Wednesday, 19 August 2015

DENDENG KLOPO



Bismillah ...

Dendeng Klopo atau Dendeng Kelapa....hayooo sapa yang udah pernah maem dengan lauk ini ? Di tempatku lauk ini udah ga asing lagi hampir semua sodaraku bisa membuatnya. Maem dengan lauk daging sapi yang sedikit tapi dengan rasa yang wah hihiii... jadiiiii daging sapi yang diiris tipiiiis mirip dengn irisan untuk bikin dendeng kemudian dibumbui dan ditutup rata dengan kelapa parut kemudian digoreng. Daging sapi yang hanya 100gr pun bisa jadi lauk sepiring penuh hahaa... 
Dan lagi-lagi...aku pake resep Umikku. Kangen banget pengen bikin dendeng ini, dulu kami bertiga sering dibikinin sama Umik... biasanya sebagai pendamping rawon atau lodeh...tapi ga jarang kami hanya memakannya dengan nasi hangat. Waktu itu udah berasa makan mewah hahaa...
Sebenarnya bukan kali pertama aku bikin dendeng ini tapi yang kali ini niat banget mo berbagi disini. Tadi pagi-pagi sekali udah dibela-belain marut kelapa padahal dimeja dapur yang sama sampingnya ada adonan roti maryam geletakan menunggu perhatian dari yang punya dapur daaaan rotmarnya mo diambil ntar sore huhuhuu...tapi kuabaikan sebentarlah adonan rotmar itu juga bunyi hp yang dari tadi centang-centing didepanku tak kuhiraukan...konsentrasi bikin dendeng dulu biar cepet slese dan biar segera mateng dan biar segera kugigit  hahaa

DENDENG KELAPA

Bahan :
100gr Daging sapi tanpa lemak, iris tipis
250gr Kelapa parut
5sdm Tepung taipoka
2sdm Air
Minyak untuk menggoreng


Bumbu yang dihaluskan :
3 siung Bawang putih
1cm Lengkuas
cm Kunyit
1cm Kencur
1sdt Ketumbar
1/8sdt Jinten
2lbr Daun jeruk
1/2sdt Gula
1sdm Gula

Cara membuat :

1. Campur bumbu halus dengan gula, garam, tepung dan air. Aduk rata. 

2. Celupkan potongan daging kedalam bumbu kemudian gulingkan diparutan kelapa hingga semua sisi tertutup parutan kelapa. Lakukan untuk semua irisan daging.

3. Panaskan wajan dengan minyak goreng secukupnya kemudian goreng dendeng dengan api sedang hingga matang.

#ketika menggoreng, jangan terlalu sering dibolak-balik supaya kelapa parut tidak rontok.





Yuhhuuu...inilah Dendeng Klopo, rasanya udah mirip banget sama bikinan Umik. Hmm... klo dipikir-pikir kayaknya aku udah bisa masak nih, sssttt....ga sombong lho yaa cuma pengen mendapat pengakuan aja....hahaa ...#lupakan ya, ga penting banget !!
Udah ah...selamat menyiapkan makan siang untuk semuanya ^^
Aku juga mo siap-siap makan siang, dendeng plus sambel dabu-dabu. Mau maem bareng aku ?? yuk merapat kerumah yaa  ... __"
Happy Cooking Moms ^^

No comments:

Post a Comment