Wednesday, 21 October 2015

ROTI ISI PISANG


Bismillah ...

Ini adalah yang kesekian kalinya bikin roti isi pisang, dari beberapa post yang ada disini resepnya ada yang sama dan ada yang beda. Dasarnya emang doyan rerotian jadi klo bikin adonan roti selalu semangat aja. Ketika ketemu pisang selalu deh kepikiran untuk bikin roti.

Kali ini aku pake pisang agung, kebetulan ada sodara yang kasih waktu ke Lumajang beberapa waktu lalu. Udah pada tau pisang agung kan ? Yg blom tau silahkan cari di gugel hehee...
Pisang agungnya tuh ga begitu banyak siih isinya tapi tetep guede-guede dan untuk ukuranku itu udah buanyak sekali. Bayangkan sebiji pisang bisa untuk bikin sepiring pisang goreng, hihiii... pokoknya udah kepake buat isian pastry 2 kali bikin, isian roti pisang ini dan direbus juga hehee...
Langsung tulis resep aja yaaa...

ROTI ISI PISANG

Bahan :
350gr tepung terigu protein tinggi
150gr tepung terigu protein sedang
125gr gula pasir
2 kuning telur
1sdt ragi instan
1/2sdt garam
275cc air
100gr margarin

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, ragi, kuning telur dan garam. Uleni.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.

3. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis.

4. Diamkan adonan selama 30menit. Kempiskan adonan yang sudah mengembang kemudian bagi-bagi sesuai selera. Bulatkan masing-masing bagian. Adonan siap digunakan.
Setelah adonan diisi tata diloyang yang sudah dioles margarin kemudian fermentasi kan selama 60menit ato hingga mengembang 2 kali lipat.

5. Oven disuhu 200derajat celcius hingga matang.

**Klo mau diisi pisang, pisang harus direbus dulu.
** Oles roti dengan kuning telur yang sudah dicampur susu cair.




Punyaku nih atasnya tanpa olesan tapi tetep cantiik kan.. ^^ fan rotinya lembut banget.
Syuka..syuka banget sama yang namanya rerotian. Ga akan pernah bosen deh.
Segini aja yaa...selamat nyiapin maksi buat semuanya...
Happy baking ya Mom ^^

Sunday, 18 October 2015

SUPER FUDGY BROWNIES


Bismillah ...

Hallo hari Minggu...
Ku mulai Minggu pagi dengan jalan pagi bertiga tadi abis subuh, tumben adek mau ikut biasanya sih dia lebih seneng dirumah nonton tv. Kemudian pulangnya adek udah kelaparan mulai deh muteri rumah cari cemilan hihiii...sementara aku dan masfitri bersih-bersih rumah, nyiram tanaman. Selanjutnyaaa nyiapin sarapan ....pecel khas Madiun (dikasih tuh... :D), sayur mayur dan lauknya tempe tahu goreng, telur dadar. Rencana mo nggoreng ikan laut ga jadi karena ikan yang aku beli kemarin sore tak bekukan lupa baru dikeluarin.

Lagi-lagi...brownies ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu. Disini tuh ga ada yang bisa menolak untuk sepotong brownies, satu aja ga bisa nolak gimana klo banyak ya...huihiii...^^

Kali ini aku bikin brownies nya pake resep Ibu Martha Stewart. Hallow ...kemana aja akuu ? resep udah dari dulu wira-wiri di gugel aku baru bikin, huhuuu. Langsung nulis resep yuk.... Resep ini aku intip di blog Mbak Ricke.


SUPER FUDGY BROWNIES

Bahan :
120gr butter (boleh pake margarin yaa)
225gr DCC, potong-potong
250gr gula pasir halus
3btr telur ukuran besar
130gr tepung terigu serba guna
30gr coklat bubuk
1/2sdt baking powder
1/2sdt garam
Segenggam chocochip
Almond slice untuk taburan secukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan garam. Sisihkan.

2. Siapkan loyang ukuran 22x22x4cm. Alas kertas roti (lebihkan bagian sisi-sisinya) kemudian oles margarin. Sisihkan.

3. Cairkan butter/margarin dan dcc dengan cara di tim. Setelah mencair semua tambahkan gula pasir aduk rata cukup dengan whisker dan jangan terlalu lama

4. Tambahkan telur satu persatu, aduk rata. Kemudian tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir tambahkan chocochip, aduk rata.

5. Tuang diloyang, tabur dengan almond slice dan chocochip. Panggang dioven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 50 menit atau hingga matang.

6. Keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama 30 menit. Setelah 30 menit keluarkan dari loyang dengan mengangkat sisa kertas roti di pinggir loyang kemudian letakkan di rak hingga benar-benar dingin. Brownies siap dipotong-potong.




Diliat dari bentuknya aja udah bikin ngiler banget-banget... dan beberapa saat setelah mateng ada yang kerumah beli rotmar, ketika masuk dapur liat bronis dimeja dapur langsung pengen deh....maaaaaap blom dipotong hikz....pertama karena masih anget klo maksa dipotong pasti ga rapi, kedua adek blom pulang sekolah karena brownies ini dia yang minta bikinin. Biasanya siih...klo ada yang kerumah beli rotmar ato cuma sekedar main trs ngepasi aku bikin-bikin sesuatu pasti deh tk suruh icip-icip tapi waktu itu maaap ya...

Daaan....aku masih jatuh cinta dengan kue-kue yang rasanya nyuoklat banget, pengen bikin lagi karena adek udah minta yang melty, hmm ntar deh...nunggu klo mo ke kakak aja sekalian bawain dia.
Selamat hari Minggu semuanya....have a nice day yaaa...
****bake like a pro ^^

Saturday, 17 October 2015

OSENG KERANG


Bismillah ...

Selamat malaaaam...malam minggu nih, lagi pada ngapain yaa ? Apa kayak aku dirumah saja bertiga nonton film Tangled, ini udah yang sekian kalinya nonton film ini dan adek g ada bosen-bosennya hihiii... aku sama ayahnya ngikut dia aja dia mo nonton apa...tp dari tadi film kartun terus deh hihii..

Selanjutnyaa...kembali kesini ya, nonton tvnya nyambi nulis-nulis disini, maklumlah aku ga begitu suka nonton tv, rasanya bosen aja klo lama-lama di depan tv. Dan oseng kerang ini adalah masakan beberapa hari yang lalu. Kebetulan tukang ikan bawa kerang yang gede-gede... hmm jadi pengen makan oseng kerang. Biasanya klo umikku bikin ditambah cabe rawit jadi rasanya cetar gitu deh tapi kali ini aku bikin dengan rasa yang lebih bersahabat, ga pake cabe rawit gitu maksudnya, hehee..

OSENG KERANG

Bahan :
500gr kerang, cuci bersih
4siung bawang putih, iris halus
7btr bawang merah, iris halus
1bh cabe merah besar,iris serong
1bh tomat, potong-potong
1cm lengkuas, geprek
2lbr daun salam
1/2sdt merica bubuk
2sdm kecap manis
Garam dan gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harus. Tambahkan lengkuas, daun salam, cabe merah, merica bubuk, tomat. Aduk rata.
Masukkan kerang, aduk hingga tercamour rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya, kecap, garam dan gula. Biarkan sebentar hingga air agak menyusut. Jika sudah matang, angkat. Sajikan dengan nasi hangat.




Gampang banget kan bikinnya dan rasanya ga mengecewakan. Eh... bisa juga dicampur tahu ato tempe...atoooo bisa juga di tambah pete tapi aku ga suka pete hihiii...
Akhirnya...sekian dulu yaa, semoga bermanfaat... happy cooking ^^

Friday, 16 October 2015

ZUPPA "CHICKEN CHEESE SOUP"


Bismillah...
Udah suering banget liat zuppa di blog temen-temen tapi ga tergerak sama sekali untuk bikin...biarpun si kakak udah sering minta bikinin tapi tetep aja males mo bikin.
Suatu hari di kota Malang, gerimis dan mendung disiang hari...hmm jadi sendu banget. Muter-muter berempat, suasana gerimis jadi kebawa kedinginan karena ac mobil. Terpikir untuk memghangatkan diri disuatu tempat... dan pizza h**... terdamparlah kami disituu, hihiii karena kedinginan itu kayaknya menghangatkan diri dengan zuppa pas banget deh tapi pizza teteeeeep dong yaa... dan itulaaah kali pertama seorang vivi makan zuppa, hahaa... setelah itu udah, ga terpikir untuk bikin deh. Hari-hari selanjutnya jika ada yang pengen mending tak belikan aja hehee...masih blom tergerak untuk bikin hihiii...
Dan ketika saat ini ada zuppa di sini itu karena beberapa hari yang lalu bikin pisang bolen pake kulit pastry... pisangnya abis tapi kulitnya masih ada. Seketika ingat masih punya sup instan di lemari makanan semangatlah aku ambil ramekin kemudian kulit pastry nya aku potong sesuai lebar ramekin, sisihkan dulu. Selanjutnya bikin sup nya...eh ternyataaaa udah ekspired mbakyuuuu, huwaaaa...
Akhirnya dengan sedikit  terpaksa aku bikin sup krim, memanfaatkn bahan yang ada dan bener-bener sup krim ala vivi hahaa...

SUP KRIM AYAM KEJU

Bahan :
1bh sosis, potong-potong
100gr daging ayam rebus, potong dadu kecil
50gr wortel potong dadu kecil
1sdm margarin untuk menumis
1/2bh bawang bombay, cincang kasar
1siung bawang putih cincang halus
1sdm tepung terigu
250cc susu cair
1/2sdt merica bubuk
Sedikit pala bubuk
30gr keju cheddar parut
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang outih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk rata.

2. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Tambahkan daging ayam rebus, wortel dan sosis. Aduk rata.

4. Tambahkan merica bubuk, pala, garam dan gula, aduk rata.

5. Terakhir tambahkan keju parut, aduk rata dan biarkan mendidih sebentar. Setelah mendidih, angkat.

6. Penyelesaian : ambil pinggan tahan panas tuang sup krimnya ( jangan terlalu penuh ya),  oles dengan air bagian tepi pinggan tahan panas kemudian letakkan kulit pastry nya. Oles bagian atasnya dengan kuning telur. Kemudian oven hingga bagian atasnya matang. Sajikan hangat.

Untuk kulit pastrynya aku pake resep bu Sisca yang udah aku tulis disini.



Akhirnyaa...sup krim ala vv "banget" udh slese hihii...pesenku klo punya resep yang sekiranya jauuuh lebih enak dari silahkan abaikan resep ini yaaa... ^_^
Daaaan....syuka banget sama rasanya. Jadi pengen bikin lagi hihiii...
Okay...semoga berkenan dengan gambar ini. Aku pamit dulu yaaaaa....
Sugeng dalu...selamat malaaam... ^^

Thursday, 15 October 2015

PANGSIT GORENG


Bismillah ...
Apa kabar semuaaaa...? Lamanya ga nulis disini ya, hikz... kali ini ga aku tuliskan ya kenapa kok blog dianggurin segini lamanya...karena pasti alasannya itu-itu aja, udah basi kaan ? Hihiii

Untuk mengawali postingan dibulan Oktober yang udah jalan 15 hari niiih aku mo bagi-bagi pangsit goreng aja buat kalian tapiii resepnya masih sama kayak yang dulu. Dan kulitnyaa...dikasih tetangga depan rumah buanyak banget, kurang lebih setengah kilo kulit pangsit deh... seneng liat tumpukan rapih kulit pangsit tapi bingung juga mo diapain kulit sebanyak itu.
Waktu itu karena kebetulan lagi punya dada ayam separuh yasudahlah bikin pangsit goreng aja...yakin nih pasti pada suka secara disini doyan banget sama gorengan yang rasanya gurih.
Hayuk tulis resep lagii...

PANGSIT GORENG

Bahan :
150gr Daging ayam, haluskan
2siung Bawang putih, haluskan
1sdm Tepung tapioka
1/2sdt Garam
Sedikit gula pasir
1/4sdt Merica bubuk
1sdt Minyak wijen
1tangkai daun bawang, iris halus
Kulit pangsing secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya
1/2sdm tepung terigu tambahkan sedikit air untuk merekatkan.

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Ambil selembar kulit pangsit. Tambahkan adonan ayam pada salah satu sisi kulit pangsit kemudian gulung. Pada sisi yang paling ujung rekatkan dengan adonan tepung terigu. Lakukan hingga adonan habis.
Siapkan wajan dan minyak goreng, goreng pangsit hingga matang dengan api sedang.
Sajikan pangsit goreng dengan saus botolan.

**jika suka boleh ditambahkan kaldu bubuk pada adonan ayam.




Rasanya asik banget kriuk-kriuk, dicocol saus cabe tambah asik. Hasil akhirnya buanyak banget...sampe bisa dibawa ke Malang buat kakak.
Buat semuanya yang lagi bingung bikin cemilan dirumah bisa cobain pangsit goreng ini... ^^
Siapa sih yang bisa nolak klo didepan mata ada sepiring gorengan hohoo...
Akhirnya...semoga bermanfaat, semoga besok dan besok nya lagi aku ga males nulis disini, aamiin... hihii ^^