Friday, 8 May 2015

SAYAP BAKAR KECAP




Bismillah ...

Waktu ke Malang tanggal 26 April kemarin aku bawain kakak ayam bakar kecap. Tiap kali mo kesana dia selalu request menu yang akan dibawa untuk sarapan... aku, mas Fitri dan adek ngikut aja apa yang dia minta. Biasanya jauh-jauh hari ketika nelpon dia bilang minta bawain ini-itu dan minta masakin apa yang dia pengen. Terus malam sebelum berangkat dia sms "Nda berangkat pagi ya, jangan lupa sarapannya" ...dan aku dengan senang hati nyiapain. Klo dia minta masakan yang agak ribet biasanya aku masak dari malamnya kemudian besok paginya tinggal nyiapin aja. Pokoknya klo mo ke kakak yang paling rempong tuh aku deh...mulai dari malam sebelumnya sampe besok paginya harus bangun pagi-pagi sekali (mruput, hihiii), jam 5 harus udah berangkat karena suka ga tega klo liat kakak nunggu lama-lama, apalagi blom sarapan. Seperti biasaaaa, dengan segala keruwetan itu didalam mobil pagi-pagi mata rasanya pedeees banget hihiii...critanya aku ngantuk sodara hahaa...tapi begitu tiba disana ketemu kakak, makan bareng didalam mobil (saat yang paling indah makan berempat, hikz), liat mereka makan dengan lahab trs salah satu ada yang bilang "hmm...enak banget Nda " ...ihiiiyy lupa deh segala keruwetan semalam dan tadi pagi hihiii... Untuk kunjungan berikutnya kakak udh request masakan lagi..." Nda klo kesini kakak masakin semur tahu sama daging ya..." ...aku sih hanya bilang "siyaap kakaaaak" :D:D

Dan kali ini aku bikin Sayap Bakar Kecap...maunyaaa bikin ayam bakar bukan sayap bakar tapi karena ayam nya Pak Sugik abis diborong Bu Amir, tetangga depan rumah...akhirnya aku hanya kebagian sayap hikz... ya sudahlah gapopo.

SAYAP BAKAR KECAP

Bahan :
8buah Sayap ayam
2sdm Air jeruk nipis
2lbr Daun salam
2lbr Daun jeruk
2cm Lengkuas, geprek
1bh Serai, ambil bagian putihnya, geprek
3sdm Kecap manis
1sdm Air asam jawa
500cc Air
Garam dan gula secukupnya
2sdm Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
8btr Bawang merah
4siung Bawang putih
1/2sdm Ketumbar
2cm Kunyit bakar
3buah Cabe merah besar

Cara membuat :

Lumuri sayap dengan air jeruk nipis, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan sere, Aduk rata. Tambahkan sayap ayam, aduk merata dengan bumbu dan ayam berubah warna. Kemudian tambahkan kecap manis, air asam, garam dan gula, aduk rata. Tuang air, masak hingga daging sayap empuk dan bumbu meresap (tambahkan air jika sayap blom empuk). Terakhir bakar sayap hingga harum sambil diolesi dengan bumbu.





Sambel udah ada, kemangi tinggal metik...tinggal nyiapin nasi anget. Yuk mareee...hehee ^^
Hmm... klo liat masakannya vivi...ga nyangka ya ...ternyata vivi bisa masak lhooo hahaa
Udah ah...aku pamit dulu yaaa, kayaknya lebih asyik ngobrol sama mas Fitri daripada lama-lama disini,.. --- "
Selamat malam semua ....^^

No comments:

Post a Comment