Tuesday, 24 November 2015

DONAT


Bismillah...
Yang kesekian kalinya bikin donat... hmm ntah kenapa kok yo kangen banget pengen makan donat. Tapi yang bikinan sendiri bukan yang beli... klo dipikir-pikir kok ribet banget yaa. Pengen makan sebuah donat tapi harus berantakin isi dapur hmm...kalo mau niiih tinggal beli aja, gampang kaan ?...dapur rapi dan ga bikin capek juga. Tapiiiii...proses bikinnya itu lho yang bikin kangen...ketika berakhir dengan donat seksyeh yang menul-menul... hehh!! Ilang deh capeknya... hihiii

DONAT

Bahan :
200gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
50gr tepung terigu serba guna (segitiga)
1/2sdt ragi instan
40gr gula pasir
1sdm susu bubuk
1btr telur
100cc air (kurang lebih)
50gr margarin
Sedikit garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur bahan kering, aduk rata. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit. Aduk rata dan uleni. Tbahkan margarin, uleni hingga menjadi adonan yang kalis elastis. Bulatkan, tutup dengan plastik dan lap basah supaya permukaan tidak kering. Diamkan selama 30 menit.

2. Setelah mengembang kempiskan adonan. Bagi adonan dengan berat yang sama, bulatkan dan rapikan kemudian lubangi bagian tengah atau bisa juga menggunakan cetakan donat dengan menipiskan adonan terlebih dahulu.

3. Diamkan adonan hingga mengembang. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng adonan donat hingga matang. Angkat dan dinginkan

4. Donat siap dihias sesuai selera.




Tadinya...pengen pake coklat blok kemudian atasnya tabur meses...hmm masih mau melelehkan coklat, akhirnya ga sabar pake gula sajaaaa...karena ada yang ga sabar juga dibelakangku hihiii...
Selamat pagiiiii...selamat beraktifitas yaaaa ^^

Sunday, 22 November 2015

MARMER CAKE



Bismillah...
Bikin marmer cake itu ga pernah membosankan apalagi yang lembut ga nyereti ketika dimaem dan resep marmer cakenya pak Sahak adalah yang paling sering dibikin.
Tapi untuk kali ini maunya bikin yang beda, pengen nyobain resep lain maksudnya. Kebetulan abis dikasih resep sama Shelly, semangat banget mo bikin...setelah nyiapin semua bahan eh ternyata telurnya tinggal 5 butir. Mo beli males banget keluar rumah..puanas pol. Akhirnya bikin marmer cake pak Sahak karena udah terlanjur semangat hihiii...

MARMER CAKE PAK SAHAK

Bahan :
5btr telur
125gr gula pasir
1sdt emulsifier (aku pk sp)
1sdt pasta pandan
150gr tepung terigu serba guna
15gr tepung maizena
15gr susu bubuk
100gr margarin (cairkan)
50gr minyak sayur
1-2sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 20 tinggi 7cm. Alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk.

3. Kocok semua bahan kecuali margarin dan minyak goreng hingga kental berjejak (all in one methode). Matikan mikser, tambahkan margarin dan minyak goreng. Aduk balik dengan spatula.

4. Ambil 3 sendok sayur adonan kemudian tambahkan pasta coklat. Aduk rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang tambahkan adonan coklat dibeberapa tempat. Bentuk motif marmer dengan menggunakan garpu atau lidi.

6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Sampe saat ini masih suka banget sama resep ini..pokoknya klo mo pergi kemana gitu ato ada sodara mo datang marmer cake selalu jadi andalan..hihii... tapi aku masih kebayang-bayang marmer cake nya shely yg lembab itu...huhh!!
Eh iyaaa...ini sengaja aku kasih sedikit pasta pandan biar kliatan agak hijau gitu ...tapi ga hijau banget yaa...

Mau mencoba ? Heeeyy...udah sering kali yaaa hahaa
Ok dweh....selamat hari minggu semwah... ^^



Saturday, 21 November 2015

CENDOL KEJU



Bismillah ...
Kue yang aku bikin kali ini adalah makanan ringan yang digoreng, pas banget buat isian toples. Rasanya gurih..pokoknya sekali makan pengennya ga mau brenti..hihiii..
Karena rasanya yang gurih itu jadi disini banyak yang suka...sering beli dong ..? Pastilaaaah... tapi kali ini aku ingin mencobanya untuk bikin sendiri.
Sebenarnya sih udah dari dulu pengen bikin tapi karena denger kabar bikinnya harus pake 2 minyak goreng yaitu dingin dan panas jadi kayak awang-awangen gitu mo mencobanya. Setelah baca-baca resep dan cara bikinnya ternyata yang dimaksud adalah adonan yang sudah dipilin dijatuhkan diwajan yang berisi minyak goreng dingin setelah proses memilin adonan udah selesai semua  (masih menggunakan wajan yang sama ) wajan langsung dipanaskan dengan api sedang untuk proses pematangan
Eh langsung resep aja yah...ini resepnya dapat dari cookpad punya mbak sapa ya lupaaa...

CENDOL KEJU

Bahan :
125 tepung tapioka
1btr telur
50gr keju ( aku mix cheddar dan edam)
25gr mentega
Sedikit garam
Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :
1. Kocok telur, keju parut, mentega dan garam hingga lembut.

2. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata dengan spatula. Kemudian uleni hingga bisa dibentuk.

3. Ambil sedikit adonan kemudian pilin hingga membentuk menyerupai cendol. Jatuhkan ke dalam minyak dingin, lakukan hingga adonan habis dan terendam minyak semua.

4. Nyalakan kompor dengan api sedang, biarkan minyak panas dan adonan mengeras kemudian goreng dan aduk-aduk hingga matang.

5. Jika sudah matang angkat dan tiriskan kemudian simpan dalam toples.

Menurut ku ini rasanya enak banget. Mungkin karena aku campur dengan edam jadi rasanya ngeju banget. Waktu bikin udah kebayang adek pasti doyan nih tapi ternyata tidak, dia bilang "nda rasanya keju banget deh..." emang siih dibanding dengan yang sering aku beli rasanya beda tapi ga ngeh juga bedanya dimana yang pasti kurang ngeju gitu. Karena penasaran akhirnya aku nyari resep lain di gugel...dan ternyata ada beberapa resep yang menggunakan kaldu bubuk...hmm terjawab sudah hihiii...
Yang penasaran dan pengen melatih kesabaran ayok bikin ini.... hahaa
Kriuk..kriuk...asiiikk...