kecap, resepnya aku tulis disini yaa

AYAM KECAP

Bahan :

200gr Daging ayam yang sudah dipotong, aku pake paha
Separuh bawang bombay potong-potong (separuhnya buat mie rebusnya)

Bumbu rendaman :
2 siung bawang putih, parut/haluskan
1sdm Saos tiram
2sdm Kecap manis
1/2sdm Kecap asin
1/2sdm saos tomat
Saos cabe secukupnya
1/2sdt Merica bubuk
Sedikit jahe, haluskan
1/2sdt Minyak wijen

Pelengkap : daun sawi yang udah direbus, bawang goreng, acar mentimun, daun bawang iris.

Cara membuat :

1. Aduk rata semua bumbu rendaman, tambahkan potongan ayam, aduk rata. Simpan dalam lemari es (aku simpan semalaman).

2. Tumis bawag bombay hingga harum, tambahkan ayam bersama dengan bumbunya, aduk rata. Masak hingga matang. Tambahkan garam jika dirasa kurang asin (ga usah ditambah air ya)

3. Penyelesaian : Ambil secukupnya mie dalam magkok, tambahkan daun sawi, ayam kecap. Tabur dengan bawang goreng dan daun bawang. Sajikan dengan acar mentimun.




Heemmm.... yum yummm ...!!
Gimana nih... udah kayak bakul mie kan aku ?? gambarnya tuh liat, layak kan untuk dijual hahaaa
Bagi pecinta mie yang selama ini hanya beli kering terus diolah gimana klo kali ini nyoba bikin ? rasakan sensasinya mengulen adonan mie ...hihiiii, tapi liat hasilnya jadi lupa deh sama pegelnya ngulen adonan mie hahaa...

Udah dulu ya, pamiiiiiiit ...
COOK LIKE A CHEF, happy cooking Moms ^^

Saturday, 29 July 2017

CAKE KEJU



Bismillah ...

Cake Keju kali ini dibikin dengan metode Butter Cake, metode butter cake adalah cara membuat cake dengan mengocok mentega atau margarin dan gula hingga tercampur rata dan menjadi lembut, baru setelah itu dicampurkan bahan yang lainnya. Telur tidak dikocok terpisah tapi ditambahkan satu persatu kedalam kocokan margarin/mentega dan gula yang sudah menjadi lembut bergantian dengan tepung terigu. Cara seperti ini menghasilkan cake yang padat. Yang perlu diperhatikan adalah pengocokan margarin/mentega dan gula usahakan sampai bener-bener lembut karena berpengaruh ke hasil cakenya. Oiya ... kalau ingin hasil cake yang lebih bertekstur , pisahkan kuning dan putihnya kemudian kocok putih telur dengan sebagian gula hingga mengembang dan kuning telur kocok dengan mentega/margarin. Kemudian putih telur ditambahkan sesaat sebelum adonan masuk keloyang. Kalau ingin menambahkan kacang-kacangan atau buah kedalam adonan, masukkan kacang dan buah sebelum putih telur dimasukkan.

Yang suka keju mana suaranya niiiiih... hahaa
Bikin cake keju pake loyang barrruuuww... aseeeeekk. Hemm... orang manis itu selalu banyak rejekinya lho, bener deh. Buktinya... ga ada angin, ga ada hujan tiba-tiba ada kurir datang nganterin paket. Sampe aku kaget-kaget... ga ada pesen atau belanja OL apapun kok tiba-tiba ada kurir. Ketika sekilas kulirik pengirimnya sambil corat-coret tuh (paraf pengirim kah itu namanya yaa hahaaa...) dan terbaca jelas pengirimnya Mbakyu Susiasih Handayani, oohohoooo... dirimu sukses membuat aku terkejut mbakyuuuu... #peluk-peluuuuukk... teman yang ga pernah ketemu tapi sering kontak (agak jarang sih akhir2 ini karena kesibukan masing-masing) dan sekarang udah pindah ke Jakarta yang tadinya tinggal di Semarang... huhuuuu waktu di Semarang aja aku blom sempet ketemu sekarang malah tambah jauh lagiiiii, belom sempet kirim kelapa sama pisang juga huhuuu... sebenarnya sempet mau ketemuan siih waktu aku ke Jogja lebaran kemarin bareng Mbakyu Nina juga ... lagi-lagi Allah belom mentakdirkan kami untuk ketemu, ya sudahlaah... Barokallahu ya Mbak Susiiii, makasih buanyak, semoga betah di Jakarta, jangan kayak aku ga betah tinggal disana, maklumlah aku nih emang wajah-wajah ndeso jadi ya nyamannya tinggal ndek ndeso hihiiii...
Oiya ...konon critanya loyang ini dikirim menjelang detik-detik keberangkatan beliau ke Jakarta, huhuuu jadi terharu daku nih hikz...

CAKE KEJU

Bahan :

2btr Kuning telur
2btr Telur utuh
125gr Margarin
125gr Gula pasir
100gr Tepung Terigu
25gr tepung Maizena
50cc Susu cair fullcream
125gr Keju cheddar parut

Cara membuat :

1. Siapkan loyang, alas kertas roti dan oles rata margarin. Sisihkan.

2. Kocok margarin dan gula hingga lembut (kurang lebih 7 menit). Tambahkan telur bergatian dengan tepung terigu dan maizena. Kemudian tambahkan susu cair, aduk rata. Terakhir tambahkan keju parut, aduk rata kembali.

3. Tuang di loyang dan panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang.




Butter cake adalah cake yang pasti jadi menurutku. Ga seperti sponge cake yang jika salah pengocokan akan membuat cake manjadi bantat, jadiiiii silahkan klo mo coba-coba bikin, yakin jadi deh heheee
Cake ini rasanya sesuai dengan namanya... ngeju banget, yang suka keju-keju pas banget nih...
Yang nyebelin adalah si emas nih... ketika pagi itu sarapan cake ini dan secangkir teh tubruk pait aku tanya ada apa dengan rasa cake nya dia bilang rasa tape.... huwaaaaa bukannya beda jauh sekali rasa tape dan keju paaaaaaak hikz hikz... kudu periksa rasa nih, dimana ada tukang periksa rasa yaaa, hahaaaa

Udah dulu yaaaa, happy baking Mom's ^^

Friday, 28 July 2017

EGG NOODLE / MIE TELUR



Bismillah ...

Haaaaiiii... apa kabar niiiih ?? semoga kabar baik yaaa... jangan kayak aku yang tampak luar baik-baik aja tapi sebenarnya lagi galau. Kenapaaaa... karena adek udah masuk asrama bareng kakak (nyantri di tempat yang sama) dan sampe sekarang aku blom dapat khabar dari dia, mereka berdua blom nelpon keaku. Jadii, masih nunggu sampe waktu yang ditentukan dari asrama yaitu tanggal 2 Agustus. Ughhh... seperti biasanya aku ato siapapun juga klo lagi ada yang ditunggu tuh rasanya lamaaaaa sekali, dan seperti biasa juga si emas nih selalu bilang "udah ga usah ditunggu, coba cari kesibukan deh.." huwaaaaa... aku udah sibuk iniiiii, mo sibuk gimana lagi. Akhirnyaaa... aku menyadari bahwa bapak2 tuh beda banget sama ibu2, whatever he say lah... sakarep wes, wong sing ngrasakno lho aku...
Dan ini dia... salah satu caraku mencari kesibukan. Waktu itu jam berapa yaaa... sebelum subuh pokonya, sepiiii sendirii karena si emas lagi ke Jakarta. Kok pengen bikin mie ya, yang dipikirannku sih bukan mau masak mie itu tapi pengen foto2 mie homemade gara2 abis liat foto2 mie hihiiii...
Bikinlah pagi itu juga karena bahannya cuma tepung terigu protein tinggi, telur, garam... hmm ada semua didapurku. Oiya duluuuu... aku udah pernah bikin mie telur ini tapi ga kepoto karena aku kegedean nggilingnya, kok ga cantik gitu... jadi ga tak poto lah hemm
Bikinnya gampang banget, hmm... kayak bikin kulit pastel gitu deh. langsung resep aja yah... tapi lupa nih kemarin liat dimana yaa...maaaap ^^

MIE TELUR

Bahan :

500gr Tepung Terigu Protein tinggi (CAKRA)
4 butir Telur ukuran kecil, kocok lepas
1/2sdt Garam

Cara membuat :

Campur semua bahan, kemudian uleni hingga rata. Diamkan adonan sebentar, kemudian tipiskan dengan menggunakan gilingan mie dengan ukuran yang tebal dulu, lakukan hingga adonan halus. Kemudian bertahap giling dengan ukuran yang agak tipis hingga pada ukuran yang diinginkan. Terakhir giling bentuk mie. Jangan lupa tabur adonan yang sudah digiling dengan tepung tapioka atau tepung maizena.
Jika blom mau dimasak simpan mie dikulkas dengan wadah tertutup, konon katanya bisa tahan hingga 6 hari.





Hmm... seneng sekali liat hasilnya, ternyata aku bisa heheee.. tinggal mo dimasak apa aku blom tau, mie nya masih bubug dikulkas hihiiii, oiya mie ini udah siap diolah lho... tinggal direbus sebentar (kayak klo ngerebus mie tuh) tambahkan sedikit minyak goreng di air rebusannya biar ga lengket, siap diolah deh... Berani mencoba bikin  mie telur kan ? ... siapkan tenaga untuk mengulen, hahaaa... emang mo bikin berapa kilo sih viiiii... ssssttt, ini aku bikin cuma setengah resep aja lhooo :D
Oiya ini solusi tepat bagi para bunda yang pengen putra putrinya maem mi yang bebas pengawet dan bebas pewarna sintetis.

Baiklaaaaah, hari Jumat niiih, Jumat barokah yang buat semuanya....

Wednesday, 24 May 2017

STICK BAWANG




Bismillah...

Hanya stick bawang yang udah seriiiiiing banget bikin.... kenapa sering ? karena bikinnya mudah banget, klo bikin cuma tepung terigu 250gr cepet banget. Lumayanlah buat isi-isi toples, dikunyah-kunyah sambil duduk dibelakang liat ikan.
Ambil gambarnya tadi pagi, cepet-cepetan karena janjian sama tentangga mo takziyah. Dan hasil fotonya... ala kadarnya hihiiii, males mikir wes... yang penting kefoto lah daripada habis masuk perutku semua hihiii... setelah foto-foto lansung kabur, udah ga mikir semua yang masih berantakan diteras belakang. Pulang takziyah.... teteeeeeep masih berantakan dimana-mana, hihiiii..

STICK BAWANG

250gr Tepung terigu
50 gr Tepung kanji
5 siung Bawang putih, haluskan
5 btr Bawang merah, haluskan
1 btr Telur
20gr Margarin
100cc Air (kurang lebih ya... jangan dituang semua)
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (jika suka)

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campurkan semua bahan kecuali air. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga tidak lengket di tangan.


1. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (jangan terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling dengan menggunakan pisau mie yang lebar (pada gilingan mie). Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Ini kriuk banget... bikin ga bisa berhenti mengunyah.
Baiklah segini aja...aku tak siap-siap kabur lagi, ada janji lagi hihiiii... tapi aku ngantuk, huuuuhh

Salam Kriuuuuk ^^

Friday, 19 May 2017

TALAM PANDAN MUTIARA



Bismillah ...

Buat kalian yang suka banget dengan jajan pasar atau kue-kue tradisional kayak saiyah... hehee... pasti jajan pasar yang satu ini udah ga asing lagi yaaa. Menurutku.... beberapa kue tradisional emang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya tapi kalo bikin Kue Talam ini kayaknya ga terlalu ribet ya, mungkin ribet waktu bikin santannya aja. Kalo aku niiih... bikin kue tradisional "harus" pake santan asli bukan yang instan, ntah kenapa ... kok rasanya beda ya menurutku, jauh lebih gurih klo pake santan yang kelapanya diparut sendiri... eitsss... jangan dikira aku marut sendiri lho ya kelapanya, hihiiii tentu tidak ... karena aku punya sesuatu yang hanya dengan masukin potongan kelapa tiba-tiba keluar santan, hahaaa... ga boleh kepo deh kalian hihiii...
Sebenarnya duluuuuu... udah pernah bikin Talam Pandan  hanyaaaa yang ini ada mutiaranya. Jadi cantik kalo ada mutiaranya hihiiii..

KUE TALAM PANDAN

Bahan :
Lapisan pandan :
200gr Tepung beras
50gr Tepung sagu
100gr Gula pasir
400cc Santan
100cc Air daun suji
1sdt Air kapur sirih
1/2sdt Garam

Lapisan putih :
50gr Tepung  beras
25gr Tepung sagu
400cc Santan kental
1/2sdt garam

Cara membuat :

1. Lapisan pandan : Dalam wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, gula dan garam, aduk rata. Tuang santan, air daun suji dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang licin dan tidak bergerindil. Sisihkan.

2. Lapisan putih : campur semua bahan menjadi satu, aduk rata hingga licin. Sisihkan.

3. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan cucing atau mangkok kecil, oles dengan minyak sayur kemudian isi dengan adonan pandan sebanyak 2/3 cetakan. Kukus kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit tuang adonan putih dan mutiara (secukupnya) hingga penuh. Kukus kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, biarkan agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan.

** Untuk biji mutiara nya yang dibutuhkan ga terlalu banyak, jadi merebusnya ga usah terlalu banyak. Tapi kalopun kebanyakan ga apa-apa juga siih, tinggal dibikinin santan manis, jadi deh cendol mutiara. Hihiiii ^^




Cantik kaaaan kalo ada mutiaranya hihiiii... warnanya pas banget, ada ijonya, ada putihnya dan ada merahnya. Oiyaa... pesen ku... klo bikin kue tradisional yang rasa pandan usahakan pake warna asli dari daun suji... selain warnanya yang cantik aromanya juga bener-bener seger daun pandan. Biasanya aku klo bikin air daun suji aku campur dengan daun pandan juga.
Yuhhuuuu.... bagi yang pengen silahkan bikin. Hmm... jadi ingat ada temen yang sukaaaaaa banget sama jajanan pasar, dia selalu ngajari anaknya untuk selalu makan jajan pasar... katanya jajan pasar itu lebih alami, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna dan bla bla blaa.... foto ini buat kamu deh hihiiii

Say "yess" to jajanpasar ^^

Tuesday, 16 May 2017

CHEESE STICK



Bismillah ...

Pagiiiiiiii....
Selasa pagi nih.... jam segini udah keringeten, apa aku yang terlalu banyak gerak sedari pagi ya kok sampe gembrobyos begini.... tapiii beberapa hari ini Probolinggo emang  sumuk banget.
Hmm...aslinya sih Probolinggo tuh daerah panas, tapi ada juga yang dingin seperti di daerah Bromo dan Bremi dan kebetulan aku tinggalnya di daerah yang panas itu hikz hikz...

Eheeeyyyy... ketemu lagi disini, bikin yang kriuk-kriuk lagi yuuuk hihiiii
Mmm... aku baru menyadari bahwa aku blom  pernah posting Stik Keju padahal udah sering bikin lho, ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu siiih, udah abis barangnya hihiiii...
Kebetulan punya keju edam, sebenarnya klo mo pake keju yang lainpun bisa ya ... seperti keju parmesan ato keju cheddar, beda dirasa aja kali ya. Kalo pake edam lebih nendang rasa kejunya. Tapi tergantug selera juga siih, kayak aku nih lebih suka rasa keju yang ringan-ringan aja... kastengel yang full edam aku ga suka hihiiii padahal bukan kastengel klo ga pake edam ya.. huhh!!
Cheese Stick ini aku pake resep nya NCC tapi kejunya aku ganti edam. Udah pada tau kan... ato udah pada bikin yaaa hahaa

CHEESE STICK

Bahan :

300gr Tepung terigu
200gr Tepung sagu
1sdt Garam
4btr Telur (aku pake 3 aja)
30gr Margarin
100gr Keju edam, parut
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan garam, aduk rata. Tambahkan telur, keju dam margarin, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang paling tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (aku ga suka yang terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling adonan dengan menggunakan pisau yang lebar (pada gilingan mie).
Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan cheese stick hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Lagi-lagi... ini yang ga bisa brenti mengunyah, aaaahhhh... hihiiii
Oiya... sebagian orang males bikin cheese stick ini, alasannya males pake acara mengulen tapi kalo tau hasil dan rasanyaaa... hmm aku yakin yang ada pasti males mo beli dan pengen bikin lagiiiii.... hahaa
Udah ah.... pamit yaaaa, jam segini ada didepan lapy kayak ibu-ibu kurang kerjaan aja. hikz...hikz...

Salam Kriuuuuuk ^^

Sunday, 14 May 2017

SUS ISI VLA VANILLA



Bismillah...

Kepengen bikin sus dari beberapa hari yang lalu, kebetulan ada sisa susu fullcream abis bikin kue, lumayan banyak siiih... klo biasanya bikin sus pake resep NCC kali ini aku pengen yang beda... hehee, nemu resep kulit sus yang gampang diingat, tapi untuk isinya aku pake resep NCC. Yuk ah langsung resep aja yaaa... aku lagi ga mau nulis banyak-banyak karena lagi ngerjain sesuatu.... ngerjain apa coba, kok koyoe sibuk banget... hihiiii

SUS ISI VLA VANILLA

Bahan kulit :

200cc Air
50gr Margarin
100gr Tepung terigu (aku pake segitiga biru)
2 btr Telur

Bahan vla :

700cc Susu cair
150gr Gula pasir
50gr Tepung maizena
1/4sdt Garam
2btr Kuning telur
1sdm Margarin
1sdt Vanilla pasta


Cara membuat :

1. Rebus air dan margarin hingga mendidih. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat.

2. Tambahkan telur satu persatu pada adonan tepung tadi sambil diaduk rata atau bisa menggunakan mikser.
Dengan menggunakan piping bag, semprotkan adonan pada loyang, beri jarak ya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 derajat celcius hingga mengembang dan tidak berbusa.

3. Vla : Campur susu, gula, garam, margarin dan tepung maizena. Rebus sambil diaduk-aduk, ketika hampir mendidih kocok kuning telur tambahkan sedikit adonan susu aduk rata kemudian tuang ke adonan vla, aduk cepat dan biarkan hingga mendiidih.

4. Ambil kulit sus belah bagian sampingnya kemudian masukkan vla dengan menggunakan piping bag. Siap disajikan.

** Kalo ovennya ga ada temperatur suhunya, gunakan api yang agak besar ato besar (harap mengenali oven masing2 ya ),  oven sus kurang lebih 15 menit atau hingga adonan mengembang kemudian kecilkan api, oven hingga sus bener-bener kokoh dan tidak berbusa. Ingat !! jangan sekali-kali membuka oven ketika kulit sus blom matang sempurna, jika membuka oven ketika kulit sus blom matang sempurna  mengakibatkan kulit sus mengkerut.




Walopun beda resep rasanya tetep enak kok, apa karena aku doyan ya sama kue yang satu ini. Yang ga enak itu jika isinya keras, warnanya agak bening ...hmm keliatan deh klo kurang nyusu, hihiiii
Akhirnya.... sampai disini aja yaaa, aku akan kembali ke dunia nyata ku :D
Tunggu aku ya... sapa tau aku bikin-bikin lagiiii.... hihiiiii :P

Salam baking ^^

Tuesday, 9 May 2017

PALM CHEESE COOKIES



Bismillah...

Bikin kue kering yuuuuuuk.... heeiheiii udah berasa kayak lebaran padahal masih mau puasa. Bagiku .. makan kue kering ga harus nunggu puasa, klo pengen ya bikin aja... ato kalo lagi males bikin ya beli aja. Yang sering terjadi di aku adalah ketika menjelang lebaran udah ga ada waktu untuk bikin kue kering, akhirnya minta ke Umik deh...biarpun tamunya hanya satu dua tapi lebaran tanpa kue kering tuh enggak banget deh... Oiya kenapa kalo lebaran jarang ada tamu kerumahku ? karena klo lebaran yang punya rumah suka ga ada dirumah hahaa...
Hmm... kue kering yang aku bikin sekarang adalah Palm Cheese Cookies, aku yakin kalian udah pada denger ato udah pada bikin yaaaa... aku nih yang ketinggalan, as always ...
Waktu lebaran taun lalu aku pernah kue ini sama Shely, menurutku sih enak banget... pengen bikin tapi ya ga bikin-bikin. Suatu hari aku dikasih keju parmesan sama Shely, udah lama siiiiih... karena sibuk banget (huhh! sibuk banget jare ...) aku sampe ga bisa mikir keju itu mo tak bikin apa ...(koyo opo sibuk e sampe ga iso mikir viii ..) Baru beberapa hari yang lalu terpikir untuk bikin kue ini, heheee
Sependek yang aku tau... disini kayaknya ga ada yang jual keju parmesan, wong dus buat cupcake aja aku sampe muter-muter nyari ga nemu. Bayangin sendiri ya segede apa kota Probolinggo itu... ^^
Untuk resepnya... dulu aku pernah dikaih sama Shely tapi entah dimana, dan yang ini aku dapet dari cookpad, tapi aku lupa namanya ga aku tulis... mohon yang punya resep ini klo kebetulan mampir disini komen dibawah yaa hahaaa... yang pasti ... aku makasih banget untuk resepnya :*

PALM CHEESE COOKIES

Bahan :

325gr Butter (aku hanya punya 100gr, sisanya aku tambah margarin)
2btr Kuning telur
100gr Keju parmesan, parut
340gr Tepung terigu
Gula palm secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok butter dan kuning telur dengan mikser asal tercampur rata saja.

2. Tambahkan keju dan tepung terigu, aduk rata.

3. Bulatkan kurang lebih sebesar kelereng, kemudian gulingkan ke gula palm hingga rata, tata adonan  diloyang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang

5. Dinginkan dan simpan dalam toples.





Ini enak banget, aku sukaaa...  ngeju banget tapi ga terlalu kuat kayak kalo kita makan kastengle. Konon katanya klo mo bikin kastengle bisa juga di mix antara keju edam dan keju parmesan. Berapa perbandingannya ? ... naaah...itu yang belom aku coba hihiii
Keju parmesan bisa juga untuk taburan pada pizza atau yang paling sering dijumpai adalah untuk taburan pasta.
Okay ...segini aja yaa.. semoga bisa menjadi inpirasi untuk isi-isi toples lebaran... eittss... klo udah pengen duluan ga usah nunggu lebaran bikin aja laah...

Hmm... aku barusan intip cookpad, yang nulis resep ini namanya Andriette Lakshmi ^^

Happy Cookies ^^

Thursday, 4 May 2017

KACANG SEMBUNYI



Bismillah...

Vivi tuh doyan banget ngemil... yang kriuk-kriuk kayak krupuk dan kripik ato kacang-kacangan ato cemilan apapun  .... bisa ga brenti kalo belom habis. Mengerikan yaaa... padahal udah sering baca dan diingatkan kalo cemilan itu bisa bikin badan tambah lebar... apalagi ngemil gorengan tapi yo tetep aja dilanggar... klo ditanya ato ditegur aku selalu bilang ... " duh khilaf..." dan besoknya akan diulang lagi dan lagi.
Apalagi kalo pas lagi perjalanan ke luar kota gitu... selalu minta beliin cemilan, alasanku ... "ntar klo ga ngemil aku ngantuk lho... " hihiiii.... yah begitulah...

Dan ini salah satu cemilan yang pengen aku bikin walopun sebenarnya agak awang-awangen... aku takut ga bisa menggulainya hihiiii... sempet kepikir ga aku gulai aja tapi kok ya ga mirip kacang sembunyi kalo gitu.
Sebenarnya siih... kalo mau beli tuh banyak banget ditoko-toko kue tapiiiii kalo bikin sendiri kan rasanya beda yaaa... yang pasti di rasanya ada bau tanganku hahaaa...

KACANG SEMBUNYI

Bahan kulit :

250gr Tepung terigu
40gr Margarin
100cc Air

Bahan untuk besta :

100gr Gula pasir
4 siung Bawang putih
8 lembar Daun jeruk purut
12 biji Cabe rawit
1sdt Garam
6 sdm Air
2sdm Minyak untuk menumis.

Kacang tanah secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit kemudian uleni hingga kalis. Sisihkan.

2. Giling adonan kulit dengan gilingan pasta dari angka 1 hingga 6. Setelah ditipiskan potong-potong kotak dengan ukuran 3x3cm. Letakkan kacang tanah pada salah satu sudut kemudian gulung, oles air diujung terakhir supaya lengket. Lakukan hingga adonan habis.

3. Kemudian goreng hingga matang. Sisihkan.

4. Haluskan bawang putih, daun jeruk dan cabe rawit kemudian tumis bumbu hingga wangi. Tambahkan gula, garam dan air. Masak hingga kental dan berambut. Masukkan kacang yang sudah digoreng tadi, aduk hingga tercampur rata. Matikan api, tuang dan ratakan  kacang di loyang supaya tidak lengket satu sama lain.

5. Setelah dingin simpan didalam toples.




Kalo mau warna yang agak gelap kayaknya gulanya dicampur dengan gula palem ato gula merah. Tapi ini enak banget dari yang biasa aku beli, rasanya beda... ada aroma daun jeruknya yang pasti ada bau tangan saiyah, huihihihiii...
Bagi yang pengen... silahkan bikin yaaa... untuk yang pemula kayak aku siapkan kesabaran waktu gulung-menggulungnya hihiiii... tapi kalo yang udah biasa kayaknya bisa cepet deh.

Okayyy... salam KRIUK-KRIUK ^^



Wednesday, 3 May 2017

AYAM GORENG TEPUNG SAUS ASAM MANIS




Bismillah...

Pagiiiiii.... udah pada masak blom nih ? jangan kayak aku yang pagi ini belom masak karena dari semalam perutku sakiiiiiit, masak gara-gara kemarin makan cabe 2 biji terus sakit perut sampe segininya yaaa...
Dan ini adalah masakan hari apa yaa... lupa hihiiii...pokoknya udah beberapa hari yang lalu deh. Kemarin-kemarin rempong banget jadi baru bisa nulis sekarang daaaaan koneksi internet yang bikin ngelus dada akhir-akhir ini jadi agaka males mo buka-buka lapy.

AYAM TEPUNG SAUS ASAM MANIS

Bahan :
200gr Fillet ayam, potong-potong sesuai selera tapi jangan terlalu kecil
1 siunng Bawang putih, haluskan
1/4 sdt Merica bubuk
1/4sdt Garam
---------------------------- campur semua bahan, aduk rata, diamkan selama 1/2 jam.

Bahan tepung :
130gr Tepung terigu serba guna
20gr Tepung maizena
1sdt Baking powder
1sdt Garam
1sdt Merica bubuk
-----------------------------campur semua bahan, aduk rata.
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Bahan Saus :
1sdm Margarin
1siung Bawang putih, geprek dan cincang kasar
1bh Bawang bombay (yg kecil aja)
2bh Cabe merah besar, buang bijinya dan potong-potong
4sdm Saus tomat
1/2sdt Merica bubuk
1sdt Mnyak wijen
1sdt Air jeruk nipis
5sdm Air
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat

1. Ayam tepung : Panaskan minyak goreng secukupnya. Gulingkan ayam pada campuran teung terigu, kemudian celupkan ke air es setelah itu gulingkan di campuran tepung sambil diremas-remas. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang.

2. Saus asam manis : panaskan margarin, tumis bawang putih, cabe merah dan bawang bombay hingga harum. Tambamkan saus tomat, merica bubuk, garam dan gula secukupnya, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan mendidih. Terakhir tambahkan minyak wijen dan airjeruk, aduk rata.

3. Hidangkan ayam goreng tepung dengan sausnya.





Huuhuhuuu, yuuum.... Ini Ayam Tepung saus Asam Manis ala vivi, kalo kalian punya resep yang lebih ok, silahkan pake resep kalian aja hahaaa.... tapi ini enak banget kok, sayang nya tadi lupa seberapa banyak waktu ngasih garam gulanya, asal cemplung aja hihiiii.... like a pro yaa... padahal enggak bangggetttt

Happy Cooking ^^