Thursday, 14 May 2015

OPOR AYAM SUWIR



Bismillah ...

Opor ayam suwir ini adalah masakan ku kemarin. Aku yakin teman-teman semua pasti udah sering masak ini dan pasti rasanya jaaauuh lebih enak dari punyaku...^^
Klo disuruh milih antara masak daging ayam/sapi ato ikan-ikanan pasti aku akan memilih masak ikaaaaan...karena klo masak ikan-ikanan adek ga pake rewel maemnya, alasannya adek cuma satu "maem daging ayam ato sapi tuh suka nyangkut di gigi" hikz...dari dulu selalu seperti itu alasannya tapi klo ga ada lagi ya dia mau-mau aja selain ikan... Tapi klo kakak dan ayah...apaaaa aja masuk, menyenangkan sekali mereka berdua tuh hihiii... Jadi kangen kakak nih...semoga dia baik-baik aja ^^
Walopun aku jarang masak masakan yang bersantan tapi opor dan kare ayam adalah masakan yang paling sering aku bikin, artinya sering klo buat aku adalah belum tentu sebulan sekali...#LHO! belum tentu sebulan sekali kok disebut sering hihiii...daripada masak yang lain ini termasuk sering gitu lah ... :D :D
Yuk ah langsung resep sajjah ...

OPOR AYAM SUWIR

Bahan :
Separuh dada ayam, rebus kemudian suwir-suwir (dadanya gede banget, separuh thok uudah banyak)
2lmb Daun salam
2cm Lengkuas, geprek
1btg Serai, geprek
2lbr Daun jeruk
Garam dan gula secukupnya
Kurang lebih 500cc santan
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
7btr Bawang merah
4siung Bawang putih
3btr Kemiri, goreng sebentar
Sedikit jinten bubuk
1sdt Ketumbar bubuk

Cara membuat :

1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum.

2. Tambahkan ayam, aduk rata dengan bumbu. Tuang santan, aduk rata.

3. Tambahkan garam dan gula, aduk rata.

4. Biarkan mendidih dan bumbu meresap.





Boleh ditambah irisan cabe merah besat. Untuk kuahnya, ada yang seneng berkuah banyak, ada juga yang seneng kuahnya sedikit dan ada juga yang seneng ga berkuah (nyaris kering gitu) Jadi suka-suka aja, tergantung selera masing-masing.

Eh ini hari libur kaaaaan... kenapa aku masih disiniiii ? hihiii... hmm mau kemana yaaa...
Okay deh...selamat hari libur, yang besok juga libur...selamat libur panjang hehehee...

No comments:

Post a Comment