KRENGSENGAN DAGING

09:38:00



Bismillah...

Haiii...ketemu lagi di vivi belajar masak ^^
Masih ngubek-ngubek catatan resep yang ditulis setelah nikah, udah ikut aku kemana-mana ...dari rumah kontrakan ke rumah sendiri, trs ngontrak lagi dan akhirnya kembali ke rumah sendiri lagi. Dan catatan resep itu  udah menjadi saksi perjalananku menjadi "vivi saiki iso masak ..."
Duluuuu...sebelum nikah aku adalah anak paling cantik dirumah (3 bersaudara, aku no 2, perempuan satu2nya) dan terkenal anak yang males dan ga bisa apa-apa, mungkin lebih tepatnya hanya bisa bikin mie instan dan ngerebus air doang. Bisa masak ketika udan menikah...harus bisa! terpaksa critane hehe karena setelah nikah harus ikut suami dan jauh dari orang tua. Ingat banget waktu itu...beberapa hari sebelum berangkat aku sibuk nulis-nulis resep dan sampai sekarang masih tersimpan rapi. Sampai sekarang pun masih suka nelpon Umik tanya caranya bikin ini-itu, cuma bedanya sekarang jadi lebih dekat...walopun masih sama-sama beda kota.
Okay..kembali ke masakan nih...sebenarnya ini masakan beberapa yang lalu jadi sekarang hanya tinnggal gambarnya dan aku sering bikin...mulai dari krengsengan ayam, ati ampela ato daging sapi karena seringnya bikin tanpa liat reseppun jadi haha...^^

KRENGSENGAN DAGING

Bahan :
400gr Daging sapi tanpa lemak
2lbr Daun salam
1bh Tomat, potong-potong
1bh Cabe merah besar, iris serong.
Air secukupnya
Garam dan gula secukupnya
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
8btr Bawang merah
4siung Bawang putih
1sdt Merica bubuk
1sdt Ketumbar bubuk
1/4sdt Jinten
1cm Jahe

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum.
2. Tambahkan daging sapi yang sudah dipotong-potong menurut selera. Aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Tambahkan air, garam dan gula, masak daging hingga lunak dan air menyusut (bisa menggunakan panci tekan untuk menghemat waktu).
4. Terakhir tambahkan tomat dan irisan cabe, aduk rata. Tes rasa, jika sudah pas angkat dan siap  dihidangkan.





Bikinnya gampang siiih sebenarnya ...cuma males ngulek bumbunya aja. Males ngulek...itu yang sering terjadi pada diriku, ntah kenapa kok aku males banget klo disuruh ngulek-ngulek, dari duluuuu >,< makanya klo bikin masakan yang butuh bumbu banyak kayak ayam panggang gitu bumbunya mending aku blender deh... pernah ada ibu-ibu yang crita klo bikin ayam panggang dengan bumbu yang diblender itu ga enak rasanya, beliau bilang lebih mantap klo di ulek. Haduuuh ga janji deh klo harus ngulek-ngulek, dan ayam panggang pake bumbu yang diblender enak-enak aja menurutku ^^
Akhirnya ...Selamat memasak Ibu ...aku mo kembali ke dunia nyata dulu yaa ^^

You Might Also Like

0 komentar