Monday, 31 August 2015

KRENGSENGAN ATI AMPELA


Bismillah ...
Hmm...akhir-akhir ini jadi jarang nulis disini, itu karena lagi ada yang bikin sibuk jadi waktunya dikit banget untuk nulis-nulis disini, juga laptop sempet ngambek beberapa hari yang lalu... aku ga tau kenapa dia kok ngambek-ngambek gitu, kalo aja dia bisa ngomong alasannya dia ngambek, kali aja minta beliin apa gitu...pasti deh akan aku aku beliin biar dia ga ngambek-ngambek lagi, hihiii :P

Dan ini adalah masakan beberapa hari yang lalu, setelah dipikir-pikir udah lama juga ga makan ati ampela maka diputuskan untuk beli hanya 3 biji aja, karena yang suka hanya aku dan masfitri aja dan kami berdua udah sepakat untuk mengurangi makan jerohan jadi ga perlu beli banyak-banyak hehe..
Bikin krengsengan ati ampela plus kacang merah, hmm...membayangkan aja kayaknya udah enak deh. Tapi ini adalah pertama kalinya masak krengsengan ditambah kacang merah. Kebetulaaan ada stok seplastik kacang merah kering, beli di alun-alun pagi pas jalan-jalan beberapa hari yang lalu. Sebenarnya waktu sempet ragu sih...mo beli apa ga, secara ga pernah bikin masakan dengan kacang merah kering biasanya beli yang basah di tukang sayur...tapi setelah tanya gimana cara mengolahnya ke bapaknya ...eeh bapaknya bilang cuma direbus aja sampe empuk. Oke lah klo begitu...beli kacang merah 1 dan kentang 2kg.
Dan seperti saran bapaknya ketika aku akan bikin krengsengan ini kacang merah aku rebus dulu, huwaaa...ternyata butuh waktu lamaaaa supaya kacang merah jadi empuk. Langsung terpikir bahwa yang aku lakukan salah...harusnya kacang merah kering direndem dulu ya...kayak kacang kacang ijo yang mo dibikin isian kue tuh kan direndem dulu.
Yasudahlah, setelah sekian lama akhirnya empuk juga kok...walopun sampe air rebusan habis untungnya ga sampe gosong huhuuu...lha sangking lamanya akhirnya aku tinggal kesana-kemari hihiii...#lagu lama :P

Untuk bumbu krengsengannya sama kayak yang aku bikin krengsengan daging sapi beberapa hari yang lalu.

KRENGSENGAN ATI AMPELA

Bahan :
3pasang Ati ampela, rebus dan potong-potong
100gr Kacang merah, rebus hingga empuk
1bh Tomat, potong-potong
1bh Cabe merah beras, iris serong
Air secukupnya
Garam dan gula secukupnya
2sdm Kecap manis
2lbr Daun salam
2sdm Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
8butir Bawang merah
4siung Bawang putih
1sdt Merica bubuk
1sdt Ketumbar bubuk
1/8sdt Jinten
1cm Jahe

Cara membuat :

Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Tambahkan ati ampela, kacang merah, tomat dan cabe merah, Aduk rata. Kemudian tambahkan kecap manis aduk rata. Tuang air secukupnya, tambahkan gula dan garam, aduk-aduk kemudian diamkan hingga bumbu meresap. Siap dihidangkan.



Nikmati dengan nasi hangat dan timun, lebih nikmat lagi klo ada sambelnya kali ya...hehee...
Semoga bisa menjadi pilihan masakan hari ini, selamat memasak ^^

No comments:

Post a Comment