SATE PENTHUL

09:27:00




Bismillah ...
Buatku bahagia itu sederhana sekali, bisa membuatkan sesuatu buat keluarga kecilku kemudian mereka suka dengan apa yang aku bikin, itu udah membuatku buahagiaaa... apalagi melihat mereka tersenyum kemudian bilang "makasih ya Nda, enak banget"  ...aaahh rasanya pengen mengulang-ngulang saat seperti itu... #ngefly... Aku yakin semua ibu-ibu dibelahan dunia manapun pasti merasakan seperti apa yang aku rasakan... ayo ngaku! awas klo ga ngaku aku lempar loyang dari sini ..hahaa  #becanda ^^ ....kemudian yang terucap adalah alhamdulillah, karena udah diberi tangan yang udah bisa membuat sesuatu, udah diberi mata yang bisa membaca resep, diberi waktu dan kesempatan untuk nguprek didapur, diberi rejeki untuk bisa membeli ini-itu...daaaaaan masih banyak lagi diberi-diberi yang lain yang akan panjang klo ditulis disini. Alhamdulillah ...^^

Okay...kali ini aku bikin Sate Penthul. Aku pernah makan tapi baru pertama bikin. Bumbunya sebenarnya hanya membayangkan rasa yang pernah aku makan itu. Bulikku yang tukang ketring tuh sering bikin. Biasanya terbuat dari daging sapi ato daging ayam. Untuk penyelesaian akhir... ada yang langsung dibakar ketika masih mentah ato bisa juga dikukus dulu. Aku milih yang dikukus dulu aja. Trus nih...klo bulikku bikin daging yang sudah berbumbu dibungkus daun satu-satu....kurang lebih begini caranya...daun pisang dibulatkan (kayak mo bikin lontong tapi ga sepanjang klo mo bikin lontong) kemudian bagian bawah dilipat keatas, daging berbumbu disendokkan ke dalam daun pisang bagian atas yang tidak tertutup, tambahkan tusuk sate pas ditengah, kemudian tata berdiri berhimpitan di dandang, kukus. Karena bikinnya banyak jadi ngukusnya pake dandang gede, penuh sesak. Bisa dibayangkan kan ? Dan karena aku bikinnya cuma dikit jadi daging berbumbu yang udah dikasih tusuk sate aku tata diloyang aja.
Langsung resep aja ya... ___"

SATE PENTHUL

Bahan :
500gr Fillet ayam, haluskan
1btr Telur

Bumbu halus :
4 siung Bawang putih
7 btr Bawang merah
1cm Lengkuas
1cm Jahe
1cm Kencur
4 btr Kemiri
1sdt Ketumbar
Sedikit jinten
1/4sdt Merica bubuk
3lbr Daun jeruk buang tulangnya
Gula dan garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

1 btr telur untuk mencelup
Stik es krim secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam daging ayam, tambahkan telur, gula dan garam. Aduk rata. Atau bisa juga diproses di food prosessor.
Ambil stik es krim kemudian rekatkan daging yang sudah berbumbu sambil dipadatkan, tata diloyang. Lakukan hingga adonan habis. Kemudian kukus hingga matang. Penyelesaian : Celupkan sate kedalam kocokan telur kemudian goreng.







Hmm...enak bangeeeet dan semua suka ^^...karena bisa di frozen kayaknya mo bikin lagi deh buat persiapan puasa selain nugget dan rolade. Klo lauk udah ada tinggal masak sayurnya aja kaaan ? hihiii
Okay...happy cooking moms ^^

You Might Also Like

0 komentar