BELAJAR MEMBUAT PEMPEK :D:D

17:35:00



Bismillah ...

Sebelum panjang nulisnya, aku mo bilang "jangan ketawa liat pempek ku yang jaaaauh dari rapi" :D
Aku adalah penggemar ikan dan hasil olahannya, jadi klo aku suka pempek itu sangat beralasan sekali ya. Apakah aku sering beli ? jawabnya YA, tapi selalu ada yang kurang menurutku (indra perasaku terlalu sensi kayaknya ya ) dari adonan pempeknya sampe kuahnya, kadang ada yang pempeknya enak tapi kuahnya yang hmm biasa sajah ato sebaliknya.
Berawal dari rasa suka itu akhirnya coba-coba bikin sendiri, dan ini adalah percobaan bikin pempek yang kesekian kalinya...klo diitung udah banyak kali lah bikin pempek dari berbagai resep yang berbeda tapi ga ada yang mendekati sempurna bentuknya dan teksturnya...ntah aku yang salah ato gimana (kayaknya sih aku yang salah karena aku bukan orang yang pandai-pandai banget mengeksekusi resep) pokoknya tiap kali bikin adonannya... ada yang terlalu lembek sampe susah dibentuk dan ada juga yang terlalu kaku hiks... bisa dibayangkan kan hasil akhirnya klo adonannya aja udah kayak gitu. Pernah juga dikasih resep temen yang konon katanya dia pernah jualan pempek laris manis, hmm penasaran dong...setelah konsultasi sama dia panjang lebar, hasil yang aku bikin tetep aja ga memuaskan :(
Doeloe...tiap kali dapat resep baru dan mo bikin selalu dibela-belain pesen fillet tenggiri ke tukang ikan, aku maunya filletnya karena klo ikannya masih butuh waktu untuk memisahkan duri/tulang ikan sama dagingnya jadi ribet banget menurutku. Blom lagi membentuk adonannya karena tiap kali bikin pengennya selalu ada yang pempek kapal selamnya, duhduh...bikin yang kapal selam ituu @_@ sampe sempet kepikir mo tak isi telor rebus utuh aja biar telurnya ga keluar kanan kiri gitu...klo udah nyerah biasanya aku bikin bulat ato lenjer hihii ^^
Klo saat ini sempet terbingkai menjadi sebuah gambar seperti ini...yasudahlah mungkin aku bisanya bikin kayak gini, bukan nyerah lho ya karena masih pengen nyoba bikin lagi hahaa
Untuk resepnya ...kali ini aku ga nyontek dari manapun ato bisa dibilang asal aja bikinnya tapi tetep aku timbang. Oiya...dari beberapa resep yang udah aku coba ... beda resep pasti beda pula cara bikinnya. Dan yang aku bikin kali ini hanya haluskan daging sampe bener-bener halus, campur bumbu dan telor kemudian uleni dengan tepung, bentuk kemudian rebus deh. Simple ! Yang aku ingat dari yang pernah aku baca adalah menghaluskan daging ikan harus bener-bener halus dan jangan terlalu lama menguleni adonan karena bisa mengakibatkan pempek menjadi keras ketika sudah matang.

PEMPEK ala vivi :D:D

Bahan :
300gr Fillet ikan
200gr Tepung sagu
3siung Bawang putih, haluskan
1sdt Garam
1btr Telur ukuran besar


Cara membuat :
Haluskan ikan sampai bener-bener halus kemudian tambahkan bawang putih, garam dan telor (boleh juga ditambahkan penyedap rasa) aduk rata. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan bisa dibentuk dan tidak lengket. Adonan siap dibentuk. Klo mo membuat kapal selam ambil adonan secukupnya kemudian bulatkan dan tekan-tekan dengan ibu jari hingga membentuk kantong, isi kantong adonan dengan telur kemudian rapatkan. Rebus dalam air yang sudah mendidih hingga mengapung.

Kuah Pempek

Bahan :
750cc Air
200gr Gula aren (klo menggunakan gula merah warnanya agak pucat)
30gr Asam jawa
5 siung Bawang putih, haluskan
1,5 Garam

Cara membuat : Rebus semua bahan hingga mendidih.




Pesan khusus dari aku adalah abaikan resep ini jika anda mempunyai resep yang lebih MANTAP hihiiii... indahnya berbagi.
Okay...happy satnight ya semuaaa...^^ Aku juga mo jalan-jalan nih ngilangin suntuk karena dari tadi inetnya ngos-ngosan, hihiii alasan ae... Seeyaaa <3>

You Might Also Like

0 komentar