Tuesday, 1 September 2015

ROTI KUKUS COKLAT KACANG



Bismillah ...

Roti Kukus Coklat Kacang, lebih populer dengan nama Pou Coklat Kacang. Kalo sebagian orang menyebutnya dengan nama Roti Kukus itu karena pada dasarnya adonan dasar pou sama dengan adonan roti. Yaitu campuran antara tepung, gula, ragi dan lemak yang difermentasikan. Biasanya dalam pembuatan pou atau roti kukus menggunakan mentega putih jadi terlihat warnanya lebih putih dibanding rerotian yang di oven.

Beberapa hari yang lalu sepulang sekolah anakku tanya "Nda bikin apa hari ini ?" dan aku bilang ga bikin apa-apa, kemudian dia bilang "Nda...adek minta brownies ga dibikinin, minta bakpo ga dibikinin, minta puding juga ga dibikinin..." makjleb rasane...huhuuu
Dan besoknya...pagi-pagi sekali aku nguprek didapur bikin adonan pou hihiiii... untungnya cuaca mendukung jadi ga butuh waktu lama untuk fermentasi. Untuk isinya pake coklat kacang aja...itupun kemarinnya aku udah tanyain dulu mo isi apa, takut salah euy ntr malah ga kemakan.
Karena bikinnya udah mruput jadi jam 8 an pounya udah mateng.
Resepnya dari buklet tabloid Saji.

ROTI KUKUS COKLAT KACANG

Bahan kulit :
300gr Tepung terigu protein rendah
50gr Maizena
8gr Ragi instan
1/2sdt Baking powder
100gr Gula tepung
175cc Air es
30gr Mentega putih
1/2sdt Garam

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan air es, nguleni hingga kalis.

2. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan. Istirahatkan hingga mengembang. Jika sudah mengembang tambahkan isi, kemudian rapikan dan letakkan di cup kertas. Lakukan hingga adonan habis.

4. Selanjutnya kukus kue kurang lebih 10 menit dengan api sedang dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu atau  hingga matang.


Bahan untuk isian "
50gr Kacang tanah, sangrai/goreng
1sdm Gula pasir
2sdm Meses

Cara membuat : Haluskan kacang tanah dan gula menggunakan blender (ga perlu sampai halus). Tambahkan meses, aduk rata.





Simpan Roti Kukus dalam wadah yang tertutup rapat supaya permukaan Roti tidak kering, dalam wadah yang tertutup pou ini sampe besoknya tetep empuk.
Daaan...maksud hati mo bikin yang kayak bunga-bunga tapi kenapa kayak gitu jadinya...huhuuu, kayaknya kebanyaakan deh isinya.
Kapan-kapan dicoba lagi yaaa...pengen banget bisa bikin yang kayak bunga itu, padahal udh liat di youtube juga cara bikinnya tapi tetep ga bisa hihiii...
Pou udah...hmm tinggal apa lagi yaa @_@
Udah ah....kenapa jam segini udah ngantuk diriku nih...
Selamat malam semua ...^^

No comments:

Post a Comment