PIZZA "water roux methode"

04:38:00


Bismillah ...

Judulnya mo menghabiskan sisa saus bolognese dikulkas, pengennya bikin roti pizza dengan resep roti yang blom pernah aku bikin. Brosing gugel...ketemu dengan Water roux Pizza di blognya Bu Ayudiah. Hmm...kayaknya menarik nih dan perlu dicoba. Doeloe pernah bikin roti dengan water roux methode tapi adonannya terlalu lembek, nth salah dimananya... opo salahe saiki dicoba neh yoo hehee
Oiya tentang saus bolognese yang ada dikulkasku itu...sebenarnya kami penggemar spageti tapi adek tuh hanya suka spageti dengan saus bolognese akhirnya kami ngikuti selera dia lah, pernah dia makan spageti dengan saus lain dia malah ga mau...adek bilang rasanya aneh. Ketika lagi njajan diluar pun klo dia milih menu spageti selalu yang pake saus bolognese. Nah...selanjutnya adalah...gara-gara udah ada yang siap pakai di SPM aku jadi males bikin sendiri (aku si pemalas) ...selalu beli saus yang  siap pakai itu kemudian dirumah tinggal diolah lagi, ditambah sosis ato tumisan daging sapi/ayam... ga pernah difoto ...? ya iyalah, lhawong sausnya aja beli jadi...masak mo dikasih judul "Spageti Bolognese ala vivi" trs tulis resep (yg nth ambil drmn), pasang foto...publish deh...aaaahh aku ga mau kayak gitu, malu pada diri sendiri >,< jadi jangan kaget klo tiba-tiba ada saus bolognese dikulkas, pokoknya spageti dan sausnya itu kayak jadi menu andalan klo pas lagi males masak hahaa ..

Kembali ke pizza lagi ya...pertama baca resepnya langsung nyari kertas terus ditulis ala kadarnya kemudian masuk dapuuuur nyiapin bahannya, eh ...kok ga ada tulisan pemakaian telur sih, kayaknya salah tulis...ambil hp... ke blog nya bu Ayu lagi (aaahh...klo kayak gini dunia serasa ada di genggaman, jiyah!) dibaca satu-satu...ternyata emang ga ada telurnya lho. Dan untuk pertama kalinya aku pake SKM di adonan roti, biasanya aku pake susu bubuk ^^

PIZZA "water roux methode"

Bahan :

Biang : 
25 gr Tepung terigu (aku pake serbaguna)
125cc Air
-------------------------------  Campur tepung terigu dan air, aduk rata kemudian masak dengan menggunakan api kecil hingga mengental (jangan sampai menggumpal ya)

300gr Tepung terigu protein tinggi
6gr Ragi instan
3sdt Gula pasir
2sdm Susu kental manis putih
1sdm Margarin
100-120 Air
Sedikit garam

Topping : Saus bolognese siap pakai, sosis, keju cheddar.

Cara membuat :

1. Campur biang, tepung terigu, ragi, gula dan SKM, aduk rata. Tambahkan air (jangan dituang semua) uleni hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga elastis.

2. Bulatkan adonan, kemudian fermentasikan hingga mengembang. Kempiskan adonan kemudian tipiskan, potong dengan cookies cutter bulat. Tata diloyang, fermentasikan lagi.

3. Oles bagian atas dengan saus bolognese, tambahkan potongan sosis dan tabur keju parut. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Yang corat-coret diatasnya itu adalah mayo pedas, sejak kenal mayo pedas isian amris ditambah mayo pedas, makutel sama ayam pok-pok selalu dimaem pake mayo pedas... dan itu permintaan anak-anakku hihiii... #maruk bgt :P


  

Eh... beneran empuk lhoo klo pake water roux methode dan kayaknya bersambung deh, maksudnya apa viii ?... aku pengen bikin lagi dengan cara seperti ini hehee...penggemar rerotian, teteeeep -,*
Dan satu lagiiii, beneran ga pake teluur, hihiiii... suwun Bu Ayu ^^

Yuk ah, dadah-dadah dulu...aku mo siap-siap bentar lagi mo ke Tempeh tanah tumpah darahku ^^


You Might Also Like

0 komentar