Wednesday, 17 June 2015

TONGKOL MASAK KECAP



Bismillah ...

Mari memasak...^^  ini adalah masakan paling gampang yang diajarkan Umikku. Tidak hanya tongkol (segar ato pindang) yang umikku masak kayak gini tapi ikan asin, kerang, udang keciiiiiiiil (basah ato kering). Oiya...udang kering yang keciiiiil itu aku biasa menyebutnya reket, klo disini biasanya dibikin rempeyek, tapi klo aku selain dimasak kecap tak pake campuran nasi goreng...hwiiihh enak banget. Disini ada yang jual segernya juga ...kalo mo masak yang masih seger harus dicuci berulang-ulang karena suka berpasir. Ntar kapan-kapan klo ada aku beli aku kasih liat disini ya... ^^ sekarang masak tongkol aja dulu .... :D
Karena Probolinggo daerah pantai maka klo mo nyari ikan seger tuh mudah banget. Belanja ikan pun ga perlu jauh-jauh kepasar...penjual ikan keliling tiap hari lewat depan rumah dengan harga yang bersahabat, kecuali hari Jumat ya paaak... hehee. Oiya ...klo bulan purnama tepatnya tengah bulan penanggalan Jawa biasanya ikan yang dibawa tukang ikan kecil-kecil dan ga sebanyak biasanya... konon ceritanya klo bulan purnama ikan-ikan pada ngumpet karena cahaya bulan menerangi seluruh permukaan laut, hmm kayaknya perlu ditanyakan ke ahlinya nih ...

TONGKOL MASAK KECAP

Bahan :
1ekor Tongkol ukuran sedang, potong-potong dan goreng
5btr Bawang merah, iris tipis
3siung Bawang putih, iris tipis
1cm Jahe, iris tipis
1bh Tomat, potong kasar
1bh Cabe merah besar, iris-iris
1lbr Daun salam
2sdm Kecap manis
100cc Air
1/2sdt Garam
Gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, daun salam hingga harum. Tambahkan ikan dan kecap, aduk rata. Masukkkan tomat, garam, gula dan air, aduk rata dan biarkan bumbu meresap.

 



Biasanya klo ummiku bikin ditambah irisan cabe rawit banyak banget, bisa bayangin kan rasanya hehee...tapi karena disini ga ada yang suka pedes jadi ya aku menyesuaikan aja walopun maksud hati pengen tak kasih rawit juga...hikz.
Selamat memasak Ibu... ^^

1 comment:

  1. Punya usaha nasi goreng? Ingin usaha kulinermu cepat dikenal? Ayo coba gunakan Greenpack. Selengkapnya klik di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete