Saturday, 12 December 2015

BAKPIA BASAH ISI KACANG HIJAU



Bismillah ...
Curcol dikit yaa...ketika temen-temen diluar sana pada cerita tentang hujan disini baru ada cerita tentang mendung dan sedikit gerimis. Gerah ...?? Pastinyaaaa...pun ketika aku nulis ini masih seperti hari-hari kemarin...hari-hari yang selalu gembrobyos keringet. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan menikmati gembrobyosnya keringet hihiii...^^ dan disaat seperti ini mainan air...mandi... pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan air adalah sesuatu yang luwarbiyasa!!
Udah...segini aja curcolnya :P

Dan bakpiaaaaa....hayoo sapa yang blom tau kue ini ?? Disini masih ada yang jual lho, harganya seribuan hahaa isinya kacang ijo yang ada kulitnya. Aku sering beli... dalam hati berkata "suatu hari nanti aku ingin membuatnya sendiri..."
Dan yeay!! Kesampaian deh... resep kulitnya "copas tulus" dari blog nya mbakyu Rina Audy dan untuk isiannya aku ingin yang ga begitu manis karena aku merasa udah terlalu manis jadi kayaknya udah ga butuh kue yang manis-manis deh... #haiss prut!! Hahaa
Isiannya pake resepnya Dedi Rustandi  yang pernah aku tulis disini untuk isian bakpia (setoran LBT klo ga salah)
Langsung resep aja yaa..

BAKPIA BASAH ISI KACANG HIJAU

Bahan kulit :
250gr tepung terigu serba guna
3sdm gula pasir
1/2bks ragi instan
130cc air hangat
2sdm margarin
1/4sdt garam

Cara membuat :
1. Campur bahan kering, aduk rata.
Tuang air sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan margarin, uleni hingga kalis.

2. Fermentasikan adonan selama 45 menit. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 30 bagian atau sesuai selera, bulatkan.

3. Ambil satu bulatan kemudian pipihkan dan isi dengan isian. Rapikan dan tekan supaya pipih. Tata diatas loyang yang telah dioles margarin. Pakukan hingga adonan habis. Kemudian diamkan selama 15 menit.

4. Panggang kue dengan suhu kurang lebih 200 derajat celcius selama 10 menit atau hingga sisinya berwarna kecoklatan. Kemudian balik kue dan panggang lagi untuk sisi yang lain. Jika sisi lainnya sudah kecoklatan angkat dan dinginkan.

5. Simpan kue diwadah yang tertutup rapat.

ISIAN KACANG HIJAU

Bahan :
125gr kacang hijau rendam semalam, kukus dan haluskan.
25gr gula halus
25gr margarin
50gr susu bubuk
50gr keju cheddar parut

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk hingga rata.




Dan hasilnyaa....wow ga kalah sama yang dijual-jual itu. Hmm....kayaknya lebih enak bikinanku deh hahaa...
Akhirnyaa...mbak Rina makacihh yoo ^^
Karenaa...bakpia ini bikinnya juga udah beberapa hari yang lalu jadi yaa yang tertinggal hanya gambarnya...ahh viiii lagu lama itu seeeh ><

Happy bakiiiiing ^^

4 comments:

  1. Hiyaaaa....sama sama. Diriku lagi merindukan dirimu mbakyuuu.....kenapa blog ini nggak diupdate lagi ? Moga dirimu baik baik saja ya....

    ReplyDelete
  2. Hiyaaaa....sama sama. Diriku lagi merindukan dirimu mbakyuuu.....kenapa blog ini nggak diupdate lagi ? Moga dirimu baik baik saja ya....

    ReplyDelete
  3. emang bedanya bakpia basah sama kering apa ya

    ReplyDelete