KLAPERTART KEJU

20:57:00


Bismillah ...

Kelapa ato nama latinnya Cocos nucifera adalah anggota tungga dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Hanpir semua dalam tumbuhan ini bermanfaat bagi manusia sehingga bisa dikatakan tumbuhan serbaguna. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia di sisi Asia namun keberadaannya telah menyebar luas diseluruh pantai tropis dunia.
Dalam hal yang berhubungan dengan membuat kue dan masak-memasak buah kelapa memegang peranan penting yaitu air perasan kelapa yang disebut santan menjadi bahan tambahan untuk membuat kue dan mengolah masakan. Terutama untuk masakan dan kue-kue tradisional santan amat sangat penting keberadaannya. Tetapi tidak hanya santannya air kelapanya pun sangat berguna untuk memasak dan membuat kue. Dulu aku sering melihat Umik mengungkep ayam dengan air kelapa yang dicampur bumbu-bumbu ato menguleni adonan kue dengan air kelapa. Dan juga pemakaian kelapa parut yang banyak juga kita temui dalam kue-kue tradisonal kering ato basah, seperti membuat unti ato isian untuk Kue Mendut, membuat koyah untuk membuat Kue Semprit Kampuran Koyah, untuk taburan ketan/klepon dll. Kalo kelapa parut yang dicampurkan dimasakan misalnya dalam pembuatan Serundeng, Dendeng dll.
Dan kelapa juga bisa dinikmati ketika masih muda ato yang biasa disebut Kelapa Muda ato Degan. Aku rasa sebutan Es Degan udah tidak asing lagi ya...aahhh aku jadi teringat beberapa waktu yang lalu pergi ke Pasir Putih dan pulangnya mampir di salah satu penjual Es Degan yang banyak ditemui di sepanjang jalan menuju Pasir Putih Situbondo, kami berempat duduk di tenda-tenda kecil yang disediakan penjualnya sambil menghadap ke hamparan laut lepas, biru dimana-mana...indah banget ^^
Selain untuk Es Degan kelapa muda juga bisa untuk bahan campuran pembuatan kue. Misalnya untuk Kue Lumpur Kelapa Muda, Pie Kelapa Muda, Klappetaart dll.

Beberapa hari yang lalu, masih dalam rangka Lebaran silaturahmi ke rumah sodara. Seperti biasa tiap kali silaturahmi kesana kami lebih seneng ngobrol di gazebo belakang daripada duduk manis diruang tamu. Sementara Masfitri keliling halaman belakang liat ternak Ulat Jerman dan ikan juga tanaman-tanaman yang ada dihalaman belakang tersebut ditemani Om Heru (si empunya rumah), aku asik ngobrol sama Lina (yang kebetulan ada dirumah) dan Bulik sambil nyomot kue-kue lebaran bikinan Bulik. Lumayan lama disitu, suasana yang hommy dan tuan rumah yang ramah tamah membuat ga terasa berlama-lama disitu, akhirnya kami pamit pulang (ssstttt, ga terasa juga aku udah abis banyak nyomot kukisnya). Eh, tiba-tiba diambilin setandan kepala gading yang masih muda sama Om Heru untuk dibawa pulang, karena pendeknya pohon kelapa gading tersebut sampai ga perlu naik-naik untuk mengambil buahnya. Aku ingat waktu itu Bulik bilang "vi, iki ngkok gawe'en es degan. godokno gula abang trs dikei es batu" seketika Lina langsung nyeletuk "ojo mbak vi, gawe'en klapetart ae lapo digawe es degan" dan Bulik bingung tanya-tanya apa itu klapetart hihiiii...
Dan akhirnya aku bikin klappetaart, karena jauh jadi aku ga bisa bagi-bagi ke Bulik dan Om Heru ^^
Sebenarnya udah beberapa kali bikin klapy karena bikinnya gampang jadi sering bikin. Yang kali ini aku pengen bikin yang ngeju. Resepnya dari Sajian Sedap, klo aku memilih resep itu karena disitu menggunakan cheese spread, kebetulan aku punya stok cheese spread beli sebelum lebaran kemarin dan ga tau mo dibikin apa. Tapiiii ...ini udah beda sama resep aslinya, udah aku tambah kejunya, kelapa mudanya, kismisnya, telurnya ...pokoknya resep awal dari situlah hahaa


KLAPETART KEJU

Bahan :
400cc Susu cair (vi pake susu cair fullcream)
100gr Gula pasir
1/4sdt Garam
25gr Tepung maizena
40gr Tepung terigu (vi pake serbaguna)
20gr Margarin
3 Kuning Telur
1/2sdt Pasta vanilla cream
100gr Keju spread
250gr Kelapa muda, kerok lebar
30gr Almond slice
40gr Kismis

Bahan Taburan : Kismis, keju parut dan almond slice secukupnya

Topping : 3 putih telur, 1sdm gula, 1sdm tepung terigu dan 1sdt air jeruk nipis.
>> kocok putih telur dan gula hingga mengembang tambahkan air jeruk, kocok kaku. Terakhir masukkan tepung terigu, kocok rata.

Cara membuat :

1. Campurkan susu, gula, tepung maizena, tepung terigu dan garam, aduk rata. Rebus sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup. Angkat.

2. Tambahkan margarin, aduk rata hingga licin. Tambahkan telur, aduk rata. Terakhir masukkan keju, vanilla pasta, kelapa muda dan almond slice. Aduk rata.

3. Tuang di alumunium cup ato pinggan tahan panas, tambahkan topping dan bahan taburan.

4. Oven dengan Au Bain Marie dengan suhu 160 derajat celcius selama 20 menit hingga matang.







Dan rasanya enak pake banget, semua syuka - semua syuka...sayangnya adek ga suka kismis jadi kismisnya disingkir-singkirin gitu, oalah-oalaah...yasudahlah yang penting dia doyan ^^
Eh, kayaknya ada yang pengen nih gara-gara tadi abis liat fotonya, ayo bikiiiiin :D :D
Oiya...itu sengaja ga aku kasih liat dalamnya karena waktu poto-poto itu aku lagi males nyomot-nyomot kue (males ...?)...biasanya klo ada kue yang kepotonya cuma separuh ato ada bekas gigitan itu semua kerjaan tukang potonya (mo ga bulet gimna coba tukang potonya @,@) nah waktu itu aku lagi sadar. ingat badan yang tambah lebar abis lebaran jadi ya mengikhlaskan klapy itu dalam bentuk yang utuh, huhuuu

Salam Klapy ^^


You Might Also Like

0 komentar