WEDANG RONDE

10:08:00

  


Bismillah ...
Puasa taun ini diawali batuk ayah dan adek. Adek yang udah ga enak badan dari beberapa hari yang lalu dan masfitri sejak dari Lamongan itu tapi sedikitpun tidak memupuskan semangat untuk puasa. Ketika di tukang sayur ada kolang-kaling pengen beli deh tapi tidak terpikir untuk bikin kolak sebagaimana sajian takjil pada umumnya, jujur nih...setiap kali puasa kami juarang banget bikin kolak ato bisa dibilang ga pernah, yang selalu ada adalah kurma dan jus melon. 
Karena pada batuk, alangkah lebih baik klo bikin yang anget-anget aja yaa...^^ dan wedang ronde adalah pilihan yang tepat... kolang-kaling sebagai pelengkapnya. Untuk bikin rondenya tuh gampang banget, hanya tepung ketan yang diberi sedikit garam kemudian diuleni dengan air hangat hingga dapat dbentuk. Isiannya adalah kacang tanah yang disangrai kemudian dihaluskan bersama dengan gula pasir. Untuk ngulen tepung ketan  dan bikin isiannya aku ga pake takaran. Untuk rondenya tadinya mo bikin 100gr tepung ketan aja, eh setelah jadi buletan warna merah ijo kok kayaknya dikit banget, akhirnya ngulen tepung ketan  dikit lagi dan jadilah yang warna putih itu hihiii ... air untuk ngulen lupa ga diukur, kacangnya juga pake kira-kira aja, sebagian ga aku haluskan karena untuk taburan. Tapi intip gugel juga siiih untuk liat cara bikin sirup jahenya, sirup wedang ronde yang ini tapi pemakaian gulanya aku kurangi dan minus sere karena takut adek ga suka dengan rasanya yang kuat banget. Waktu ngerebus sirupnya ...wah bikin heboh!! wanginya serumah, mungkin keluar juga pas hari puasa lagi, hikz... sampe ada yang nanya "lagi bikin kue talam kah ? " huhuu T,T... untungnya poto-potonya diteras belakang, apa jadinya klo diteras depan yaa :D :D
Dan hasilnya ....lumayanlah, bisa melonggarkan tenggorokan hihiiii... ^^

Oiya, klo kalian mo nyoba...jangan takut gagal dengan ronde yang tanpa takaran karena bisa dikata ini adalah kue ato jajanan yang bikinnya jauh dari kata gagal ^^ ga seperti cake yang harus pake takaran tepat.
Selamat berpuasa untuk semua ...^^




You Might Also Like

0 komentar