APEM...jajanan ndeso yang selalu bikin kangen ^^

21:25:00


Bismillah ...
Adakalanya apem harus tampil sendiri tanpa temen-temenya...lupis, ketan kratok, bledus, cenil dan lathok. Yang asli Tempeh dan sekitarnya pasti udah ga asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Biasanya di jual bareng lupis dan temen-temennya. Rasanya gurih...terbuat tepung beras dan ragi yang diuleni dengan santan tanpa gula kemudian difermentasikan . Jadi klo disajikan dengan saus gula merah kental itu rasanya paaass banget. Sebagian orang menyebutnya apem kicir mungkin karena waktu kasih gula merah nya dikicir-kicir kali ya ^^, ada juga yang menyebutnya apem kinca, kalo di Banyuwangi terkenal dengan nama serabi. Yahh...apapun namanya karena masing-masing daerah pasti punya nama sendiri-sendiri walopun bentuk dan rasanya sama ... ___"
Sirup gula merahnya sama dengan yang dipake untuk lupis yaitu gula merah yang disisir kemudian direbus dengan air sampai kental, jangan lupa tambahkan daun pandan dan daun jeruk biar wangi ( aku bikin tanpa ukuran karena aku yakin semua pasti bisa bikin sausnya hihiii )

APEM

Bahan :
250gr Teoung beras Rosebrand
2sdm Tepung terigu
1sdt Ragi
50gr Tape yang sudah matang (buang serat dan haluskan)
450cc Santan hangat
Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur tepung beras, tepung terigu, ragi, tape dan garam, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga licin. Diamkan selama 30 menit. Cetak adonan menggunakan cetakan apem. Sajikan dengan saus gula merah.





Tarraaaa...inilah hasilnya ^^ seneng banget bisa bikin karena syuka banget sama rasanya. Oiya, sebenarnya tiap pagi ada yang jual sih disini, sebecak penuh..hihiii, ibu yang jualnya sesek2an sama jualannnya :D ga beda seperti yang sering dijual dirumahku...terdiri dari lupis, cenil, bledus, apem, sama apa tuh ya namanya ...terbuat dari tepung terigu tapi aku lupa namanya, mirip kue lapis tapi ga berlapis, hmm lupa bener namanya, tapi minus ketan kratok... biasanya klo pas jalan-jalan pagi sama masfitri suka beli tapi akhir-akhir ini udah ga pernah beli lagi...

Daaaan...special thanks to Ariiiiik, suwun yo say piring anyamane. Lek ono sing kate dikirim-kirim neh ojo sungkan lho saaaayy, dengan senang hati aku terima, tenan lho...hehee... #vivi ngarep thok, ga nduwe isin >,<  tapi harus diakui bahwa anak manis itu selalu dapat rejeki yang manis-manis hihiiii ...#ngoco poo viii :P :P
Saaaaaayyy....Allah sing mbales yooo ^^ tengkyu...tengkyuuu... __ "

You Might Also Like

0 komentar