Monday, 28 September 2015

BRONGKOS


Bismillah ...

Pertama kali tau ada masakan namanya Brongkos waktu dirumah mertua tapi karena waktu itu masih awal-awal nikah jadi ga begitu kepikiran ini masakan apa dan bagaimana bikinnya. Dan kedua kalinya makan masakan ini waktu liburan kami ke Jogja awal taun 2015, setelah itu kok rasanya aku pengen bikin sendiri ya... dengan modal percaya diri yang kuat bahwa aku bisa mulai deh nyari-nyari resep, waktu itu cuma nyari resep thok...masaknya masih blom tau kapan hahaa...karena liat bumbunya yang kumplit banget kayaknya harus bener-bener cari waktu luang deh untuk bikinnya, seperti biasalah aku ini orang yang sok sibuk pake banget :D :D :D

BRONGKOS

Bahan-bahan/bumbu-bumbu: 
300 gram daging sapi, potong-potong
6potong tahu goreng
100 gram kacang merah, rebus
1.500 ml air
1 batang serai, diambil putihnya, memarkan
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
Garam dan gula secukupnya
250 ml santan yang agak kental
10 buah cabai rawit merah utuh
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
3 buah cabai merah
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar, disangrai
1 cm kencur
1 cm jahe
4 buah keluak, ambil daging buahnya, seduh air panas


Cara membuat:
  1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang dan empuk. Ukur air kaldunya 1.250 ml. Angkat dagingnya, dipotong kotak. Sisihkan air kaldunya.
  2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  3. Tambahkan air kaldu. Didihkan. Masukkan daging tetelan, tahu goreng dan kacang merah, garam, dan gula. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan santan dan cabai rawit merah utuh. Masak sampai matang dan bumbu meresap Angkat, sajikan.
 **Lebih mantap jika dimasak hari ini dan dihidangkan keesokan harinya (Y)




Klo diliat-liat nih...dari hasil browsing sana-sini kayaknya pakemnya harus pake kacang tolo ya tapi berhubung aku ga punya kacang tolo jadi aku ganti dengan kacang merah yang kebetulan ada stok. Masak sih gara-gara ga ada kacang tolo trus ga jadi bikin Brongkos kan ga bangeet seeeh...hihiii
Bisa juga ditambah sayur-sayuran, misal : wortel ato labu siam.
Dan rasanya enak pake banget...dapat pujian pula dari doi, huhuuu terharuuu ^^
Eh...rasanya mirip banget sama rawon, bedanya klo rawon ga pake santen dan brongkos pake santen.
Mari makaaaaan....eh salah...mari menikmati gambarnya brongkos hahaa....
Happy Cooking....

No comments:

Post a Comment