BANANA MUFFIN

18:34:00

 

Bismillah ...

Dan sampai disini kisah si pisang kirana...sisa beberapa biji aku bikin muffin pisang.
Sepintas tidak ada bedanya antara muffin dan cupcake. Muffin dan cupcake adalah 2 jenis  kue yang berbeda tapi kebanyakan sama-sama ditampilkan dalam cup kertas. Yang membedakan adalah ... pertama diliat takaran bahannya, dengan takaran bahan yang berbeda muffin cenderung lebih padat dari cupcake,  yang kedua adalah cara membuatnya, membuat muffin jauh lebih mudah dan cepat daripada cupcake, cara pembuatan cupcake bisa dibilang sama dengan membuat cake yaitu dengan mencampurkan bahan satu persatu dengan urutan yang tepat sedangkan cara membuat muffin yaitu mencampur semua bahan kering yang kemudian dicampurkan dengan bahan basah. Selanjutnya yaitu cara penyajian, saat ini yang lagi tren adalah cupcake yang cantik-cantik dengan berbagai macam topping ato hiasan dari buttercream/ fondant, sedangkan untuk muffin biasanya selalu tanpa hiasan dengan puncak yang mirip jamur merekah dengan berbagai macam isian (buah kering ato kacang-kacangan).
Kalopun tanpa aku tuliskan beda muffin dan cupcake aku yakin temen-temen udah pada tau dan yang pasti udah pada jago-jago bikin muffin dan cupcake ya :)
Kali ini aku pake resep dari Saji aja yaa...

BANANA MUFFIN

Bahan :
250gr Tepung terigu (vi pk segitiga biru)
50gr Gula pasir halus
50gr Gula palem
1sdm Baking powder (vi pake 1sdt)
2btr Telur, kocok lepas
1/4sdt Garam
100cc Susu cair
300 Pisang ambon, haluskan (vi pake pisang kirana)
75gr Margarin, lelehkan
100gr Chocochip

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu, gula pasir, gula palem dan baking powder. Aduk rata.
2. Kocok lepas telur dan garam. Masukkan susu cair dan pisang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan margarin leleh, aduk perlahan. Masukkan chocochip aduk rata.
3. Tuang dicetakan muffin pendek yang sudah dialas cup kertas.
4. Oven dengan suhu 190 derajat celcius sampai matang.





Masih seperti biasa nya ...suka banget dengan yang berbau-bau pisang. Untuk sementara cerita tentang pisang udah abis tapi jangan bosen ya klo suatu hari nanti ketemu pisang lagi disini, hehe ^^

You Might Also Like

0 komentar