Saturday, 5 December 2015

SIMPLE SHORTBREAD "tanpa gula"


Bismillah ...
Hmm...di suatu malam tiba-tiba ada temen sekolah bbm
Dia : "pi bikinin aku kukis tanpa gula.."
Aku : "maksudnya ? Kastengel kah ?"
Dia : " bukan piiii...pokoe adonan thok. Tanpa isi  dan tanpa rasa "

Hmm...kukis tanpa rasa, aneh banget yaa.. Tadinya aku bikinin butter cookies ambil resep punya temen di salah satu blog favorit ntah salah dimananya kukisnya lembab gitu sementara luarnya udah kres garing. Menurutku sih gegara pasta vanila yang aku tambahkan tapi temenku bilang ga ngaruh sih karena dia pernah pake vanilla pasta diadonan kukisnya dan kukisnya baik-baik aja. Karena waktu itu nyambi ngerotmar juga akhirnya aku lupakan deh kukis yang lembab itu...konsentrasi ke rotmar dulu ya...aaahh seandainya punya tangan sebanyak gurita yaa..hahaa ga mungkin banget itu viviiii...
Daaaan karena temenku tuh bilang mo mampir rumah sepulang dari Surabaya akhirnyaaa...aku "maksain" untuk bikin, dan ganti resep pastinya...ga bikin butter cookies lagi. Selanjutnya aku cari resep yang simpel ajah...simpel tapi dari baca resep udah kebayang enaknya.
Dan resep itu adalah Shortbread dari Femina, hmm...kayaknya kok enak banget padahal baru liat gambarnya...hahaaa lebay ga sih aku :p
Aku tulis resep aslinya yaa...dan yang aku bikin minus gula. Oiyaa...aku tambahin susu fullcream hehee

SIMPLE SHORTBREAD

Bahan :
300gr mentega asin (aku mix butter dan margarin)
125gr gula bubuk (aku g pake)
350gr tepung terigu serbaguna
2sdm susu bubuk fullcream (tambahan dari aku )

Cara membuat :
1. Aduk mentega dan margarin dengan spatula hingga rata. Tambahkan gula,,aduk hingga berbutir.

2. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit, uleni dengan telapak tangan hingga tidak lengket di tangan. Bulatkan adonan kemudian bungkus dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama 1 jam. Keluarkan.

3. Pipihkan adonan setebal 1.5cm. Potong-potong sesuai selera kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang. Keluarkan dan dinginkan. Setelah dingin simpan kue dalam toples atau wadah kedap udara.
Atau bisa juga dihias dengan coklat blok dengan cara dicelupkan kedalam coklat yang sudah dilelehkan.


Ternyata kukis tanpa gula itu enak juga lho, suer deh...rasanya guriiih gitu. Butternya nendang banget padahal cuma separuh :p Jadi pengen bikin lagi buat cemal-cemil aja hahaa...
Besoknya temenku bilang suka banget sama rasanya...hahaa siplah ;) ;) walopun agak  heran dengan seleranya yang rada aneh __~

Dia adalah...Maria si empunya Maria Salon. Heeeyy...tengkyuu yaaaa tengah malam mampir rumahku hihiii

Akhirnyaa...happy satnight yaa^^ aku tak priper2 mo ke Malang besok.
Malam semuaaaa...♡♡

No comments:

Post a Comment