SOSIS SOLO

20:27:00



Bismillah...
Bahwa ngobras di bbm itu ga harus ngerumpi lho...banyak hal yang lebih menarik dari sekedar ngerumpi. Dan yang paling seru adalah menodong si lawan bicara untuk bagi resep hahaaa. Sosis solo ini salah satunya, kisahnya beberapa bulan lalu ngobras sama mbak Susi dan berujung dengan minta resep... sebelum bikin yang ini dulu udah sempet bikin  tapi ga ke poto dan isinya pake daging ayam. Untuk kali ini aku pake daging sapi untuk isiannya. Kebetulan beberapa hari yang lalu abis bikin semur, daging aku sisain sepotong... asal potong aja ga pake ditimbang eh ketika ditimbang 200gr kurang dikiiiiit banget hihiii... dan rencana awal ga buat isian sosis solo tapi ada kue lain yang juga pengen aku bikin tapi yasudahlah nge sosis solo dulu aja udah lama juga ga bikin gorengan...
Mbak Susi bilang untuk bikin kulitnya adalah 1 bagian tepung ditambah 1 bagian telur kemudian ditambah air ato santan sampe adonan bisa dibuat dadar tipis. Duh...susahnya klo ga ada ukuran yang pas buat bahan cairnya, akhirnya keluarin deh ilmu sesat hihiii...maklumlah masih calon pemula nih akunya jadi resep tuh harus jelas takarannya.
Tulis resep dulu yuuk ...mumpung blom ilang nih hihiii

SOSIS SOLO

Bahan kulit :
2btr telur (kira2 aja beratnya 100gr)
100gr tepung terigu segitiga
250cc air ato santan encer (aku pk air)
Sedikit garam
1sdt minyak goreng

Cara membuat :
Aduk semua bahan kemudian buat dadar tipis, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Bahan isi ala vivi :
200gr daging sapi, giling halus
2siung bawang putih haluskan
3btr bawang merah haluskan
1/2sdt merica bubuk
Garam dan gula secukupnya
100cc santan encer
2sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian tambahkan daging sapi aduk rata hingga berubah warna. Tambahkan garam gula dan merica bubuk, aduk rata. Terakhir tambahkan santan encer. Masak hingga santan terserap habis.

Penyelesaian : ambil selembar kulit dadar kemudian tambahkan isi secukupnya. Gulung dan padatkan. Lakukan hingga kulit dadar terisi semua.
Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Celupkan sosis solo ke dalam kocokan telur kemudian goreng. Sajikan sosis solo dengan cabe rawit.



Doeloe sekali pernah bikin juga yang goreng dan yang basah tapi ga pake resep ini klo ga salah waktu itu pake resep dari dawis deh. Biasalah klo pas dawis gitu suka ada yang baik hati bagi-bagi resep. Waktu aku bikin yang basah tuh seingatku penyelesaian akhir dikukus deh... ihh lupaaa, resepnya juga ntah kemana.
Sudahlah...klo mo coba bikin pake resep ini aja kulitnya. Recomended !!  Tapi untuk isiannyaaaa...klo ada resep yang lebih mantap silahkan lupakan resep ini ahaahayy... :D :D
Selamat malaaaam... ^^

You Might Also Like

0 komentar