Sunday, 5 July 2015

PUFF PASTRY



Bismillah ...

Jika ada yang bilang bahwa apa yang sering kita liat pada waktu kecil akan membekas ketika kita dewasa nanti... aku setuju. Dan mungkin aku adalah salah satu orang yang merasakan hal itu. Doeloe, vivi kecil sering meliat Umik bikin adonan puff, klo dirumah biasa menyebutnya Grem...aku yakin klo dirumah ada yang bilang Puff Pastry dijamin ga bakalan ada yang tau. Waktu itu aku melihatnya kayaknya susah banget bikinnya...sampe ketika udah mulai bermain-main dengan tepung dan belajar bikin-bikin kue... puff adalah salah satu target yang ingin kutaklukkan. Akhirnya...sampai saat ini aku udah berkali-kali bikin adonan puff. Bisa diartikan aku udah bisa menaklukkannya, yess!! dan hasilnya pun tidak pernah mengecewakan. Melihat ini semua Umik tersenyum :) mungkin aku adalah salah satu orang yang beruntung karena masih banyak temen-temen yang mengeluh bahwa adonan puffnya ga mengembang, bocor korsvetnya keluar dll... dan aku hanya bisa bilang Alhamdulillah karena aku bisaaa !! ^^




Kali ini aku membuat puff yang aku isi dengan selai nanas homemade. Aku biasa menyebutnya Grem isi selai :D ... Doeloe, kue ini pernah berjaya dijamannya, kira-kira ketika aku masih SD. Waktu itu Umik sering banget bikin, biasanya untuk acara selametan (maklumlah...waktu masih ada Almarhum Mbah selalu aja ada selametan ini-itu, biar slamet kali ya ...^^) Untuk isiannya... ada yang isi selai nanas ato kacang. Klo yang isi pisang baru belakangan ini mulai rame didesaku. Bentuk segitiga adalah favorit Umik, klo ada sisa baru dilipat memanjang kesamping karena tidak memungkinkan klo dibikin segitiga. Waktu itu klo ada slametan terus salah satu kuenya adalah grem ...hmm udah terkesan mewah banget :D
Akhir-akhir ini Umik udah jarang bikin, udah males paling ya. Tapi tidak dengan Bulekkku, blio emang jualan kue dan jual kuker juga klo pas puasa kayak gini, dan salah satu kue kering yang dijual adalah grem isi kacang (selalu diisi kacang) dengan bentuk yang imut karena untuk isian toples. Grem Isi Kacang itu jadi jualan yang laris manis, hmm best seller lah didapurnya bulekku ... bikin segitu banyak kayaknya mudah banget buat blio. Aahh...klo aku ga janji deh bikin yang kecil-kecil kayak gitu. Oiya, biasanya klo lebaran kerumahnya aku selalu dapat jatah setoples, semoga taun ini masih ada jatah untukku .. #ngarep viiii ^^




Dan bikin puff kali ini adalah untuk menghabiskan sisa korsvet yang akan habis umurnya pertengahan bulan ini. Setelah beberapa waktu yang lalu udah dipake untuk bikin BanPuff sisa korsvetnya masih bisa dipake untuk bikin satu resep lagi. Dan isinya aku milih selai nanas, udah aku bikin beberapa hari yang lalu. Sejatinya selai itu akan aku pake untuk bikin nastar tapi aku mualeees banget. Rasa-rasanya lebaran kali ini aku ga bikin kue kering dan minta ke Umik aja daaaan kemarin aku beli biskuit kaleng hikz... udah ada biskuit kaleng itu, kacang mede (beli mateng) dan rengginang  (beli mentahnya) dirumahku. hmm...
Oiya puff ini masih pake resep  yang ini ... semoga ga bosen liat puff yang berulang-ulang disini ^^
Selamat menunaikan ibadah puasa ...^^



No comments:

Post a Comment