Thursday, 20 August 2015

OSENG TAHU TAUGE



Bismillah ...
Selamat pagi menjelang siang temen-temen semua, selamat hari Kamis ya...hmm udah hari kamis lagi lho. Hari yang malas karena dari pagi ada masalah dengan perutku, bunyi kruyuk-kruyuk...nyeri...ga jelas. Kayaknya emang harus istirahat ya... daripada diam thok dengerin suara perut mending ke dapur aja membuat sesuatu. Hari ini libur dulu ngerotmarnya, kemarin abis kejar tayang 150pc dan dikulkas juga masih ada stok. Kayaknya masak aja deh...ngeluarin bahan-bahan masakan yang mo dimasak ntar sore. Oiya...karena klo siang ga pada makan dirumah jadi aku klo masak cuma dikit, pagi dan sore. Hari ini masak oseng tahu tauge, semua bahan udah ada... ya udahlah di matengi aja ntr sore tinggal bikin lauknya.
Tauge klo ditempatku namanya kecambah, berasal dari biji kacang hijau yang dibiarkan tumbuh. Rasanya enak dan punya bau yang khas. Kalo dimasakan biasanya ditumis bareng teri atau ikan asin lain, sering hadir juga sebagai sayur pelengkap untuk pecel, urap-urapdan soto.  Kalo di Jawa Timur, rawon biasanya juga dihidangkan dengan tauge mentah. Tauge juga bisa sebagai isian kue bercitarasa asin, seperti Lumpia, Risole dll.

Mulai dari tauge yang dibuat masakan hingga yang dibuat isian kue aku semua suka, kecualiiiii... tauge mentah yang dimaem bareng rawon. Hmm...ga banget deh !! Udah berkali-kali aku belajar maem tauge bareng rawon tapi tetep aja aku ga bisa nerima rasanya. Dulu aku punya temen yang doyan banget maem rawon sama tauge, klo pas maem bareng selalu minta nambah tauge ke Ibu warungnya duh..duh...

OSENG TAHU TAUGE

Bahan :
300gr Tahu, potong-potong kemudian goreng
100gr Daging sapi, iris-iris tipis
50gr Tauge
1bh Tomat, potong-potong
1bh Cabe merah besar, iris serong
3 siung Bawang Putih, iris-iris tipis
5btr Bawang merah iris-iris tipis
1cm Lengkuas, geprek
2lbr Daun salam
1sdt Gula pasir
1/2sdt Garam
1/4sdt Merica bubuk
150cc Air
2sdm Minyak goreng unutk menumis

Cara membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, baeang putih sampai harum. Tambahkan lengkuas, daun salam, cabe merah, merica dan tomat. Aduk rata.

2. Tambahkan daging sapi dan air, aduk rata dan tutup sebentar hingga daging matang.

3. Tambahkan tauge, tahu, gula dan garam, aduk rata. Biarkan sebentar hingga bumbu meresap dan matang.




Gampang kan bikinnya ? eh ada bawang gorengnya juga lho... oiya aku adalah penggemar bawang goreng, menurutku rasa masakan akan jadi tambah enak klo ditambah dengan bawang goreng tapiiii ...hehe aku males banget bikinnya secara kalo ngiris bawangnya sampe berurai air mata, hiks..., dan jika di foto itu ada bawang goreng itu bikinan Umik hihiii... beberapa hari yang lalu waktu pulang aku dibawain bawang merah/putih goreng, asiiikk...
Udah dulu yaaa... Selamat memasak Ibuu ^^

No comments:

Post a Comment