PINDANG IKAN

08:57:00



Bismillah ...

Ikan terkenal dengan manfaatnya sebagi sumber protein yang baik bagi tubuh kita tetapi masih banyak lagi manfaatnya dengan kandungan zat yang terkandung didalamnya. Akan lebih terasa manfaatnya jika kita rutin mengkonsumsi ikan, apapun jenisnya karena lemak yang terdapat pada ikan adalah lemak tak jenuh inilah yang menyebabkan ikan mudah dicerna oleh tubuh dengan baik.
 Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar adalah  asam lemak Omega-3, Vitamin D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan mineral (zat besi, seng, yodium, magnesium dan kalium)
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat hidangan ikan sebagai pendamping nasi. Ikan memang sangan mudah sekali untuk diolah. Dari yang hanya digoreng, dibuat sup, gulai dan masih banyak lagi yang lain. Tergantung selera masing-masing tentunya ya. Tetapi akan menjadi lebih baik jika kita mengkonsumsi ikan dalam bentuk daging ikan segar sehingga kita benar-benar bisa memanfaatkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam daging ikan. Dan aku...sampai detik ini blom pernah merasakan daging ikan segar, kayaknya mending tak masak dulu deh yaa...hehee...
Dari banyaknya manfaat ikan untuk tubuh kita maka alangkah bahagianya jika kita tinggal didaerah yang terdapat laut untuk mencari ikan, eh ada juga lho daerah yang ada lautnya tapi tidak bisa digunakan untuk mencari ikan, itu bisa jadi dikarenakan ombak laut yang terlalu besar sehingga membahayakan para nelayan untuk mencari ikan.

Kali ini aku masak Pindang Ikan, klo dirumahku kami biasa menyebutnya jangan cemplung karena bumbunya hanya dicemplung-cemplung  tanpa dihaluskan dan ditumis. Ini adalah salah satu masakan Umik yang disuka anak-anaknya. Harusnya sih pake ikan apa aja boleh ( ikan laut ato ikan tawar) tapi karena dirumahku jauh dari laut dan yang paling sering ada adalah ikan pindang tongkol jadi ikan itulah yang paling sering dimasak jangan cemplung ini.

PINDANG CEMPLUNG

Bahan :
5ekor Ikan (aku pake ikan benggol), lumuri dengan air jeruk nipis dan garam
2lbr Daun salam
3lbr Daun jeruk
1 batang Serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1/2sdt Merica bubuk
5btr Bawang merah, iris tipis
3siung Bawang putih, iris tipis
3cm Kunyit, bakar kemudian potong-potong melintang
2cm Jahe, iris-iris
2cm Lengkuas, iris-iris
5buah Belimbing wuluh, potong-ptotong
Cabe rawit secukupnya, biarkan utuh
500cc Air
Garam secukupnya

Cara membuat :

Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu-bumbu, biarkan hingga mendidih. Selanjutnya masukkan ikan dan garam, didihkan. Terakhir tambahkan cabe rawit dan belimbing wuluh. Didihkan sekali lagi, matikan api dan siap untuk dihidangkan.





Biasanya aku klo bikin ikannya ga aku goreng dulu tapi karena masFitri ga mau klo ikannya ga digoreng maka yang ini aku goreng dulu, dia bilang klo ikannya ga digoreng kayak ikan mentah, hmm ... padahal aku lebih suka yang tanpa digoreng lho. Kadang aku maksain juga bikin yang tanpa digoreng akhirnya aku yang menghabiskan karena ga pada suka hihiii... dan aku juga sering bikin ikan yang ditim, hanya dikasih bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk dan sedikit garam...yang model begini juga hanya aku yang makan hihiii...
Happy Cooking Moms ^^

You Might Also Like

0 komentar