BOLA-BOLA AYAM SAUS ASAM MANIS ala vivi :D

19:40:00



Bismillah ...

Masih melanjutkan cerita si telur puyuh yang beli sekilo kemarin... :D
Hari ini masak Bola-Bola Ayam Saus Asam Manis, saus asman nya bener-bener ala vivi banget ato lebih tepatnya ala rumahku :D sebenarnya sering banget sih bikin saus asam manis, biasanya sebagai saus pelengkap untuk  gurame, udang goreng tepung, bakso dan sosis ato ayam goreng tepung, jadi ini bukan masakan baru dirumahku hanya aja model dan bentuknya tetep gitu-gitu aja hihiii dan adek adalah penggemar saus asam manis yang bentuk dan modelnya biasa-biasa itu :D ... klo pas lagi makan di resto ato rumah makan dengan menu yang ada asam manisnya pasti yang terlihat adalah saus asam manis yang bener-bener menggugah selera yaitu terdiri dari potongan nanas, bawang bombay, paprika, kacang polong dan wortel ...tapi tidak demikian dengan saus asam manisku. Biasanya saus asam manis bikinanku yang terlihat hanya bawang bombay yang dipotong kasar karena anak-anakku ga suka nanas, kacang polong ...paprika juga hanya suka klo dipake topping pizza dan untuk kali ini aku tambah dengan bunga kol itupun karena mereka berdua suka bunga kol dan kebetulan dikulkas lagi ada...
Untuk bola-bola ayamnya aku bikin mirip bakso tapi tanpa tambahan tepung dan dalamnya aku isi dengan telur puyuh.

BOLA-BOLA AYAM SAUS ASAM MANIS

Bahan :
350gr Daging ayam, haluskan
2siung Bawang putih, haluskan
3btr Bawang merah, haluskan
1sdt Garam
1sdt Merica bubuk
1 Putih telur
20btr Telur puyuh rebus yang sudah dikuliti

Cara membuat
Didihkan air secukupnya dalam panci. Campur daging ayam, bawang merah, bawang putih, merica, garam dan putih telur, aduk rata. Ambil satu sendok teh adonan ayam, pipihkan dan tambahkan satu butir telur puyuh. Bentuk bulat kemudian masukkan kedalam panci yang berisi air mendidih, lakukan hingga adonan ayam habis. Masak bulatan-bulatan ayam hingga matang dan mengapung. Kemudian tiriskan.

SAUS ASAM MANIS

150gr Bunga kol, potong perkuntum
2siung Bawang putih, geprek dan cincang halus
1bh Bawang bombay
4sdm Saus tomat
1sdm Saus cabe
1sdt Merica bubuk
Garam dan gula secukupnya
Air kurang lebih 150cc
2sdm Margarin untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus cabe dan merica bubuk aduk rata tambahkan bola-bola ayam yang sudah digoreng dengan sedikit minyak, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan hingga mendidih. Terakhir tambahkan bunga kol, masak hingga agak layu (aku suka bunga kol yang masih agak kriuk). Angkat dan sajikan.





Rasanya tidak mengecewakan...dan yang penting pasukanku suka semua, alhamdulillah ^^
Hari ke 15 Ramadhan...itu berarti udah separuh Ramadhan, ayo semangat...semangat...manfaatkan sebaik-baiknya waktu yang ada sekarang ^^

You Might Also Like

0 komentar