Sunday, 23 August 2015

BUBUR SUMSUM PANDAN



Bismillah ...

Akhirnya aku bikin bubur sumsum untuk hari minggu ku. Hmm ...udah lama juga lho ga bikin bubur sumsum. Tadi pagi-pagi sebelum berangkat jalan-jalan aku sempetin untuk bikin dan sengaja aku bikin pake warna hijau "asli hijau pandan lho...!" karena punya pohonnya jadi ga susah-susah nyari daun pandan sujinya. Pohon pandan itu aku bawa dari Tempeh dan aku tanam dipot, hmm...pohonnya miring...sangking rimbun daunnya sampe hampir rubuh aja, jadi nih critanya menyelamatkan pohon pandan suji biar ga rubuh, hehee...
Sebenarnya sering banget sih bikin bubur sumsum ini karena mudah banget kan bikinnya. Dulu udah pernah aku publish disini  yaitu Bubur Sumsum yang warna putih dan aku tambah dengan potongan nangka, untuk yang sekarang aku tambah potongan pisang karena kebetulan ada pisang kepok yang udah mateeeng banget. Antara nangka dan pisang...menurutku sih masih jauh lebih enak yang pake nangka walopun nangka dan pisang udah klik banget dengan gurih santan...tapi ada rasa yang beda aza klo pake nangka. Kalo yang ditambah pisang jadi mirip-mirip kayak makan nagasari secara bahan dasarnya sama ya...hanya yang bubur sumsum lebih lembek.

BUBUR SUMSUM PANDAN 

Bahan : 
400cc Santan kental
100cc Air perasan daun suji dan pandan (20lbr daun suji+2lbr daun pandan)
75gr Tepung beras
1/2sdt Garam
3bh Pisang kepok potong-potong dadu
Saus gula merah : Rebus 100gr gula merah dengan 200cc Air dan 2lbr daun pandan hingga mendidih.

Cara membuat :

Campur semua bahan bubur, aduk rata. Kemudian masak diatas api kecil sambil diaduk terus supaya tidak menggerindil hingga mengental dan meletup-letup.
Sajikan bubur sumsum dengan saus gula merah.



Dan aku suka banget dengan rasanya, masfitri juga...sebenarnya adek juga doyan dengan jajanan kayak gini tapiiiiii karena aku tambah warna pandan dia jadi ga suka, oh noooo ...!!
Yasudahlah, akhirnya...kesimpulannya adalah rasa pandan dengan daun suji jauuuuh lebih nikmat daripada pake pasta pandan dan warna alaminya ...duh! asli bikin jatuh tjintah deh ...
Dan Bubur sumsum ini udah sukses membuat hari mingguku indah...
Okay...yuk ah siap-siap untuk hari Senin besok, eiiitss... tanpa kata I hate monday yaa ..^^

No comments:

Post a Comment