vi2 saiki iso masak...

SATE TELUR PUYUH

20:10:00



Bismillah...
Kandungan protein pada telur puyuh lebih tinggi daripada telur ayam, protein pada telur puyuh sekitar 13% sedangkan telur ayam hanya 11%. Sementara kandungan vitamin A dan B2 pada telur puyuh dua kali lipat dibanding pada telur ayam.

Doeloe...adek ga begitu suka telur puyuh tapi klo kakak udah doyan banget dari dulu. Biasanya sih klo masak telur puyuh hanya diungkep dengan bumbu sampe telurnya warna coklat gitu. Dan kali ini aku ingin mencobanya dengan bumbu yang lain.
Oiya ...kakak udah dirumah mulai hari Sabtu kemarin. Waktu bbm sama Arik beberapa hari yang lalu dia bilang "enak saiki kumpul kabeh, lek kate nggwe jajan akeh sing ngewangi" ga usah nunggu bikin kue, mereka berdua udah tak suruh ngupas kulit telur puyuh....senengnya ada yang bantuin jadi cepet slese, ga lama-lama didapur hihii,,, secara nguliti telur puyuh itu makan waktu banget.

SATE TELUR PUYUH

Bahan :
30btr Telur puyuh, rebus dan kuliti
2lbr Daun salam
1sdm Air asam
2sdm Kecap manis
1sdt Garam
1,5sdt Gula
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Tusuk sate secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
4buah Cabe merah besar
6btr Bawang merah
3siung Bawang putih
1cm Lengkuas

Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Tambahkan telur puyuh, kecap manis, garam, gula dan air asem aduk rata kemudian tambahkan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Tusuk telur dengan tusukan sate kemudian bakar sambil dioles dengan bumbu.

** jika ingin rasa yang pedas bumbunya bisa ditambah dengan cabe rawit





Rasanya enak lho...jika bosen dengan yang hanya di bacem silahkan sekali waktu nyoba yang ini. Masih banyak telur puyuhnya nih gegara kemarin beli sekilo barengan sama Ummu Ichsan, ternyata telur puyuh sekilo itu banyak bangeeeet...hmm mo buat apa lagi ya ..??
Selamat memasak Ibu ...^^

PUDDING

SILKY CHOCO PUDDING

21:50:00



Bismillah ...
Masih ingat banget beberapa bulan lalu mbak Irma Azhar bbm aku, tanya apakah aku udah pernah bikin Silky Pudding. Jangankan bikin...namanya aja baru dengar. Ingat banget lugunya aku waktu itu, berusaha ingin tau apa itu Silky Pudding dan mbak Irma berusaha menjelaskan bahwa itu adalah puding yang lembut banget, saking keponya aku... waktu bbm sama dia aku sempetin sambangi gugel. Yang terlihat adalah puding yang dikemas dalam cup-cup palstik tapiiii ada yang di dikemas di botol-botol lucu. Sempet nanya juga itu yang dibotol-botol itu maemnya gimana mbak ? jawabnya "pake sedotan mbak..." hehh!! pake sedotan ? sebelum mengakhiri obrolan waktu itu dia kasih link resep punya Momylicious....#mbak Irma thanks for sharing ya^^, pasti saat ini dirimu lagi ketimbun orderan kukis, sukses trs ya mbak. Kangen... ^^
Dan waktu berlalu, tiba-tiba Shely beberapa hari yang lalu kirim foto botol puding dan pertanyaannya " mbak vi gelem botol iku tah ...? lho!? yo gelem banget seh rek hahaa... akhirnya 2 minggu yang lalu aku terima paket gede banget... bingung tapi setelah liat yang kirim ternyata Shelyyy... dan isinya ada alas poto, cupcase, botol puding 1/2lsn, sedotan. Syip tenan packinge Shel, barang segitu banyak dipacking rappih lho, wes layak dodolan ol pernak-pernik dan pecah belah hihiiii :D :P Shelyyyyyyy... yang saat ini juga lagi ketimbun orderan kukis...tengkyu syoooomat yooo, semoga Allah yang membalasnya ^^

Dan hari ini nyempetin bikin karena penasaran banget sama rasanya...yang konon critanya lembyuuuut banget. Antara resep Mbak Ayudiah dan Mbak Nina hanya beda tipis aja, aku yakin rasanya ga jauh beda. Bikinnya...mudah banget, seperti membuat puding pada umumnya. Yang penasaran aku tulis resepnya ya...

SILKY CHOCO PUDDING

Bahan :
700cc Susu cair
1sdt Coklat bubuk (larutkan dengan 1sdm air panas, aduk rata hingga menjadi pasta)
30gr Tepung maizena
1sdt Vanilla pasta
100gr Gula pasir
170gr Dark cooking chocolate, potong-potong

Cara membuat :

1. Campur susu, gula, tepung maizena dan pasta coklat bubuk. Aduk-aduk hingga bener-bener tercampur rata.

2. Selanjutnya masak campuran susu dengan api sedang hingga mengental dan mendidih, sambil terus diaduk ya. Kecilkan api, tambahkan DCC dan vanilla pasta, aduk rata hingga coklat larut. Matikan api.

3. Tuang digelas saji dan dinginkan.

Sampai disini...aku pengennya tanpa vla dan toppingnya mo aku paruti coklat aja tapi adek maksa banget untuk bikin vla, karena dia syuka banget sama vla puding yasudah bikin vla deh... Dan aku adalah penggemar vla puding yang ga terlalu encer, yaitu vla yang jatuh  perlahan ketika dituang diatas puding dan tanpa tambahan kuning telur seperti yang ini (klo yang pake kuning telur yang ini ) tapi kali ini aku ingin bikin yang beda. Seperti resep vla sebelumnya yang hasil coba-coba yang ini juga hasil coba-coba hihiii ...

VLA VANILLA

300cc Susu cair
1sdm Tepung maizena
1sdm Whipping cream bubuk
50gr Gula pasir
1sdt Vanilla cream
Sedikit garam

Cara membuat :
Rebus susu, maizena, whipping cream bubuk, garam dan gula. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Kemudian tambahkan vanilla, aduk rata.
Sajikan puding dengan vla vanila.



Dan hasilnya....beneran lembyuuuut, bener-bener membelai lidah deh. Dan coklatnya... coklat banget. Pas untuk chocolover.... duh, aku banget pokoknya...hihiiii ^^ dan vlanya juga lembut banget. Enak lah dua-duanya (Y) (Y)
Oiya...puding ini udah sukses menggoda aku dan adek yang lagi puasa, sampe adek bilang "Nda pengen cepet-cepet buka sama puding"hihiii...
Pesenku... jangan ragu untuk mencoba dan rasakan sensai lembutnya hahaa... berani mencoba ??

Shely...sekali lagi...tengkyu so mat yaa ^^

CAKE

BANANA BREAD

05:54:00



" (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui ". (QS 2 : 184)


Bismillah ...
Hari ke 7 puasa, hmm... ga terasa yaaa ^^
Udah pada nyiapin kuker blom...? aku males euy mo bikin kuker... udah pesen kacang mede siap saji siih kayaknya itu aja deh buat isi-isi toples hihiii...ntar bikin kukernya nunggu semangatku tiba-tiba muncul :D ato klo ga ya minta Umik aja...kangen sama semprit koyahnya Umik. Disaat kuker hadir dengan berbagai bentuk dan rasanya...semprit jadul ini tetep dihati ^^

Taun ini semua sekolah umum udah pada libur dari sebelum puasa, jadi bisa menikmati sebulan puasa dirumah. Kecuali kakak yang sampai saat ini blom libur, "ayoo cemungudh ya kakaaak!!"
Dan adeeek...puasa dong pastinya yaaa, karena udah gede (naik kelas 5 lhooo ^^) jadi udah ga rewel, mo sahur ga rewel, siangpun juga ga rewel, alhamdulillah ^^ hanyaaaa...klo udah agak sorean sering nanya "Nda, jam segini daerah mana yang udah maghrib ?" karena dia mikirnya klo udah maghrib berarti udah buka duluan kemudian dia bilang "enak ya Nda, udah buka duluan " hihiii ...
Oiya ... 3 hari yang lalu dia bikin banana lolipop yaitu pisang yang dikasih tusuk eskrim kemudian di celupin coklat trs ditabur almond dan meses. Weeehh...dia semangant sekali bikinnya. Yang bikin semangat adalah dia udah mahir melelehkan coklat. Daaan bikin banana lolipop itu dia kerjakan sendiri sampe slese... dan dia bangga walopun hanya beberapa biji, hahaa...

Masih crita tentang pisang nih, jadi beli pisang adalah dalam rangka memberdayakan pastry margarin yang umurnya hanya sampe bulan depan. Waktu adek bikin banana lolypop itu aku paginya bikin banana puff, ga kepoto ya, sama dengan yani ini kok ... tadinya beberapa biji akan aku kasih isian selai nanas homemade ...eh lupaaaa...jadi semua diisi pisang, yasudahlah... dan crita pisang selanjutnya berakhir di Banana Bread ini. Pengen bikin cake pisang tapi dengan resep yang blom pernah aku bikin...klik gugel yang keluar resep Banana Bread dari blognya mbakyu Nina (Catatan Nina), suwun mbak Niiiiiin...^^

BANANA BREAD

Bahan :
230gr Tepung terigu serba guna
100gr Gula pasir (vi pake 90gr)
40gr Gula palem
1sdt Baking powder
1/4sdt Soda kue
1/4sdt Garam
1/2sdt Kayu manis bubuk (vi ga pake)
2btr Telur ukuran besar
113gr Margarin, cairkan
450gr Pisang (lumatkan kasar dengan garpu)
1sdt Pasta vanilla

Cara membuat :

1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius. Oles loyang dengan margarin (vi pk loyang loaf), sisihkan.

2. Ayak tepung, baking powder, soda kue dan garam. Tambahkan gula pasir dan gula pales, aduk rata. Sisihkan.

3. Campur pisang, margarin cair, pasta vanilla dan telur. Aduk rata kemudian tuang dalam campuran tepung. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Tuang adonan ke loyang, tambahkan topping sesuai selera. Kemudian oven hingga matang.




BANANA BREAD Bahan : 230 gr tepung terigu serbaguna 100 gr gula pasir 40 gr gula palem 1 sdt baking powder 1/4 sdt soda kue 1/4 sdt garam 1/2 sdt kayu manis bubuk 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas 113 gr butter / margarin leleh 450 gr pisang (aku pakai 4 buah pisang cavendish), lumatkan dengan garpu 1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu bubuk) Topping (optional) : 1 buah pisang, iris tipis bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan. - Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan. - Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata. - Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus. - Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya). - Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
BANANA BREAD Bahan : 230 gr tepung terigu serbaguna 100 gr gula pasir 40 gr gula palem 1 sdt baking powder 1/4 sdt soda kue 1/4 sdt garam 1/2 sdt kayu manis bubuk 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas 113 gr butter / margarin leleh 450 gr pisang (aku pakai 4 buah pisang cavendish), lumatkan dengan garpu 1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu bubuk) Topping (optional) : 1 buah pisang, iris tipis bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan. - Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan. - Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata. - Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus. - Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya). - Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ


Suka banget sama rasanya, ga bosen-bosen deh, plus bikinnya ga pake ribet pula. Tapi potonya hanya ala kadarnya, asal narok aja, ga mikir ini itu, tanpa dipotong-potong...karena ada yang merasa keganggu dengan baunya hahaa, pengennya cepet slese trs diberesin semua sampe nunggu magrib tiba.... kasian kan klo masih harus nungguin aku poto-poto sambil liat kuenya.... siapa dia yaaa ...?? hihiii
Selamat puasa ya ^^


DESSERT KUE SNACK

WEDANG RONDE

10:08:00

  


Bismillah ...
Puasa taun ini diawali batuk ayah dan adek. Adek yang udah ga enak badan dari beberapa hari yang lalu dan masfitri sejak dari Lamongan itu tapi sedikitpun tidak memupuskan semangat untuk puasa. Ketika di tukang sayur ada kolang-kaling pengen beli deh tapi tidak terpikir untuk bikin kolak sebagaimana sajian takjil pada umumnya, jujur nih...setiap kali puasa kami juarang banget bikin kolak ato bisa dibilang ga pernah, yang selalu ada adalah kurma dan jus melon. 
Karena pada batuk, alangkah lebih baik klo bikin yang anget-anget aja yaa...^^ dan wedang ronde adalah pilihan yang tepat... kolang-kaling sebagai pelengkapnya. Untuk bikin rondenya tuh gampang banget, hanya tepung ketan yang diberi sedikit garam kemudian diuleni dengan air hangat hingga dapat dbentuk. Isiannya adalah kacang tanah yang disangrai kemudian dihaluskan bersama dengan gula pasir. Untuk ngulen tepung ketan  dan bikin isiannya aku ga pake takaran. Untuk rondenya tadinya mo bikin 100gr tepung ketan aja, eh setelah jadi buletan warna merah ijo kok kayaknya dikit banget, akhirnya ngulen tepung ketan  dikit lagi dan jadilah yang warna putih itu hihiii ... air untuk ngulen lupa ga diukur, kacangnya juga pake kira-kira aja, sebagian ga aku haluskan karena untuk taburan. Tapi intip gugel juga siiih untuk liat cara bikin sirup jahenya, sirup wedang ronde yang ini tapi pemakaian gulanya aku kurangi dan minus sere karena takut adek ga suka dengan rasanya yang kuat banget. Waktu ngerebus sirupnya ...wah bikin heboh!! wanginya serumah, mungkin keluar juga pas hari puasa lagi, hikz... sampe ada yang nanya "lagi bikin kue talam kah ? " huhuu T,T... untungnya poto-potonya diteras belakang, apa jadinya klo diteras depan yaa :D :D
Dan hasilnya ....lumayanlah, bisa melonggarkan tenggorokan hihiiii... ^^

Oiya, klo kalian mo nyoba...jangan takut gagal dengan ronde yang tanpa takaran karena bisa dikata ini adalah kue ato jajanan yang bikinnya jauh dari kata gagal ^^ ga seperti cake yang harus pake takaran tepat.
Selamat berpuasa untuk semua ...^^




PASTRY

BANANA PUFF

09:59:00



Bismillah ...

Sebagai orang yang suka bermain dengan tepung apa yang kalian pikirkan jika tiba-tiba ada yang ngirim pisang raja yang tua, gede-gede dan kulitnya udah hitam-hitam gitu. Secara klo nunggu kulit sampe menghitam itu butuh waktu banget... antara cake pisang, nagasari, pastry, banbread mana yang kalian pilih ...? sayang kan klo cuma dimakan begitu saja tanpa berubah jadi sesuatu yang ga sekedar pisang ... ? hihiii ^^
Dan entah ada apa dengan diriku, aku memilih bikin banana pastry yang bayangin prosesnya aja udah ribet banget kemudian di sambi bikin rotmar pula, hohooo... ya sudahlan niat dan keinginanku untuk membuat adonan pastry udah ga tertahan lagi, singsingkan lengan baju mari ngulen adonan pastry dan abaikan sejenak adonan rotmar hihiii... tapi bikinnya cm separuh resep #halah!
Resep masih pake punya Ibu Sisca, hanya aja tepung protein tinggi aku ganti dengan tepung serbaguna (sgtg) dan pake telur utuh karena males banget bagi-bagi telur. Resep asli bisa diliat disini ya ... karena bikinnya cuma separuh resep sooo pisang nya masih sisa dooong, kepikir lagi mo bikin sesuatu tapiiii pisangnya udah abis duluan dimaem satu-satu, maniiiiiis banget :D :D




Dan ini adalah yang kesekian kalinya aku bikin adonan pastry, hasilnyaaaaaa....tidak pernah mengecewakan. Oiya ...kayaknya aku lebih suka pake tepung serba guna deh daripada pake pretein tinggi, menurutku hasilnya lebih empuk...tapi keselera masing-masing yaaa...^^
Bu Amir makasih banyak ya pisang nya, semoga Allah yang membalasnya ^^


MARHABAN YA RAMADHAN
MARHABAN SYAHRU SHIYAM
Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan
dan antarkanlah Ramadhan kepadaku,
dan terimalah amal-amalku dibulan Ramadhan, aamiiin ^^

vi2 saiki iso masak...

TONGKOL MASAK KECAP

09:59:00



Bismillah ...

Mari memasak...^^  ini adalah masakan paling gampang yang diajarkan Umikku. Tidak hanya tongkol (segar ato pindang) yang umikku masak kayak gini tapi ikan asin, kerang, udang keciiiiiiiil (basah ato kering). Oiya...udang kering yang keciiiiil itu aku biasa menyebutnya reket, klo disini biasanya dibikin rempeyek, tapi klo aku selain dimasak kecap tak pake campuran nasi goreng...hwiiihh enak banget. Disini ada yang jual segernya juga ...kalo mo masak yang masih seger harus dicuci berulang-ulang karena suka berpasir. Ntar kapan-kapan klo ada aku beli aku kasih liat disini ya... ^^ sekarang masak tongkol aja dulu .... :D
Karena Probolinggo daerah pantai maka klo mo nyari ikan seger tuh mudah banget. Belanja ikan pun ga perlu jauh-jauh kepasar...penjual ikan keliling tiap hari lewat depan rumah dengan harga yang bersahabat, kecuali hari Jumat ya paaak... hehee. Oiya ...klo bulan purnama tepatnya tengah bulan penanggalan Jawa biasanya ikan yang dibawa tukang ikan kecil-kecil dan ga sebanyak biasanya... konon ceritanya klo bulan purnama ikan-ikan pada ngumpet karena cahaya bulan menerangi seluruh permukaan laut, hmm kayaknya perlu ditanyakan ke ahlinya nih ...

TONGKOL MASAK KECAP

Bahan :
1ekor Tongkol ukuran sedang, potong-potong dan goreng
5btr Bawang merah, iris tipis
3siung Bawang putih, iris tipis
1cm Jahe, iris tipis
1bh Tomat, potong kasar
1bh Cabe merah besar, iris-iris
1lbr Daun salam
2sdm Kecap manis
100cc Air
1/2sdt Garam
Gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, daun salam hingga harum. Tambahkan ikan dan kecap, aduk rata. Masukkkan tomat, garam, gula dan air, aduk rata dan biarkan bumbu meresap.

 



Biasanya klo ummiku bikin ditambah irisan cabe rawit banyak banget, bisa bayangin kan rasanya hehee...tapi karena disini ga ada yang suka pedes jadi ya aku menyesuaikan aja walopun maksud hati pengen tak kasih rawit juga...hikz.
Selamat memasak Ibu... ^^

vi2 saiki iso masak...

SATE PENTHUL

09:27:00




Bismillah ...
Buatku bahagia itu sederhana sekali, bisa membuatkan sesuatu buat keluarga kecilku kemudian mereka suka dengan apa yang aku bikin, itu udah membuatku buahagiaaa... apalagi melihat mereka tersenyum kemudian bilang "makasih ya Nda, enak banget"  ...aaahh rasanya pengen mengulang-ngulang saat seperti itu... #ngefly... Aku yakin semua ibu-ibu dibelahan dunia manapun pasti merasakan seperti apa yang aku rasakan... ayo ngaku! awas klo ga ngaku aku lempar loyang dari sini ..hahaa  #becanda ^^ ....kemudian yang terucap adalah alhamdulillah, karena udah diberi tangan yang udah bisa membuat sesuatu, udah diberi mata yang bisa membaca resep, diberi waktu dan kesempatan untuk nguprek didapur, diberi rejeki untuk bisa membeli ini-itu...daaaaaan masih banyak lagi diberi-diberi yang lain yang akan panjang klo ditulis disini. Alhamdulillah ...^^

Okay...kali ini aku bikin Sate Penthul. Aku pernah makan tapi baru pertama bikin. Bumbunya sebenarnya hanya membayangkan rasa yang pernah aku makan itu. Bulikku yang tukang ketring tuh sering bikin. Biasanya terbuat dari daging sapi ato daging ayam. Untuk penyelesaian akhir... ada yang langsung dibakar ketika masih mentah ato bisa juga dikukus dulu. Aku milih yang dikukus dulu aja. Trus nih...klo bulikku bikin daging yang sudah berbumbu dibungkus daun satu-satu....kurang lebih begini caranya...daun pisang dibulatkan (kayak mo bikin lontong tapi ga sepanjang klo mo bikin lontong) kemudian bagian bawah dilipat keatas, daging berbumbu disendokkan ke dalam daun pisang bagian atas yang tidak tertutup, tambahkan tusuk sate pas ditengah, kemudian tata berdiri berhimpitan di dandang, kukus. Karena bikinnya banyak jadi ngukusnya pake dandang gede, penuh sesak. Bisa dibayangkan kan ? Dan karena aku bikinnya cuma dikit jadi daging berbumbu yang udah dikasih tusuk sate aku tata diloyang aja.
Langsung resep aja ya... ___"

SATE PENTHUL

Bahan :
500gr Fillet ayam, haluskan
1btr Telur

Bumbu halus :
4 siung Bawang putih
7 btr Bawang merah
1cm Lengkuas
1cm Jahe
1cm Kencur
4 btr Kemiri
1sdt Ketumbar
Sedikit jinten
1/4sdt Merica bubuk
3lbr Daun jeruk buang tulangnya
Gula dan garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

1 btr telur untuk mencelup
Stik es krim secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam daging ayam, tambahkan telur, gula dan garam. Aduk rata. Atau bisa juga diproses di food prosessor.
Ambil stik es krim kemudian rekatkan daging yang sudah berbumbu sambil dipadatkan, tata diloyang. Lakukan hingga adonan habis. Kemudian kukus hingga matang. Penyelesaian : Celupkan sate kedalam kocokan telur kemudian goreng.







Hmm...enak bangeeeet dan semua suka ^^...karena bisa di frozen kayaknya mo bikin lagi deh buat persiapan puasa selain nugget dan rolade. Klo lauk udah ada tinggal masak sayurnya aja kaaan ? hihiii
Okay...happy cooking moms ^^

CAKE

CUPCAKE TAPE

17:26:00




Bismillah ...


Masih yang melanjutkan crita tape, hihiii...seperti biasa...karena sok sibuk ngurus ini itu jadi foto beberapa hari yang lalu baru sempet keurus, ah lagu lama yaaa... karena cupcake ini bikinnya setelah bikin Cake Tape Keju :D :D
Eh..udah pada tau tape kan ...? tape adalah makanan yang terfermentasi, biasanya terbuat dari beras ketan, beras atau singkong. Didalam pembuatan kue-kue tradisional tape udah tidak asing lagi. Sering menjadi bahan tambahan dalam adonan kue tujuannya untuk membantu proses fermentasi. Ragi sangat berperan penting dalam pembuatan tape, biasanya yang digunakan adalah ragi padat yang bentuk bulat pipih dan berwarna putih, banyak dijumpai di pasar tradisional dengan aroma yang khas. Proses pembuatan tape itu sangat sederhana yaitu beras ketan/beras/singkong yang telah dikukus didiamkan hingga benar-benar dingin kemudian singkong/beras/beras ketan yang sudah dingin  diletakan dalam sebuah wadah, pertama ratakan singkong/beras/beras ketan didasar wadah kemudian ditabur dengan ragi yang sudah dihaluskan, lakukan selapis demi selapis hingga beras/berasketan/singkong habis, terakhir tabur bagian atas dengan ragi sebelum kemudian ditutup rapat dan simpan ditempat yang hangat. Biasanya dalam pembuatan tape singkong dibutuhkan daun pisang yang fungsinya sebagai alas wadah yang akan digunakan untuk proses fermentasi. Proses fermentasi dari singkong/beras/beras ketan butuh waktu sekitar 3 hari. Tapi untuk kue-kue seperti cake peran tape tidak untuk membantu proses fermentasi tapi tape akan memberikan aroma khas tape pada cake.
Untuk Cupcake Tape kali ini aku pake resep dari Sedap Pemula 2008, aslinya pake louang tulban diameter 20cm.

CAKE TAPE

Bahan :
225gr Margarin
150gr Gula pasir
100gr Tape singkong (haluskan)
6 Kuning telur
4 Putih telur
225gr Tepung terigu protein sedang (vi : 200gr tepung terigu + 25gr susu bubuk)
25gr Maizena
2sdt Baking powder (vi : 1sdt)
50cc Susu cair
Almond slice secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder, sisihkan.

2. Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut. Masukkan tape singkong. Kocok rata.

3. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan campuran tepung, sambil dikocok rata.

4. Tambahkan susu cair, aduk perlahan hingga rata. Tuang di loyang tulban yang sudah dioles margarin. Tabur almond. Oven dengan suhu180 derajat celcius hingga matang.







Ketika mateng almond nya pada lari ke samping...hihiii ^^
Ga pernah bosen dengan cake tape...apapun bentuknya...mo pake loyang gede ato cupcase teteep enaaaak (Y) (Y)

Sejenak gelap mulai menghampiri dan adzan pun mulai terdengar dari mushola deket rumah, alhamdulillah bisa melewati hari sampai detik ini...
Pamit mundur dulu ya...^^

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

APEM...jajanan ndeso yang selalu bikin kangen ^^

21:25:00


Bismillah ...
Adakalanya apem harus tampil sendiri tanpa temen-temenya...lupis, ketan kratok, bledus, cenil dan lathok. Yang asli Tempeh dan sekitarnya pasti udah ga asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Biasanya di jual bareng lupis dan temen-temennya. Rasanya gurih...terbuat tepung beras dan ragi yang diuleni dengan santan tanpa gula kemudian difermentasikan . Jadi klo disajikan dengan saus gula merah kental itu rasanya paaass banget. Sebagian orang menyebutnya apem kicir mungkin karena waktu kasih gula merah nya dikicir-kicir kali ya ^^, ada juga yang menyebutnya apem kinca, kalo di Banyuwangi terkenal dengan nama serabi. Yahh...apapun namanya karena masing-masing daerah pasti punya nama sendiri-sendiri walopun bentuk dan rasanya sama ... ___"
Sirup gula merahnya sama dengan yang dipake untuk lupis yaitu gula merah yang disisir kemudian direbus dengan air sampai kental, jangan lupa tambahkan daun pandan dan daun jeruk biar wangi ( aku bikin tanpa ukuran karena aku yakin semua pasti bisa bikin sausnya hihiii )

APEM

Bahan :
250gr Teoung beras Rosebrand
2sdm Tepung terigu
1sdt Ragi
50gr Tape yang sudah matang (buang serat dan haluskan)
450cc Santan hangat
Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur tepung beras, tepung terigu, ragi, tape dan garam, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga licin. Diamkan selama 30 menit. Cetak adonan menggunakan cetakan apem. Sajikan dengan saus gula merah.





Tarraaaa...inilah hasilnya ^^ seneng banget bisa bikin karena syuka banget sama rasanya. Oiya, sebenarnya tiap pagi ada yang jual sih disini, sebecak penuh..hihiii, ibu yang jualnya sesek2an sama jualannnya :D ga beda seperti yang sering dijual dirumahku...terdiri dari lupis, cenil, bledus, apem, sama apa tuh ya namanya ...terbuat dari tepung terigu tapi aku lupa namanya, mirip kue lapis tapi ga berlapis, hmm lupa bener namanya, tapi minus ketan kratok... biasanya klo pas jalan-jalan pagi sama masfitri suka beli tapi akhir-akhir ini udah ga pernah beli lagi...

Daaaan...special thanks to Ariiiiik, suwun yo say piring anyamane. Lek ono sing kate dikirim-kirim neh ojo sungkan lho saaaayy, dengan senang hati aku terima, tenan lho...hehee... #vivi ngarep thok, ga nduwe isin >,<  tapi harus diakui bahwa anak manis itu selalu dapat rejeki yang manis-manis hihiiii ...#ngoco poo viii :P :P
Saaaaaayyy....Allah sing mbales yooo ^^ tengkyu...tengkyuuu... __ "

ROTI

PIZZA "water roux methode"

04:38:00


Bismillah ...

Judulnya mo menghabiskan sisa saus bolognese dikulkas, pengennya bikin roti pizza dengan resep roti yang blom pernah aku bikin. Brosing gugel...ketemu dengan Water roux Pizza di blognya Bu Ayudiah. Hmm...kayaknya menarik nih dan perlu dicoba. Doeloe pernah bikin roti dengan water roux methode tapi adonannya terlalu lembek, nth salah dimananya... opo salahe saiki dicoba neh yoo hehee
Oiya tentang saus bolognese yang ada dikulkasku itu...sebenarnya kami penggemar spageti tapi adek tuh hanya suka spageti dengan saus bolognese akhirnya kami ngikuti selera dia lah, pernah dia makan spageti dengan saus lain dia malah ga mau...adek bilang rasanya aneh. Ketika lagi njajan diluar pun klo dia milih menu spageti selalu yang pake saus bolognese. Nah...selanjutnya adalah...gara-gara udah ada yang siap pakai di SPM aku jadi males bikin sendiri (aku si pemalas) ...selalu beli saus yang  siap pakai itu kemudian dirumah tinggal diolah lagi, ditambah sosis ato tumisan daging sapi/ayam... ga pernah difoto ...? ya iyalah, lhawong sausnya aja beli jadi...masak mo dikasih judul "Spageti Bolognese ala vivi" trs tulis resep (yg nth ambil drmn), pasang foto...publish deh...aaaahh aku ga mau kayak gitu, malu pada diri sendiri >,< jadi jangan kaget klo tiba-tiba ada saus bolognese dikulkas, pokoknya spageti dan sausnya itu kayak jadi menu andalan klo pas lagi males masak hahaa ..

Kembali ke pizza lagi ya...pertama baca resepnya langsung nyari kertas terus ditulis ala kadarnya kemudian masuk dapuuuur nyiapin bahannya, eh ...kok ga ada tulisan pemakaian telur sih, kayaknya salah tulis...ambil hp... ke blog nya bu Ayu lagi (aaahh...klo kayak gini dunia serasa ada di genggaman, jiyah!) dibaca satu-satu...ternyata emang ga ada telurnya lho. Dan untuk pertama kalinya aku pake SKM di adonan roti, biasanya aku pake susu bubuk ^^

PIZZA "water roux methode"

Bahan :

Biang : 
25 gr Tepung terigu (aku pake serbaguna)
125cc Air
-------------------------------  Campur tepung terigu dan air, aduk rata kemudian masak dengan menggunakan api kecil hingga mengental (jangan sampai menggumpal ya)

300gr Tepung terigu protein tinggi
6gr Ragi instan
3sdt Gula pasir
2sdm Susu kental manis putih
1sdm Margarin
100-120 Air
Sedikit garam

Topping : Saus bolognese siap pakai, sosis, keju cheddar.

Cara membuat :

1. Campur biang, tepung terigu, ragi, gula dan SKM, aduk rata. Tambahkan air (jangan dituang semua) uleni hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga elastis.

2. Bulatkan adonan, kemudian fermentasikan hingga mengembang. Kempiskan adonan kemudian tipiskan, potong dengan cookies cutter bulat. Tata diloyang, fermentasikan lagi.

3. Oles bagian atas dengan saus bolognese, tambahkan potongan sosis dan tabur keju parut. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Yang corat-coret diatasnya itu adalah mayo pedas, sejak kenal mayo pedas isian amris ditambah mayo pedas, makutel sama ayam pok-pok selalu dimaem pake mayo pedas... dan itu permintaan anak-anakku hihiii... #maruk bgt :P


  

Eh... beneran empuk lhoo klo pake water roux methode dan kayaknya bersambung deh, maksudnya apa viii ?... aku pengen bikin lagi dengan cara seperti ini hehee...penggemar rerotian, teteeeep -,*
Dan satu lagiiii, beneran ga pake teluur, hihiiii... suwun Bu Ayu ^^

Yuk ah, dadah-dadah dulu...aku mo siap-siap bentar lagi mo ke Tempeh tanah tumpah darahku ^^


CAKE

CAKE TAPE KEJU

05:25:00



Bismillah ...
Beberapa hari yang lalu dibelikan tape sama Mas Fitri, buanyak banget. Udah deh keluar masuk ngemil tape, rasanya maniiiis. Udah bosen ngemil mulai terpikir untuk bikin sesuatu yang ga sekedar tape. Kayaknya bikin cake tape deh...secara udah lama ga bikin cake tape. Kangen sama wanginya aroma tape yang dioven, hmm...
Pake resep Prol Tape Surabaya nya Mbak R tapi karena teksturnya seperti cake maka aku pake nama Cake Tape Keju aja hehee... menurutku prol tape itu teksturnya padet. Tapi apapun namanya yang penting rasanya enaak...
Klo mo resepnya disini ada, dulu udah pernah bikin. Ntr klo ol pake lapy aku link kan yaa... rasanya enaak, rekomended utk dicuba ^^



vi2 saiki iso masak...

SATE KOMOH

10:21:00




Bismillah ...

Sate...makanan yang udah ga asing lagi. Biasanya di buat lauk, terdiri dari potongan daging yang sudah berbumbu dengan ukuran kurang lebih sebesar ibu jari ato bisa lebih kecil lagi ato ada juga yang lebih gede lagi. Kemudian ditusuk dengan tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu ato lidi. Dan penyelesaian akhir yaitu dibakar dengan menggunakan arang. Untuk dagingnya, disini umumnya menggunakan daging ayam, sapi ato kelinci.
Kali ini aku bikin Sate Komoh, yang biasa maem di Jawa Timur bagian timur pasti udah ga asing dengan menu yang satu ini. Biasanya di rumah makan suka menyediakan, klo didaerah Pasuruan dan sekitarnya Sate Komoh sering dihidangkan dengan Rawon. Sate Komoh terbuat dari daging sapi yang dipotong agak gede-gede gitu kemudian dibumbui dan proses pematangannya diungkep hingga daging bener-bener empuk, daging berbumbu yang sudah empuk tadi kemudian di tusuk dengan tusukan sate setelah itu baru dibakar dengan arang. Hmm...kebayang kan rasanya ...?
Berhubung aku sering makan tapi ga pernah bikin seperti biasa tanyalah kepada ahlinya...hehee, satu-satunya orang yang bisa diandalkan untuk masakan model begini dan selalu menjawab dengan detail setiap pertanyaan adalah "Umi'ku" ... ketika aku tanya resep sate komoh blio balik nanya mo yang kuning ato yang merah ? waduh ada yang merah juga ternyata...untuk kali ini aku mau yang kuning dulu deh, yang merah kapan-kapan aja...kebayang klo yang merah pasti banyak cabenya, hmm..kuatir ga pada doyan nih pasukanku :D :D lagipula aku juga seringnya makan yang kuning ^^

SATE KOMOH

Bahan :
500gr Daging sapi, potong-potong agak gede (aku ga ngeh jenis daging, pokoknya selalu minta yang ga berlemak)
1buah Serai, amibil baguan putihnya memarkan.
3lbr Jeruk purut
30gr Gula merah
1sdt Garam (klo kurang asin boleh ditambah)
50cc Santan kental (aku pake santan kara )
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus :
8btr Bawang merah
4siung Bawang putih
2cm Lengkuas
2cm Jahe
4cm Kunyit
5btr Kemiri
1sdt Ketumbar
Sedikit jinten

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai hingga harum. Masukkan daging, aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan air secukupkan ungkep daging hingga empuk. Sampai disini lagi-lagi aku pake jurus "ga pake lama", masukkan daging bersama bumbunya kedalam panci tekan tambahkan air secukupnya, kemudian masak.
Beberapa saat kemudian buka tutup panci, biarkan sisa air yang didalam panci kemudian tambahkan santan, gula merah dan garam. Masak kembali hingga bumbu meresap dan menyusut. Tusuk daging dengan tusukan sate, kemudian bakar diatas bara api.

Bikin 500gr daging jadi 8 tusuk sate ^^ kebayang ga seberapa gedenya :D




Dan aku bisaaa... rasanya pas banget, enaaaaak... (Y)... awalnya aku galau kebayang adek pasti ga doyan dan minta dibikinin lauk lain karena seperti biasa alasannya "klo maem daging tuh suka nyangkut digigi lho Nda ..." ternyataaaa dia suka pake banget *_* ...senengnyaaaa, dan aku ingat kakak T,T ... kakaaak, makasih buanyak ya untuk kejutannya yang kemarin. Nda, Ayah dan adek bangga sama kakak, bener-bener ga bisa ngomong nda waktu itu kak, just wanna say alhamdulillah alhamdulliah alhamdullilah  #mbrebesmili...tetep semangat belajar ya dear :* :* :*

Akhirnya...semoga menjadi alternatif masakan hari ini, selamat memasak Ibu ...^^

vi2 saiki iso masak...

SOTO AYAM

20:29:00



Bismillah ...
Memasak Soto Ayam....aaaahh ini sih masakan beberapa hari yang lalu, untung ga basi ya ...:P :D
Eh ...udah bulan Juni ya ? selamat datang Juniiii ^^ ga terasa euy, tau-tau udah ganti bulan aja lho. Berarti ini masakan bulan kemarin, hahaa
Tentang masakan soto kali ini, aku yakin semua udah kenal dan yakin pula klo udah pernah masak soto. Dan kami sekeluarga suka banget...kecuali adek, dia suka tapi ga banget hehee, untuk sekali makan udah...dan makan berikutnya dia akan minta bikinin telur ceplok ato telur dadar.
Masakan berkuah yang satu ini emang suka bikin kangen...kangen aroma seledri, bawng merah+putih goreng dan air jeruk nipis yang membuat kuahnya semakin lezat, hmm >,< membayangkan makan soto... syuka banget di maem ga pake nasi.

SOTO AYAM

Bahan :
Separuh dada ayam
2ltr Air
3lbr Daun jeruk
1btg Serai, memarkan
2tangkai Daun bawang, potong kasar
4siung Bawang putih, iris tipis dan goreng kering
2sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
5Siung Bawang putih
1/2sdt Merica bubuk
4cm Kunyit
5btr Kemiri, goreng
1cm Jahe

Pelengkap :
Telur rebus, taoge (rebus sebentar), soun (diseduh), seledri (iris halus), jeruk nipis, bawang goreng

Cara membuat :
1. Rebus dada ayam dan air hingga mendidih, matikan api. Tiriskan ayamnya kemudian saring air kaldu. Rebus kembali kaldu dan dada ayamnya hingga mendidih.

2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun jeruk dan sere, Aduk rata. Tuang bumbu yang sudah ditumis ke rebusan ayam. Biarkan hingga daging ayam matang dan bumbu meresap.

3. Tiriskan ayamnya kemudian goreng. Tambahkan garam, bawang putih goreng dan daun bawang kedalam kuah soto, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat.

4. Sajikan soto ayam dengan pelengkapnya.





Oiya...klo Umikku bikin biasanya ditambah koyah, blio bilang soto ga lengkap klo tanpa koyah. Jadi klo bikin soto dibela-belain bikin koyahnya juga... pokoknya harus ada koyah. Kenapa pake kata dibela-belain ? karena bikin koyahnya tuh ribet dan makan waktu banget, yaitu terbuat dari kelapa parut yang disangrai hingga kering (lammaaa sekali untuk menjadikan kelapa parut basah menjadi kering) kemudian dihaluskan, bisa ditumbuk ato diblender...klo aku pake blender aja biar cepet dan ga bikin panas tangan gara2 numbuk-numbuk hehe... tambahan koyah pada kuah soto bisa membuat kuah tampak keruh tapi tambah guriiiih... klo aku yang masak sotonya selalu tanpa koyah, males puol bikin koyahnya :D :D biarpun kelapa ga pernah beli hihiii...pake koyah klo ada kiriman dari Umik :D
Akhirnyaaa....happy cooking moms ^^