DAGING SAPI MASAK KECAP

16:55:00



Bismillah ...

Sejatinya aku tidak suka membuat masakan yang terlalu ribet dengan berbagai macam bumbu dan pernik-perniknya tapi kenyataan yang ada adalah aku suka banget dengan masakan yang berbumbu mungkin kalo ada yang membuatkan dengan selera yang pas denganku aku akan dengan senang hati minta dibuatkan ketika aku pengen makan masakan itu. Sampai saat ini yang belom pernah aku bikin sementara aku doyan banget adalah Gulai Kambing. Gulai kambing ini selalu tersedia kalo pas lebaran dirumahku meskipun ga lebaran pun Umikku sering bikin tapi lebaran dengan gulai kambing itu sesuatu banget. Begitu banyak resep Gulai Kambing tapi yang mengerti dengan rasaku hanya Umikku dan sodara-sodara ku dari Abi. Kalo beliau-beliau yang bikin rasanya mantap banget. Dan lebaran kali ini karena aku merayakan lebaran dirumah mertua jadi aku harus mengikhlaskan Gulai Kambing itu...dan aku harus cukup puas hanya dengan kiriman foto dari kakak yaitu gulai kambing lengkap dengan ketupatnya (dia ga ikut ke Wonosobo dan memilih lebaran bareng Jidah dan Jidi nya). Dan menu lebaran dirumah mertua adalah opor ayam/bebek, sate ambal (mbak iparku yang bawa dari Kebumen) dan pecel lengkap dengan sayur-mayurnya. Sebenarnya masih ada ikan air tawar yang guede-guede hasil panen dari kolam depan rumah tapi baru sempet digoreng, sejatinya ikan-ikan itu mau dimasak mangut oleh ibu mertua. Aahh...bener-bener aku kangen masakan Umikku, semoga masih ada sisa gulai kambing untukku doaku waktu itu hihiii....
Oiya...kenapa aku sampai sekarang belom pernah bikin gulai Kambing ? karena yang pasti bumbunya ribet banget, ada bumbu kering dan bumbu basahnya plus koyah kelapa yang ditumbuk sampai berminyak gitu. Dulu pernah bikin siih tapi aku hanya cemplung-cemplung aja karena semua bumbunya Umik yang bikin. Dengan hanya merebus daging kambing plus tulang-tulang yang masih ada dagingnya dan langkah selanjutnya mengikuti instruksi dari Umik jadi deh Gulai Kambing yang mantap hihiii... tapi suatu hari nanti aku pasti akan bikin sendiri, aku janji!! ^^
Dan kali ini aku masak Daging Sapi Masak Kecap, ini masakan vivi banget karena ga pake ribet pastinya yaa ^^ resepnya juga hasil liat di Umik... biasanya klo Umik yang bikin pake daging sapi, daging kambing ato daging ayam dan selalu ditambah dengan kayu manis dan cengkeh tapi kalo aku yang bikin selalu menghilangkan kedua rempah itu karena anak-anakku ga begitu suka dengan aroma kayu manis dan cengkeh pada masakan. Dan yang kali ini aku menambahkan potongan kentang biar ada alasan jika ketika makan aku tidak pake nasi ^^

DAGING SAPI MASAK KECAP

Bahan :
300gr Daging sapi tanpa lemak, potong-potong sesuai selera
6buah Kentang ukuran sedang, kupas dan belah 2
1 Daun bawang, belah dan potong panjang
2sdm Kecap manis
1sdt Garam
Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

5siung Bawang putih
10btr Bawang merah
1-2cm Jahe
1/2sdt Merica bubuk
1/4sdt Pala bubuk
1buah Tomat ukuran besar

Cara membuat :
Siapkan panci tekan. Masukkan daging sapi dan bumbu yang dihaluskan tambahkan air secukupnya, masak 10-15 menit dari panci tekan yang sudah berbunyi. Matikan api dan biarkan hingga uap panasnya hilang. Buka tutup panci, biarkan air yang tersisa dipanci kemudian tambahkan kentang, kecap dan garam. Masak kembali hingga kuah menyusut dan kentang matang. Terakhir masukkan daun bawang, aduk rata.

** Jika tidak ada panci tekan silahkan dimasak menggunakan panci tapi akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuat daging sapi menjadi empuk.
** Setiap masakan yang Umikku bikin jika ada pemakaian merica dan pala beliau selalu menggunakan merica butiran dan biji pala karena beliau anti yang bubuk-bubukan karena menurut beliau akan pengaruh dirasa, hmm...kayaknya bener deh...tapi klo aku lebih memilih yang bubuk karena lebih praktis tanpa menghaluskan pastinya ^^





Gara-gara masakan ini aku mendapat pujian dari anak-anakku. Adek yang biasanya tidak begitu suka daging jadi suka banget...hmm bahagianya menjadi bunda :)
Akhirnya...selamat memasak Ibu, sajikan yang terbaik buat keluarga tercinta ^^

You Might Also Like

0 komentar