Wednesday, 21 October 2015

ROTI ISI PISANG


Bismillah ...

Ini adalah yang kesekian kalinya bikin roti isi pisang, dari beberapa post yang ada disini resepnya ada yang sama dan ada yang beda. Dasarnya emang doyan rerotian jadi klo bikin adonan roti selalu semangat aja. Ketika ketemu pisang selalu deh kepikiran untuk bikin roti.

Kali ini aku pake pisang agung, kebetulan ada sodara yang kasih waktu ke Lumajang beberapa waktu lalu. Udah pada tau pisang agung kan ? Yg blom tau silahkan cari di gugel hehee...
Pisang agungnya tuh ga begitu banyak siih isinya tapi tetep guede-guede dan untuk ukuranku itu udah buanyak sekali. Bayangkan sebiji pisang bisa untuk bikin sepiring pisang goreng, hihiii... pokoknya udah kepake buat isian pastry 2 kali bikin, isian roti pisang ini dan direbus juga hehee...
Langsung tulis resep aja yaaa...

ROTI ISI PISANG

Bahan :
350gr tepung terigu protein tinggi
150gr tepung terigu protein sedang
125gr gula pasir
2 kuning telur
1sdt ragi instan
1/2sdt garam
275cc air
100gr margarin

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, ragi, kuning telur dan garam. Uleni.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

3. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis.

4. Diamkan adonan selama 30menit. Kempiskan adonan yang sudah mengembang kemudian bagi-bagi sesuai selera. Bulatkan masing-masing bagian. Adonan siap digunakan.
Setelah adonan diisi tata diloyang yang sudah dioles margarin kemudian fermentasi kan selama 60menit ato hingga mengembang 2 kali lipat.

5. Oven disuhu 200derajat celcius hingga matang.

**Klo mau diisi pisang, pisang harus direbus dulu.
** Oles roti dengan kuning telur yang sudah dicampur susu cair.




Punyaku nih atasnya tanpa olesan tapi tetep cantiik kan.. ^^ fan rotinya lembut banget.
Syuka..syuka banget sama yang namanya rerotian. Ga akan pernah bosen deh.
Segini aja yaa...selamat nyiapin maksi buat semuanya...
Happy baking ya Mom ^^

6 comments:

  1. sepiro gedene sih pisang agung itu yang sebiji bisa jadi pisgor sepiring ? Belum pernah ketemu tapi sering dengar namanya. Jadi penasaran mbakyuuu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak rina serius ya ga pernh tau ?
      Guede banget mbak, satu tundun tuh cm isi 1 ato 2 sisir. Sebuah pisang panjangnya sekitar 30-40cm lah. Rasanya maniiiis, direbus thok ae wes enak mbak. Ketika kulitnya udh hitam dalamnya masih bagus mbak. Khas dr kota lumajang tanah tumpah darahku hehee...^^

      Delete
  2. Mau coba resepnya mbak kebetulan ada pisang raja di rumah.. tks resepnya

    ReplyDelete
  3. Mau coba resepnya mbak kebetulan ada pisang raja di rumah.. tks resepnya

    ReplyDelete
  4. Wiih rotinya empuuuk bu tks resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andriany firdaus...
      wah udh dicobain mbak...kok aku g dikasih ? Hehee...becanda mbak. Maaaaap br sempet balas. Makasih udh main disiniiii.... ^^

      Delete