Thursday, 4 June 2015

SATE KOMOH




Bismillah ...

Sate...makanan yang udah ga asing lagi. Biasanya di buat lauk, terdiri dari potongan daging yang sudah berbumbu dengan ukuran kurang lebih sebesar ibu jari ato bisa lebih kecil lagi ato ada juga yang lebih gede lagi. Kemudian ditusuk dengan tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu ato lidi. Dan penyelesaian akhir yaitu dibakar dengan menggunakan arang. Untuk dagingnya, disini umumnya menggunakan daging ayam, sapi ato kelinci.
Kali ini aku bikin Sate Komoh, yang biasa maem di Jawa Timur bagian timur pasti udah ga asing dengan menu yang satu ini. Biasanya di rumah makan suka menyediakan, klo didaerah Pasuruan dan sekitarnya Sate Komoh sering dihidangkan dengan Rawon. Sate Komoh terbuat dari daging sapi yang dipotong agak gede-gede gitu kemudian dibumbui dan proses pematangannya diungkep hingga daging bener-bener empuk, daging berbumbu yang sudah empuk tadi kemudian di tusuk dengan tusukan sate setelah itu baru dibakar dengan arang. Hmm...kebayang kan rasanya ...?
Berhubung aku sering makan tapi ga pernah bikin seperti biasa tanyalah kepada ahlinya...hehee, satu-satunya orang yang bisa diandalkan untuk masakan model begini dan selalu menjawab dengan detail setiap pertanyaan adalah "Umi'ku" ... ketika aku tanya resep sate komoh blio balik nanya mo yang kuning ato yang merah ? waduh ada yang merah juga ternyata...untuk kali ini aku mau yang kuning dulu deh, yang merah kapan-kapan aja...kebayang klo yang merah pasti banyak cabenya, hmm..kuatir ga pada doyan nih pasukanku :D :D lagipula aku juga seringnya makan yang kuning ^^

SATE KOMOH

Bahan :
500gr Daging sapi, potong-potong agak gede (aku ga ngeh jenis daging, pokoknya selalu minta yang ga berlemak)
1buah Serai, amibil baguan putihnya memarkan.
3lbr Jeruk purut
30gr Gula merah
1sdt Garam (klo kurang asin boleh ditambah)
50cc Santan kental (aku pake santan kara )
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus :
8btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2cm Lengkuas
2cm Jahe
4cm Kunyit
5btr Kemiri
1sdt Ketumbar
Sedikit jinten

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai hingga harum. Masukkan daging, aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan air secukupkan ungkep daging hingga empuk. Sampai disini lagi-lagi aku pake jurus "ga pake lama", masukkan daging bersama bumbunya kedalam panci tekan tambahkan air secukupnya, kemudian masak.
Beberapa saat kemudian buka tutup panci, biarkan sisa air yang didalam panci kemudian tambahkan santan, gula merah dan garam. Masak kembali hingga bumbu meresap dan menyusut. Tusuk daging dengan tusukan sate, kemudian bakar diatas bara api.

Bikin 500gr daging jadi 8 tusuk sate ^^ kebayang ga seberapa gedenya :D




Dan aku bisaaa... rasanya pas banget, enaaaaak... (Y)... awalnya aku galau kebayang adek pasti ga doyan dan minta dibikinin lauk lain karena seperti biasa alasannya "klo maem daging tuh suka nyangkut digigi lho Nda ..." ternyataaaa dia suka pake banget *_* ...senengnyaaaa, dan aku ingat kakak T,T ... kakaaak, makasih buanyak ya untuk kejutannya yang kemarin. Nda, Ayah dan adek bangga sama kakak, bener-bener ga bisa ngomong nda waktu itu kak, just wanna say alhamdulillah alhamdulliah alhamdullilah  #mbrebesmili...tetep semangat belajar ya dear :* :* :*

Akhirnya...semoga menjadi alternatif masakan hari ini, selamat memasak Ibu ...^^

No comments:

Post a Comment