GADO-GADO

18:38:00


Bismillah ...
Hayooo...siapa yang blom tau Gado-Gado ? hehee...aku yakin semua pasti tau dong ya...bukan makanan yang asing kaan, hampir disemua daerah ada deh. Tapi seperti sebuah peribahasa bahwa lain lubuk lain belalang, lain daerah pasti lain pula racikan gado-gadonya.
Seperti gado-gado pada umumnya...yang sering aku tau adalah sayur-sayuran, lontong, kentang dll yang disajikan dengan bumbu kacang kemudian ada tambahan krupuk udang ato krupuk kanji dan emping mlinjo dan tak lupa taburan bawang merah goreng.

Beberapa hari yang lalu ...ketika pulang ke Lumajang kebetulan Umik lagi bikin gado-gado, wah senengnya ...kami bertiga jadi makan gado-gado. Karena abis makan dirumah Umik itu aku jadi pengen bikin gado-gado hehee... dulu sih pernah bikin tapi udah lamaaaaa...
Tapi akhir-akhir ini lebih sering beli siiih...hmm apa salahnya ya klo coba bikin lagi ^^

GADO-GADO ala vivi

Bahan :
100gr Kacang tanah, goreng
400cc Santan
3siung Bawang putih
1cm Lengkuas
2bh Cabe merah besar
2lbr Daun salam
Garam dan gula secukupnya

Pelengkap
Daun selada
Sayuran yang direbus (kacang panjang, wortel, kol)
Telur rebus
Kentang rebus
Tahu dan tempe goreng
Timun
Krupuk dan emping
Bawang merah goreng

Cara membuat :

Blender hingga halus kacang tanah dengan santan, bawang putih, cabe merah dan lengkuas.
Kemudian tuang diwajan dan masak dengan api kecil. Tambahkan daun salam, garam dan gula. Masak sambil diaduk hingga mengental.
Penyajian : tata dipiring semua pelengkap gado-gado kemudian siram dengan bumbu dan tabur dengan bawang merah goreng. Sajikan dengan krupuk dan emping.
Bumbu untuk 3 porsi.



Karena aku penggemar berat sayuran soooo ~~ aku suka banget dengan gado-gado...seperti rasa sukaku dengan pecel. Hmm...tapi gado-gado bikinanku kali ini minus emping karena aku ga pernah punya stok emping siiih, beli ditoko terdekat juga ga ada, jadi yasudahlah tanpa emping. Oiya...untuk bumbu pecel, pernah bikin siiiih tapi lebih sering beli bumbu jadi karena aku udah ketemu rasa yang pas dengan seleraku daaaan yang penting ga pedes hehee...
Okay...segini aja ya, lets cooking ^^

You Might Also Like

0 komentar