Thursday, 6 August 2015

SAMBEL GORENG TEMPE TAHU



Bismillah ...

Ayo siapa yang blom pernah tau tahu dan tempe...hehee aku rasa ga ada yang ga kenal tahu tempe, semua pasti kenal karena disemua daerah ada yang namanya tahu dan tempe. Kali ini aku memasak Sambel Goreng Tahu-Tempe dengan tahu dan tempe sebagai bahan utamanya. Ini adalah menu masakan rumahan yang bersantan. Sebagian orang menyukai sambel goreng dengan kuah santan yang berlimpah namun ada juga yang suka dengan yang ga begitu banyak kuahnya, seperti aku...aku klo masak sambel goreng tempe tahu ini tidak suka yang berkuah banyak. Jujur nih...aku masak sambel goreng ini baru akhir-akhir ini, dulu-dulunya tiap kali pengen aku minta Umik untuk bikinin...ntah kenapa aku males banget bikinnya. Kalo Umikku bikin...dengan bumbu yang sama bisa hadir dengan berbagai macam sayur dan isian...adakalanya pake labu siam dan udang, tempe tahu udang ato telur puyuh, sayur pakis dan teri...dan klo lagi musim pete tuh selalu ditambah pete...duhh!! klo udah ditambah pete gitu aku pasti males maemnya, ga suka banget sama baunya. Ketika makanan yang ada petenya masuk mulut, kukunyah sih dan kutelan juga tapi bau setelah itu yang aku ga suka...>,< sebenarnya masFitri sering minta dimasakin masakan yang ada petenya tapi karena aku ga suka baunya sampai saat ini blom aku kabulkan permintaannya hihiii...
Dan Sambel goreng tempe tahu kali ini tambah dengan telur puyuh, salah satu oleh-oleh Mbak Erin yang abis mudik ^^

SAMBEL GORENG TEMPE TAHU

Bahan :
6buah Tahu ukuran kecil, potong dadu dan goreng hingga berkulit
150gr Tempe, potong seukuran tahu
20btr Telur puyuh yang sudah direbus, kupas dan goreng hingga berkulit
2lbr Daun salam
2cm Lengkuas, geprek
1bh Tomat, potong kasar
1 Daun bawang, potong kasar
2sdm Minyak goreng untuk menumis
Garam dan gula secukupnya
100cc Air
300-400cc Santan

Bumbu yang dihaluskan :
4siung Bawang putih
7btr Bawang merah
2 Cabe merah besar
3btr Kemiri, goreng sebentar
1/2sdt Terasi

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga harum. Tambahkan tahu, tempe dan telur puyuh. Aduk rata. Tambahkan air, biarkan air hingga meresap.

2. Tuang santan, tambahkan garam, gula dan tomat. Biarkan hingga mendidih dan kuah agak menyusut.

3. Terakhir masukkan daun bawang, biarkan mendidih sekali lagi. Siap dihidangkan.




Klo pengen yang kliatan merah cabe merahnya boleh ditambah, ato bisa juga ditambah cabe rawit untuk yang suka pedes-pedes. Yess!! tinggal nyiapain nasi anget dan lauk pendampingnya ^^
Mari masaaak...happy cooking Moms ...

No comments:

Post a Comment