SOTO AYAM

20:29:00



Bismillah ...
Memasak Soto Ayam....aaaahh ini sih masakan beberapa hari yang lalu, untung ga basi ya ...:P :D
Eh ...udah bulan Juni ya ? selamat datang Juniiii ^^ ga terasa euy, tau-tau udah ganti bulan aja lho. Berarti ini masakan bulan kemarin, hahaa
Tentang masakan soto kali ini, aku yakin semua udah kenal dan yakin pula klo udah pernah masak soto. Dan kami sekeluarga suka banget...kecuali adek, dia suka tapi ga banget hehee, untuk sekali makan udah...dan makan berikutnya dia akan minta bikinin telur ceplok ato telur dadar.
Masakan berkuah yang satu ini emang suka bikin kangen...kangen aroma seledri, bawng merah+putih goreng dan air jeruk nipis yang membuat kuahnya semakin lezat, hmm >,< membayangkan makan soto... syuka banget di maem ga pake nasi.

SOTO AYAM

Bahan :
Separuh dada ayam
2ltr Air
3lbr Daun jeruk
1btg Serai, memarkan
2tangkai Daun bawang, potong kasar
4siung Bawang putih, iris tipis dan goreng kering
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
5Siung Bawang putih
1/2sdt Merica bubuk
4cm Kunyit
5btr Kemiri, goreng
1cm Jahe

Pelengkap :
Telur rebus, taoge (rebus sebentar), soun (diseduh), seledri (iris halus), jeruk nipis, bawang goreng

Cara membuat :
1. Rebus dada ayam dan air hingga mendidih, matikan api. Tiriskan ayamnya kemudian saring air kaldu. Rebus kembali kaldu dan dada ayamnya hingga mendidih.

2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun jeruk dan sere, Aduk rata. Tuang bumbu yang sudah ditumis ke rebusan ayam. Biarkan hingga daging ayam matang dan bumbu meresap.

3. Tiriskan ayamnya kemudian goreng. Tambahkan garam, bawang putih goreng dan daun bawang kedalam kuah soto, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.

4. Sajikan soto ayam dengan pelengkapnya.





Oiya...klo Umikku bikin biasanya ditambah koyah, blio bilang soto ga lengkap klo tanpa koyah. Jadi klo bikin soto dibela-belain bikin koyahnya juga... pokoknya harus ada koyah. Kenapa pake kata dibela-belain ? karena bikin koyahnya tuh ribet dan makan waktu banget, yaitu terbuat dari kelapa parut yang disangrai hingga kering (lammaaa sekali untuk menjadikan kelapa parut basah menjadi kering) kemudian dihaluskan, bisa ditumbuk ato diblender...klo aku pake blender aja biar cepet dan ga bikin panas tangan gara2 numbuk-numbuk hehe... tambahan koyah pada kuah soto bisa membuat kuah tampak keruh tapi tambah guriiiih... klo aku yang masak sotonya selalu tanpa koyah, males puol bikin koyahnya :D :D biarpun kelapa ga pernah beli hihiii...pake koyah klo ada kiriman dari Umik :D
Akhirnyaaa....happy cooking moms ^^

You Might Also Like

0 komentar