DONAT

08:05:00


Bismillah...
Yang kesekian kalinya bikin donat... hmm ntah kenapa kok yo kangen banget pengen makan donat. Tapi yang bikinan sendiri bukan yang beli... klo dipikir-pikir kok ribet banget yaa. Pengen makan sebuah donat tapi harus berantakin isi dapur hmm...kalo mau niiih tinggal beli aja, gampang kaan ?...dapur rapi dan ga bikin capek juga. Tapiiiii...proses bikinnya itu lho yang bikin kangen...ketika berakhir dengan donat seksyeh yang menul-menul... hehh!! Ilang deh capeknya... hihiii

DONAT

Bahan :
200gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
50gr tepung terigu serba guna (segitiga)
1/2sdt ragi instan
40gr gula pasir
1sdm susu bubuk
1btr telur
100cc air (kurang lebih)
50gr margarin
Sedikit garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur bahan kering, aduk rata. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit. Aduk rata dan uleni. Tbahkan margarin, uleni hingga menjadi adonan yang kalis elastis. Bulatkan, tutup dengan plastik dan lap basah supaya permukaan tidak kering. Diamkan selama 30 menit.

2. Setelah mengembang kempiskan adonan. Bagi adonan dengan berat yang sama, bulatkan dan rapikan kemudian lubangi bagian tengah atau bisa juga menggunakan cetakan donat dengan menipiskan adonan terlebih dahulu.

3. Diamkan adonan hingga mengembang. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng adonan donat hingga matang. Angkat dan dinginkan

4. Donat siap dihias sesuai selera.




Tadinya...pengen pake coklat blok kemudian atasnya tabur meses...hmm masih mau melelehkan coklat, akhirnya ga sabar pake gula sajaaaa...karena ada yang ga sabar juga dibelakangku hihiii...
Selamat pagiiiii...selamat beraktifitas yaaaa ^^

You Might Also Like

0 komentar